Kejar Penunggak Pajak, DJP Target Raup Rp 59 Triliun

Penerimaan pajak dari hasil pemeriksaan dan penagihan mencapai Rp 28 triliun hingga kuartal II 2017.

oleh Septian Deny diperbarui 14 Jul 2017, 15:00 WIB
Diterbitkan 14 Jul 2017, 15:00 WIB
Ilustrasi Pajak
Ilustrasi Pajak (iStockphoto)​

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menargetkan jumlah penerimaan pajak dari hasil pemeriksaan dan penagihan pada tahun ini mencapai Rp 59 triliun. Salah satunya melalui upaya penyanderaan (gijzeling) terhadap para penunggak pajak.

Direktur Jenderal Pajak, Ken Dwijugiasteadi mengatakan, penerimaan pajak dari hasil pemeriksaan dan penagihan mencapai Rp 28 triliun hingga kuartal II 2017. Namun, secara keseluruhan pada tahun ini ditargetkan penerimaan pajak dari upaya ini mencapai Rp 59 triliun.

"Memang pajak itu sifatnya self assesment, tapi kalau enggak bayar kita periksa," ujar dia di Kantor Pusat DJP, Jakarta, Jumat (14/7/2017).

Menurut Ken, DJP telah memegang data wajib pajak yang akan diperiksa dan ditagihkan pajaknya. Nantinya para pajak tersebut akan dipanggil untuk diperiksa dan diminta membayar jika masih memiliki tunggakan pajak.

"Untuk penuhi target kita enggak akan ngawur, kita punya data. Setelah tax amnesty, banyak yang enggak ikut dan banyak yang ikut tapi ngasal. Kita imbau untuk pembetulan SPT," kata dia.

Ken menyatakan, upaya pemeriksaan tersebut akan dilakukan secara rutin dalam enam bulan ke depan. Hal ini dalam rangka mencapai target penerimaan pajak 2017.

"Ka‎mi cari data akurat yang valid. Kami sangat serius enam bulan ke depan karena ada target," tandas dia.

Tonton video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya