Ekspor Daging Ayam Olahan, Mentan Klaim RI Sudah Swasembada Protein

Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan Indonesia telah mencapai swasembada protein.

oleh Liputan6.com diperbarui 20 Apr 2018, 13:24 WIB
Diterbitkan 20 Apr 2018, 13:24 WIB
Mentan Andi Amran Bahas Subsidi Pupuk Bareng KPK-Jakarta- Helmi Afandi-20170224
Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman usai berdiskusi dengan Pimpinan KPK, Jakarta, Jumat (24/2). Pertemuan tersebut membahas tatakelola pangan sebagai sektor strategis yang menjadi salah satu prioritas KPK. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan Indonesia telah mencapai swasembada protein. Hal ini ditandai dengan ekspor perdana produk daging ayam olahan dan pakan ternak ke tiga negara yakni Jepang, Timor Leste, dan Papua Nugini.

"Hari ini kami swasembada protein, ayam dan telur protein 17 persen, daging 18 persen," ujar Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di Kantor Pusat PT Charoen Pokphand Indonesia, Jakarta, Jumat (20/4/2018).

Kementerian Pertanian mencatat saat ini produksi ayam ras nasional mengalami surplus dibandingkan dengan kebutuhan nasional.

Statistik Peternakan 2017 menunjukkan populasi ayam ras pedaging (broiler) mencapai 1,69 miliar ekor, lalu ayam ras petelur (layer) mencapai 166,72 juta ekor dan ayam bukan ras (buras) mencapai 310,52 juta ekor.

Kondisi ini menunjukkan tingkat produksi yang melebihi jika dibandingkan dengan data konsumsi daging ayam ras masyarakat Indonesia sekitar 11,5 kg per kapita per tahun, dan konsumsi telur 6,53 kg per kapita per tahun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Selanjutnya

PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk melepas ekspor perdana ke dua negara, yakni ke Timor Leste dan Jepang (Dok Foto: Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu)
PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk melepas ekspor perdana ke dua negara, yakni ke Timor Leste dan Jepang (Dok Foto: Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu)

Oleh karena itu, kata Amran, Indonesia telah swasembada protein dan bahkan ekspor. Dia pun mengatakan polemik soal swasembada daging sapi dan sebagainya, sudah bisa terjawab melalui tersedianya protein lain yang disediakan oleh daging ayam.

"Tubuh ini tidak mengerti ayam atau sapi, yang mengerti itu protein. Ayam dan telur protein 17 persen daging 18 persen. Jadi di kepala swasembada daging, sekarang kita swasembada protein hari ini," kata dia.

“Ekspor ini adalah bukti Indonesia bisa ikut bersaing dengan negara lain dalam memproduksi daging dengan kualitas premium dan sesuai dengan persyaratan internasional,” kata dia.

Untuk diketahui, PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk melepas ekspor perdana ke-2 negara, yakni untuk Republik Demokrat Timor Leste dan Jepang sebanyak 11 kontainer produk unggas, pakan Ternak dan Minuman pada Jumat 20 April 2018. Bersamaan dengan pengiriman ke-4 kalinya produk unggas 1 kontainer ke Papua Nugini.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya