Lima Tips Menjaga Pertumbuhan Bisnis

Disaat pesatnya pertumbuhan bisnis, maka diperlukan juga usaha untuk mempertahankan situasi tersebut dengan melakukan 5 tips berikut

oleh Ayu Lestari Wahyu Puranidhi diperbarui 30 Jan 2019, 08:20 WIB
Diterbitkan 30 Jan 2019, 08:20 WIB
Fantastis, 10 Perusahaan Ini Beri Gaji Selangit untuk Anak Magang
Ilustrasi bekerja (pixabay.com)

Liputan6.com, Jakarta Melihat bisnis Anda tumbuh dengan sangat pesat pastinya akan menimbulkan perasaan bahagia yang sangat luar biasa. Suatu bisnis yang besar dan sukses tentu tidak didapatkan dengan cara yang mudah, tetapi membutuhkan usaha dan kerja keras yang ekstra.

Namun terkadang jika Anda mengeluarkan produk tak serta merta bisa membuat bisnis itu menjadi sukses secara instan. Kalaupun sudah sukses Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara untuk mempertahankan kesuksesan tersebut.

Karena jika tidak akan kehilangan kesempatan yang sangat berharga itu. Berikut 5 tips yang harus Anda lakukan untuk menjaga kestabilan perusahaan saat sedang tumbuh seperti melansir laman theinnovationenterprise.com:

1. Membagi Tugas kepada Anak Buah 

Seiring pertumbuhan bisnis, tentunya akan membuat Anda tidak memiliki waktu banyak seperti saat pertama memulai bisnis. Jangan berpikir jika Anda dapat melakukannya sendiri karena itu sama sekali tidak masuk akal.

Bila ingin sukses menjalankan bisnis, Anda perlu belajar bagaimana cara membagi dan meringankan tugas.

Cari tahu apa saja tugas apa sajakah yang dapat dilimpahkan kepadaanggota atau anak buah. Selain meringankan pekerjaan, hal ini juga akan membantu Anda untuk lebih fokus memikirkan perkembangan perusahaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Kelola Keuangan

Good News Today: Kabar Gembira THR, THR PNS, Harga Bawang Turun
Ilustrasi uang. (via: istimewa)

Meskipun saat ini banyak pengusaha yang mengalami pertumbuhan bisnis dengan sangat pesat, namun sayang banyak dari mereka justru mengalami kekacauan keuangan. Ini terjadi karena mereka terlalu fokus pada bisnis dan salah mengambil strategi dalam mengatur keuangan.

Penting untuk diingat, bahwa ketika bisnis mulai tumbuh maka hal itu harus diiringi dengan penyesuaian dan perubahan pada rencana anggaran yang dimiliki.

Bagi suatu perusahaan yang sedang mengalami perkembangan pesat, mengatur rincian anggaran sangat diperlukan. Karena mungkin saja kedepannya Anda akan mengalami banyak kendala dan biaya yang tak terduga seperti merekut pegawai baru atau bahkan menggati peralatan perusahaan yang rusak.

Karena itu hal ini sangat penting untuk dilakukan agar keuangan perusahaan Anda tetap solid.

3. Tetap Jaga Keteraturan Hidup 

Di saat Anda sedang berada di fase kesuksesan, maka akan sangat sulit menjaga keteraturan hidup atau bahkan menyesuaikan jadwal-jadwal yang biasa dijalani.

Namun, Anda harus tetap menjaga kestabilan ini agar perusahaan dapat berjalan dengan lancar. Saat ini, begitu banyak aplikasi hebat yang dapat digunakan untuk membantu mengelola tugas dan membuat catatan penting kegiatan.

 


4. Memiliki Strategi Jangka Panjang

Liputan 6 default 3
Ilustraasi foto Liputan 6

Penting untuk diketahui bahwa masa depan suatu perusahaan tergantung pada bagaimana sikap Anda dalam menangani setiap peluag dan hambatan di depan mata. Untuk itu, Anda harus memiliki strategi jangka panjang agar perusahaan Anda selalu berada di kondisi yang stabil.

5. Fokuslah pada Kekuatan Perusahaan 

Memiliki bisnis yang sukses, maka Anda perlu mengetahui kekuatan dari perusahaan. Selain kekuatan, Anda juga perlu mengetahui kelemahan perusahaan. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan data-data perusahaan yang ada.

Pastikan untuk membuat penawaran khusus dan konten pemasaran yang menyoroti tentang kekuatan produk dan layanan yang tersedia pada perusahaan Anda.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya