Kementan Salurkan Alsintan ke 5 Kabupaten di Sulsel

Kementerian Pertanian juga menyalurkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) di Sulawesi Selatan.

oleh Septian Deny diperbarui 12 Mar 2019, 10:15 WIB
Diterbitkan 12 Mar 2019, 10:15 WIB
Amran Sulaiman
Di Sukabumi, Menteri Amran lepas ekspor manggis dan bantuan untuk 10 ribu petani milenial. (foto: dok. Kementan)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) menyalurkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) di Sulawesi Selatan. Adanya bantuan ini diharapkan mampu mendorong geliat sektor pertanian di provinsi tersebut.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, di Sulawesi Selatan, bantuan Kementan akan difokuskan pada lima kabupaten, yaitu Wajo, Sidrap, Bone, Soppeng dan Pinrang. Sebagai langkah awal Kementan memulainya dari Kabupaten Wajo dengan bantuan senilai Rp 32 miliar, dari total anggaran program Bekerja dan Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) sebesar Rp 640 miliar di 2019.

Pada program Serasi Kementan memberikan alsintan seperti Exavator, Traktor Roda Dua, Traktor Roda Empat, Pompa Air, Combine Harvester Besar, Power Thresher, Power Thresher Multiguna, Corn Sheller, Dan Corn Combine Harvester.

"Bantuan dialokasikan sebagai bagian dari program Petani Milenial dan Bekerja. Selanjutnya Kementan juga memberikan paket bantuan KRPL (Kawasan Pangan Rumah Lestari) dan PUPM (Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat)," ujar dia di Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Selain alsintan, Kementan juga memberikan bantuan berupa benih tanaman pangan dan bibit hewan ternak untuk dikembangbiakkan.

Panitia Penyedia Bantuan Bibit dan Benih Kementan, Muhammad Irfan menyatakan, bantuan yang diberikan antara lain bibit ayam, kambing, benih padi, benih jagung, benih kopi dan pupuk.

Selain ditujukan untuk masyarakat, para santri dari sejumlah pondok pesantren di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan juga menerima bantuan 2.000 ekor ayam.

"Ayam yang dibagikan berjenis Jowo Super alias Joper. Ayam ini berkualitas baik karena meski lokal, tapi bisa jadi pedaging. Selain itu, kami juga membagikan 50 ekor kambing dengan kualitas bagus karena langsung dari kandang," tandas dia.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya