Kemenkes Terima Bantuan 500 Ton Oksigen dari Indonesia Morowali Industrial Park

Iso tank berisi oksigen berkapasitas masing-masing 25,8 ton per unit dikirimkan melalui jalur laut sejak 1 Juli 2021 lalu dari Morowali, Sulawesi Tengah.

oleh Maulandy Rizki Bayu Kencana diperbarui 06 Jul 2021, 20:38 WIB
Diterbitkan 06 Jul 2021, 20:37 WIB
Iso Tank Oksigen
21 unit Iso tank oksigen bantuan dari Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), kawasan industri yang berada di Morowali, Sulawesi Tengah.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menerima bantuan total 500 ton oksigen yang terbagi dalam 21 unit Iso tank oksigen dari Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP).

Bantuan dari kawasan industri yang berada di Morowali, Sulawesi Tengah ini diterima langsung Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin lewat sebuah upacara sederhana yang berlangsung di Dermaga 03 Nusantara, Pelabuhan Tanjung Priok, Selasa, 6 Juli 2021.

Iso tank berkapasitas masing-masing 25,8 ton per unit dikirimkan melalui jalur laut sejak 1 Juli 2021 lalu dari Morowali, Sulawesi Tengah.

Bantuan ini ditujukan untuk memenuhi pasokan oksigen rumah-rumah sakit di wilayah yang membutuhkan untuk perawatan pasien-pasien penderita Covid-19.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memberikan apresiasi dan menyampaikan rasa terima kasihnya atas inisiatif dan bantuan oksigen yang diberikan oleh Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP).

Bantuan ini akan segera didistribusikan ke rumah-rumah sakit rujukan perawatan pasien Covid-19 yang saat ini memang sedang membutuhkan pasokan oksigen.

Pemerintah saat ini bersama dengan industri terus mengupayakan terjaminnya ketersediaan oksigen untuk kebutuhan medis dalam negeri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bentuk Kepedulian

21 unit Iso tank oksigen
21 unit Iso tank oksigen bantuan dari Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), kawasan industri yang berada di Morowali, Sulawesi Tengah.

CEO PT. IMIP, Alexander Barus menyampaikan jika bantuan oksigen ini dengan tulus merupakan bentuk kepedulian dan solidaritas kemanusian kepada masyarakat Indonesia yang saat ini masih berjuang di tengah pandemi Covid-19.

"Kami menyambut baik ajakan Pemerintah kepada masyarakat industri untuk tanggap terhadap pemenuhan kebutuhan oksigen yang demikian besar dan berharap agar bantuan ini bisa membantu upaya penyembuhan para pasien kedepannya," jelas dia.

Alexander menjelaskan jika perusahaan mendatangkan 21 iso tank oksigen dari Morowali yang diambil dari pabrik oksigen yang dibangun untuk mendukung produksi stainless steel dengan kapasitas produksi sebanyak 3 juta ton per tahun dan carbon steel 3,5 juta ton per tahun di Morowali.

Harapan para pemegang saham, direksi dan seluruh karyawan di Kawasan IMIP Morowali yang berjumlah 64.000 orang, kiranya bantuan oksigen ini dapat membantu Pemerintah dalam menyelamatkan nyawa pasien yang terpapar Covid-19.

Sekedar informasi, IMIP merupakan perusahaan yang bergerak dalam proses hilirisasi nikel di Morowali.

Pada bulan Maret 2020 saat awal pandemi, PT. IMIP mendatangkan satu unit Hercules dan 2  pesawat Garuda Indonesia untuk membawa bantuan alat kesehatan (alkes).

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya