Kilang Cilacap akan Bangun Terminal Gas Alam Cair Beroperasi di 2023

Kilang Cilacap sebagai yang terbesar dan paling strategis harus selalu untung. Hal yang dicapai salah satunya dengan efisiensi melalui regasifikasi.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 09 Sep 2021, 13:24 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2021, 13:24 WIB
Direktur Utama PT KPI, Djoko Priyono saat menerima kunjungan kerja direksi Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) digedung Patra Graha Cilacap, Kamis (2/9/2021). Dok Pertamina
Direktur Utama PT KPI, Djoko Priyono saat menerima kunjungan kerja direksi Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) digedung Patra Graha Cilacap, Kamis (2/9/2021). Dok Pertamina

Liputan6.com, Jakarta PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap segera membangun terminal Liquefied Natural Gas (LNG) sebagai upaya efisiensi perusahaan.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama PT KPI, Djoko Priyono saat menerima kunjungan kerja direksi Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) digedung Patra Graha Cilacap, Kamis (2/9/2021).

Djoko mengungkapkan unit Kilang Cilacap sebagai kilang terbesar dan paling strategis harus selalu untung. Hal yang dicapai salah satunya dengan efisiensi melalui regasifikasi.

“Pemakaian refinery fuel masih cukup besar dari crude oil. Ini bisa diefisienkan dengan pengalihan ke gaskarena jelas lebih murah dan clean,” ujarnya.

Masih kata Djoko, untuk mewujudkan rencana itu Pertamina sudah melakukan kesepakatan dengan PGN sebagai pemasok kebutuhan gas.

“Ide ini sebenarnya sudah lama, dari sekitar tahun2018. Kesepakatan yang sudah terjalin dengan PGN, akan segera diwujudkan dan ditargetkanpada tahun 2023 on stream,” katanya.

Selain sebagai refinery fuel, gas nantinya juga bisa digunakan untuk treating unit-unit yang membutuhkan.

"Karena Cilacap tidak memiliki sumber gas, dalam pengolahannya selama ini mengandalkan fuel oil dan gas dari kilang. Nantinya fuel oil bisa dikonversikan ke BBM menjadiproduk yang lebih valuable,” imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kesiapan PGN

Pertamina Pastikan Pembangunan Kilang RDMP Cilacap Tetap Jalan
Pertamina Pastikan Pembangunan Kilang RDMP Cilacap Tetap Jalan (dok: Pertamina)

Senada, Direktur Utama PT PGN, M. Haryo Yunianto menyebutkan pihaknya siap memberikan layanan terbaik agar sama-sama saling menguntungkan.

“Sebagai pemasok kebutuhan gas, PGN tentu berkomitmen memuaskan konsumen, dalam hal ini Pertamina. Harapannya program inisegera diikuti oleh unit-unit kilang yang lain di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu juga dihadiri Direktur Logistik dan Infrastruktur PT Pertamina (Persero),Mulyono, General Manager PT KPI Unit Cilacap, Eko Sunarno dan jajaran manajemen.

Usai pemaparan di gedung Patra Graha, dilanjukan kunjungan ke area kilang, dan jetty dermaga area 70.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya