Curhat Bupati Demak ke Sri Mulyani, Minta Bantuan Atasi Banjir Rob Pantura

Kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani, Bupati Demak Eisti'anah meminta bantuan pemerintah pusat untuk mengatasi banjir rob yang terjadi di sepanjang wilayah pantai utara (pantura)

oleh Liputan6.com diperbarui 10 Mar 2022, 10:45 WIB
Diterbitkan 10 Mar 2022, 10:45 WIB
20160612-Jalur Pantura Banjir, Kendaraan Susah Melintas
Pedagang kaki lima mencoba mendorong gerobaknya melewati banjir rob di ruas jalur pantura Semarang-Demak ,Jawa Tengah, Minggu (12 /06/2016). Meski banjir yang cukup tinggi hanya kendaraan besar truk atau bus yang bisa melintas. (Gholib)

Liputan6.com, Jakarta Bupati Demak Eisti'anah meminta bantuan pemerintah pusat untuk mengatasi banjir rob yang terjadi di sepanjang wilayah pantai utara (pantura). Eisti mengaku Pemda sudah tidak sanggup lagi mengatasi bencana alam yang menjadi isu strategis di Demak.

"Beginilah kondisi Demak yang butuh bantuan dari pusat karena isu utamanya ini rob. Sepanjang pantura kondisinya rob," kata Eisti kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani yang menghadiri acara Kick Off Sosialisasi UU Harmonisasi Keuangan Daerah dan Pusat (HKPD) di Demak, Jawa Tengah, Kamis (10/3).

Eisti menjelaskan, dirinya telah meminta bantuan kepada pemerintah provinsi Jawa Tengah. Hanya saja pihak Pemprov pun sudah angkat tangan. Sehingga sebagai kepala daerah, dia meminta bantuan pemerintah pusat untuk turun tangan mengatasi masalah.

"Dalam kesempatan ini kami minta bantuan pusat. Kami sudah dengan provinsi tapi provinsi sudah tidak sanggup, Ibu, " ungkapnya.

Dia menceritakan, saat ini masyarakat yang tinggal di Pantura bekerja hanya untuk membeli tanah urugan. Menahan debit air yang masuk ke pemukiman. Bahkan saat ini tidak sedikit atap rumah dengan air hanya berjarak 1 meter.

"Masyarakat bekerja cuma untuk beli urugan tanah," kata dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Banjiri Rumah Warga

Banjir dan Rob di Jawa
Kementerian PUPR terus berupaya menangani banjir dan rob di wilayah Pantai Utara (Pantura) Jawa dan Kota Semarang. Dok PUPR

Sejauh ini Pemda Demak hanya bisa melakukan hal serupa. Menahan agar air rob dari pantai untuk tidak membanjiri rumah-rumah warga.

Untuk itu dia meminta Sri Mulyani untuk menjadi jembatannya kepada Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono agar bisa memberikan solusi dalam mengatasi masalah banjir rob.

"Kami mohon sekali lagi, agar ibu bisa berkoordinasi dengan PUPT dan menjadikan isu strategis in bisa terkendali. Mumpung pusat lagi turun ke daerah, jadi saya mohon bantuannya," pungkasnya.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya