Jalan Rigid Duduksampeyan Dibuka, Mudik Lebaran di Pantura Bebas Contraflow

Pembukaan perkerasan rigid Duduksampeyan ini lebih cepat 4 hari dari target yang diberikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 19 Apr 2022, 14:00 WIB
Diterbitkan 19 Apr 2022, 14:00 WIB
Kementerian PUPR resmi membuka satu jalur perkerasan beton (rigid) di Duduksampeyan, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Foto: PUPR
Kementerian PUPR resmi membuka satu jalur perkerasan beton (rigid) di Duduksampeyan, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Foto: PUPR
Liputan6.com, Jakarta
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali, resmi membuka satu jalur perkerasan beton (rigid) di Duduksampeyan, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Jalur ini akan dipakai mudik lebaran 2022.
 
Pembukaan tersebut dimaksudkan agar tidak ada lagi contraflow pada Jalan Pantai Utara (Pantura) Jawa akibat pekerjaan konstruksi. Tepatnya di ruas jalan Batas Kabupaten Lamongan-Batas Kota Gresik.
 
Kepala BBPJN Jawa Timur-Bali Kementerian PUPR Achmad Subki menyatakan, pembukaan perkerasan rigid Duduksampeyan ini lebih cepat 4 hari dari target yang diberikan Menteri PUPR  Basuki Hadimuljono saat peninjauan kesiapan jalur mudik lebaran beberapa waktu lalu. 
 
"Jadi arahan Pak Menteri PUPR agar H-11 Lebaran 2022 jalan ini sudah bisa dibuka, tapi pada hari ini atau H-14 jalan ini sudah bisa dilalui kendaraan dan tidak ada contraflow saat mudik Lebaran mendatang guna menghindari kemacetan," jelas Subki, Selasa (19/4/2022).
 
Pembukaan arus lalu lintas dilakukan pada satu jalur perkerasan rigid jalan Pantura Gresik-Lamongan, tepatnya pada Km 33+600 sampai dengan 35+172 dengan panjang sekitar 1,5 km. 
 
"Perkerasan rigid ini dapat dibuka lebih cepat berkat dukungan pimpinan BBPJN Jatim-Bali dan kerja sama tim yang kompak, khususnya PPK 4.5 Provinsi Jawa Timur," ungkap Subki.
 
 
 
 

Kurangi Kepadatan

Kementerian PUPR resmi membuka satu jalur perkerasan beton (rigid) di Duduksampeyan, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Foto: PUPR
Kementerian PUPR resmi membuka satu jalur perkerasan beton (rigid) di Duduksampeyan, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Foto: PUPR
Ia menjelaskan, perkerasan rigid yang baru dibuka ini merupakan bagian dari Paket Preservasi Jalan Babat-Lamongan-Gresik MYC tahun anggaran 2021-2023.
 
"Dengan dibukanya jalan ini, berarti sudah ada sekitar 7 km jalan yang beroperasi, yaitu pada km 33+600 hingga 40+600," terangnya.
 
Diharapkan dengan dibukanya jalan pada ruas tersebut dapat mengurangi kepadatan lalu lintas saat menjelang lebaran, khususnya di ruas jalan nasional dari Gresik-Lamongan dan sebaliknya.
 
Paket Preservasi Jalan Babat-Lamongan-Gresik MYC tahun anggaran 2021-2023 didanai Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dengan penyedia jasa konstruksi PT Cahaya Indah Madya Pratama-PT Airlanggatama Nusantarasakti, skema Kerja Sama Operasi (KSO). 
 
Paket ini memiliki total panjang penanganan 16,64 km dimana target selesai pekerjaan pada 31 Agustus 2023 mendatang.
 

80 Juta Lebih Orang Mudik, Kemacetan Akan Luar Biasa

Arus Lalin di Gerbang Tol Palimanan
Rekayasa lalu lintas jalur satu arah (one way) diberlakukan di Gerbang Tol Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019). Rekayasa lalu lintas di H+3 Lebaran tersebut dilakukan guna mengantisipasi adanya kemacetan saat arus mudik di Jalan Tol Trans Jawa. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Kemacetan yang terjadi pada arus mudik Lebaran 2022 diyakini akan luar biasa. Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian atau Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Menurut Airlangga, pemerintah sengaja membuat kebijakan cuti lebaran agar bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mudik. Survei juga menunjukkan angka jumlah pemudik bakal fantastis.

"Dalam rangka Idulfitri nanti, pemerintah sudah memberikan libur cuti massal dan tentu diharapkan cuti massal ini dapat dimanfaatkan untuk mudik dan berdasarkan survei yang dilakukan, yang akan mudik lebih dari 80 juta orang," ujar Airlangga di DPP Golkar, Senin (18/4/2022).

Airlangga menyebut dari 80 juta pemudik, sebanyak 14 juta berasal dari Jabodetabek dengan tujuan paling banyak ke Jawa Tengah. Ia memprediksi, terjadi kemacetan luar biasa akibat banyaknya pemudik.

"Jadi kira-kira kita paham apa yang terjadi dan kemacetan akan jadi hal yang luar biasa," kata Ketua Umum Partai Golkar ini.

Selama lebaran, kata Airlangga, pemerintah tidak melarang masyarakat melakukan kegiatan halal bihalal. Namun, bagi para pejabat masih dilarang untuk melakukan open house.

"Khusus untuk dari pejabat tetap tidak boleh open house dan halalbihalal, tetapi bagi masyarakat silakan. Tetapi tentu kapasitas ruangan harus disesuaikan," tutur Menko Perekonomian.

Infografis Aturan Perjalanan Mudik Lebaran 2022 dari Satgas Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Aturan Perjalanan Mudik Lebaran 2022 dari Satgas Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya