Jokowi Imbau Perpanjang Cuti, Armada Kereta Api Ditambah untuk Akomodasi Arus Balik dari Bandung ke Jakarta

KAI Daop 2 menambah satu armada kereta api untuk arus balik Lebaran Idul Fitri 2023 seiring Presiden Joko Widodo (Jokowi) imbau warga menunda jadwal kembali mudik setelah cuti bersama.

oleh Agustina Melani diperbarui 26 Apr 2023, 15:56 WIB
Diterbitkan 26 Apr 2023, 15:54 WIB
KAI Daop 2 Bandung Tambah Satu Armada Kereta Api untuk Antisiaspi Arus Balik
KAI Daop 2 Bandung menambah satu armada kereta api untuk satu perjalanan Stasiun Bandung-Stasiun Gambir yakni KA Argo Parahyangan untuk antisipasi arus balik Lebaran Idul Fitri 2023. (sumber foto: Humas PT KAI Daop 2 Bandung)

Liputan6.com, Jakarta - Satu armada kereta api (KA) ditambah untuk akomodasi arus balik masyarakat dari timur menuju Jakarta. Hal ini juga seiring arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengimbau warga menunda jadwal kembali mudik setelah cuti bersama Lebaran Idul Fitri 2023.

Manager Humas Daop 2 Bandung Mahendro Trang Bawono menuturkan, tambahan armada tersebut untuk satu perjalanan Stasiun Bandung-Stasiun Gambir yaitu KA Argo Parahyangan. Ia mengatakan, KA Argo Parahyangan tambahan beroperasi hingga 30 April 2023.

“Untuk akomodasi arus balik masyarakat dari timur menuju Jakarta, sekaligus bentuk dukungan arahan pemerintah yang mengimbau masyarakat menghindari puncak arus balik,” ujar Mahendro dikutip dari Antara, Rabu (26/4/2023).

Dengan tambahan armada arus balik, Mahendro menuturkan, ada sebanyak 2.700 tempat duduk yang tersedia atau ada 450 tempat duduk per harinya. Ia menuturkan, puncak arus balik di wilayah KAI Daop 2 Bandung sudah terjadi pada Senin, 24 April 2023 dengan jumlah pelanggan yang datang menembus 18.210 pelanggan.

Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong menjadi dua stasiun dengan kedatangan pelanggan terbanyak mencapai 8.898 dan 4.367 pelanggan kereta api (KA) jarak jauh yang datang. Ia perkirakan ada sebanyak 97.955 pelanggan KA jarak jauh akan tiba di dua stasiun tersebut pada periode arus balik 24 April-2 Mei 2023.

PT KAI Daop 2 Bandung sediakan tiket untuk 261.292 tempat duduk selama 19 hari pelaksanaan masa Angkutan Lebaran 2023. Hingga H+ Lebaran 2023 sudah 239.354 tempat duduk atau mencapai 92 persen tiket yang telah terjual dengan rata-rata keberangkatan per hari mencapai 12.598 pelanggan.  “Pada periode 14-15 April, Daop 2 Bandung telah melayani 172.681 pelanggan KA jarak jauh,” ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jelang Angkutan Lebaran 2023, PT KAI Bandung Siapkan 23 Lokomotif dan 140 Kereta

Rel kereta api
Perawatan jalur kereta api di Jawa Barat dilakukan oleh petugas menjelang masa angkutan Lebaran 2023. (sumber foto: Humas PT KAI Daop 2 Bandung)

Sebelumnya, sebanyak 23 lokomotif dan 140 kereta disiagakan oleh PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (PT KAI Dao) 2 Bandung menjelang masa angkutan Lebaran 2023 atau Idul Fitri 1444 Hijriah.

Jumlah itu belum termasuk gerbong dapur kereta ataupun rangkaian gerbong pengangkutan barang dan logistik lainnya.

Menurut Executive Vice President PT KAI Daop 2 Bandung, Joko Widagdo, berbagai persiapan terus dilakukan oleh otoritasnya guna melayani pelanggan yang akan mudik ke kampung halaman.

"Kesiapan baik itu dari sarana (lokomotif dan kereta), prasarana (jalur rel), serta fasilitas bagi pelanggan di atas kereta api (KA) dan stasiun menjadi fokus Daop 2 Bandung. Seluruh armada sarana kita saat ini sedang menjalani perawatan, sehingga bisa siap dan layak dioperasikan sebelum masa Angkutan Lebaran," ujar Joko Widagdo dalam keterangan resminya, Bandung, Jumat, 7 April 2023.

Joko mengatakan pada bulan Maret 2023 PT KAI Daop 2 Bandung bersama dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian serta Balai Teknik Perkeretaapian Bandung telah melakukan inspeksi guna memastikan keandalan prasarana di lintas.

 

 


Cadangan Sarana

Suasana penumpang di Stasiun Bandung, Rabu, 21 Desember 2022. (sumber foto : Humas PT KAI Daop 2 Bandung)
Suasana penumpang di Stasiun Bandung, Rabu, 21 Desember 2022. (sumber foto : Humas PT KAI Daop 2 Bandung)

Penerapan Risk Management juga dilakukan Daop 2 Bandung untuk mengantisipasi gangguan, baik itu sarana, prasarana, maupun keamanan selama pelaksanaan Angkutan Lebaran tahun ini.

Daop 2 Bandung menempatkan cadangan sarana, baik itu kereta maupun lokomotif, serta crane di 2 titik yakni Bandung, dan Cibatu.

"Perbaikan geometri di lintas Daop 2 juga telah dilakukan agar menjamin perjalanan kereta api yang aman, dan selamat. Tenaga perawatan sarana juga akan ditempatkan pada 14 titik di seluruh wilayah Daop 2 Bandung, dan akan siaga selama 24 jam," kata Joko.

Joko menyebutkan penempatan alat material untuk siaga (AMUS) di 13 titik dilakukan sebagai upaya antisipasi risiko gangguan operasional perjalanan kereta api.

AMUS sendiri merupakan alat bantu darurat yang terdiri dari peralatan kerja dan material diantaranya bantalan rel dan batu balas. Persiapan tersebut untuk tindakan cepat cepat ketika terjadi gangguan.


Antisipasi Titik Rawan Longsor

Titik rawan longsor, amblesan, serta banjir juga tak luput menjadi menjadi perhatian Daop 2 Bandung. Sebanyak 40 petugas akan ditempatkan untuk melakukan pemantauan khusus di titik rawan tersebut.

"Kami juga telah menyiapkan 82 petugas tambahan, terdiri dari petugas pemeriksa jalur, serta petugas penjaga perlintasan extra untuk memberikan keselamatan dan keamanan tidak hanya bagi perjalanan kereta api tetapi juga bagi pelanggan kami," tukas Joko.

Sebelumnya, PT KAI Daop 2 Bandung bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Barat (BNNP Jawa Barat) melaksanakan kegiatan tes narkoba secara acak yang dilakukan kepada jajaran pekerjanya, kemarin (Kamis, 6/4/2023).

Pemeriksaan tes narkotika dan obat terlarang (narkoba) yang dilaksanakan di Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong tersebut diikuti 50 pekerja awak sarana perkeretaapian (ASP) yang terdiri dari Masinis, Asisten Masinis, Teknisi Kereta Api dan Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA).

Selain itu pemeriksaan tes urine juga dilakukan kepada petugas Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska), Petugas Penjaga Perlintasan (PJL) serta Petugas Langsir.

"Pemeriksaan tes narkoba dilakukan di luar pemeriksaan rutin yang dilakukan kepada ASP saat akan melaksanakan dinas. Hal itu dilakukan guna memberikan jaminan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api kepada para pelanggan, utamanya untuk menyambut Angkutan Lebaran Tahun 2023," ujar juru bicara PT KAI Daop 2 Bandung, Mahendro Trang Bawono.

Mahendro berharap dengan dilakukannya pemeriksaan tes narkoba ini dapat meyakinkan bahwa ASP yang sedang berdinas betul-betul dalam kondisi sehat dan performa terbaiknya sebagai garda terdepan perusahaan yang melayani penumpang secara langsung.

 

Infografis Prediksi Pergerakan 123 Juta Orang Saat Musim Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Prediksi Pergerakan 123 Juta Orang Saat Musim Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya