Biaya Produksi Barbie Movie Bikin Melongo, Capai Triliunan Rupiah

biaya produksi pembuatan film Barbie ini mencapai USD 145 juta. Jika dikonversi dalam rupiah, maka film ini memakan biaya sekitar Rp 2,17 triliun (kurs 15.006 per USD)

oleh Septian Deny diperbarui 19 Jul 2023, 19:14 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2023, 19:14 WIB
Margot Robbie
Dalam film terbarunya, Margot Robbie berperan sebagai Barbie. Meski belum dirilis, penampilan Robbie sudah jadi sorotan (dok. Instagram/@margotrobbieofficial/https://www.instagram.com/p/Cc36hS3liiT/Komarudin)

Liputan6.com, Jakarta Film Barbie dijadwalkan mulai tayang pada 21 Juli 2023 ini. Sejumlah gala premier sudah dilakukan, di antaranya di Amerika Serikat, Inggris dan Korea Selatan. Barbie Movie akan dikemas dalam bentuk film komedi. 

Film Barbie sendiri digarap oleh sutradara Greta Gerwig dan dirilis oleh Warner Bros. Pictures. Ceritanya adalah soal petualangan Barbie yang diperankan Margot Robbie, bersama dengan Ken yang diperankan Ryan Gosling, di dunia nyata.

Selain kedua nama beken tersebut, beberapa nama terkenal juga meramaikan cast di film itu.

Sebut saja Kate McKinnon, Alexandra Shipp, dua Lipa, hingga Ritu Arya yang berperan sebagai Barbie dengan profesi yang berbeda-beda. Lalu ada juga Simu Liu, Scott Evans, hingga John Cena yang berperan sebagai varian Ken.

Lantas berapa biaya produksi dari Barbie Movie ini? 

Diketahui, biaya produksi pembuatan film Barbie ini mencapai USD 145 juta. Jika dikonversi dalam rupiah, maka film ini memakan biaya sekitar Rp 2,17 triliun (kurs 15.006 per USD)

Penulias Naskah dan Pemeran di Film Barbie

Mengutip dari berbagai sumber, penulisan naskah dan skenario film ini ditulis langsung oleh Greta dengan dibantu Noah Baumbach. Nantinya, film ini akan dibintangi oleh Margot Robbie dan Ryan Gosling sebagai bintang utama.

Selain keduanya, juga ada beberapa bintang Hollywood lain yang akan menjadi Barbie dan Ken yang tentunya akan meramaikan film ini.

Mengutip Hearst Magazines dan Yahoo News, Margot Robbie ternyata diketahui sogok Ryan Gosling dengan hadiah untuk mau bermain film Barbie.

Robbie menjanjikan hadiah kepada Gosling setiap hari syuting jika dia menerima peran tersebut, yang terbukti menjadi tantangan ketika dia melakukannya: "Saya mendapatkan begitu banyak hadiah," kata Gosling.

"...Dia menepati janjinya, memberi hal-hal yang berhubungan dengan Ken setiap hari, dari kalung kulit puka hingga kotak makan siang bertema kuda," tutur Ryan Gosling.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Profil Margot Robbie Pemeran Barbie

Margot Robbie berperan sebagai Barbie.
Margot Robbie berperan sebagai Barbie. Dok: Instagram @barbiethemovie

Merangkum profil Margot Robbie dari situs IMDB, Senin (17/7/2023), ia diketahui memiliki nama lengkap Margot Elise Robbie. Lahir pada 2 Juli 1990 di Dalby, Queensland, Australia dari orang tua asal Skotlandia.

Ibunya, Sarie Kessler, adalah seorang fisioterapis, dan sang ayah Doug Robbie.

Margot Robbie berasal dari keluarga dengan empat anak, memiliki dua saudara laki-laki dan satu saudara perempuan.

Dalam profil singkat yang diulas IMDB, disebutkan bahwa Margot Robbie lulus dari Somerset College di Mudgeeraba, Queensland, Australia, sebuah pinggiran kota di pedalaman Gold Coast Queensland Tenggara, tempat dia dan saudara-saudaranya dibesarkan oleh ibu mereka dan menghabiskan sebagian besar waktunya di pertanian milik kakek neneknya.

Di akhir masa remajanya, dia pindah ke Melbourne, Victoria, Australia untuk mengejar karir akting. 

 


Film Barbie Raih Pujian dari Kritikus Film: Margot Robbie Panen Review Positif

Margot Robbie dan Emma Mackey dalam film Barbie (2023). (Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=GRyt3Ov4zz0)
Margot Robbie dan Emma Mackey dalam film Barbie (2023). (Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=GRyt3Ov4zz0)

Film "Barbie" sukses panen review positif dari para kritikus film. Akting aktris utama Margot Robbie yang cemerlang berhasil mendapat sorotan. 

Berdasarkan konsensus situs Rotten Tomatoes, Rabu (19/7/2023), film "Barbie" meraih skor 89 persen dari 96 reviewer. 

Christy Lemire dari RogerEbert.com memuji film "Barbie" sebagai sebuah pencapaian cemerlang, baik dari segi teknik, tone, hingga visualnya.

Lemire turut menyorot bahwa desainer kostum di film ini adalah Jaqcueline Duran yang memiliki dua piala Oscar dan produksi filmnya dirancang Sarah Greenwood yang mendapatkan enam nominasi Oscar. 

Margot Robbie Sebagai BarbieMargot Robbie juga dinilai sebagai pemeran yang sempurna untuk Barbie. Yang dipuji bukan hanya rambut pirang dan mata biru Robbie, melainkan karakterisasinya.

"Sebagai bintang film, Margot Robbie menemukan keseimbangan antara satir dan ketulusan. Ia adalah pilihan pemeran yang sempurna; tidak mungkin untuk membayangkan orang lain di peran ini," ujar Lamire.

Unsur komedi film ini juga mendapat pujian tinggi. Tak lupa, Lemire memuji marketing "Barbie" yang cerdas.

Reviewer dari situs Time Out memuji "Barbie" sebagai film yang menyenangkan untuk ditonton. Selain akting Margot Robbie yang dipuji, film ini dinilai berhasil menunjukkan sisi satir dari brand "Barbie", serta elemen feminisme dan girliness secara berbarengan. 


Ada Kritikan, Tapi Tetap Seru

Film Barbie. (Warner Bros via IMDb)
Film Barbie. (Warner Bros via IMDb)

Ada kritikan terhadap Barbie terkait banyaknya elemen yang ditampilkan. Ann Hornaday dari Washington Post menyebut kepentingan sutradara Greta Gerwig dalam menolak patriarik terkadang membuat filmnya berat, tetapi ia masih memuji "Barbie".

Film ini ia dideskripsikan sebagai "hot-pink mess" dan penonton bisa melihat "Barbie" dalam berbagai wujud, mulai dari yang stereotip, presiden, dokter, pengacara, dokter, hingga yang aneh.

"Dalam sebagian besar, ia mencapai keseimbangan yang menyenangkan antara silly dan serious," ujarnya. 

Reviewer dari The Australian berkata film ini "sepenuhnya gila-gilaan", namun ia juga menyebut bahwa "mungkin itulah yang kita butuhkan saat ini".

Kritik yang murni negatif datang dari New Statesman yang menilai film arahan Greta Gerwig ini memiliki feminisme yang hampa.

Film "Barbie" sudah mulai tayang di Indonesia pada 19 Juli 2023. Sejumlah pemain film ini adalah Margot Robbie, Ryan Gosling, Simu Liu, dan Kate McKinnon.

  

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya