Mulai Hari Ini Kereta Cepat Whoosh Tidak Gratis Lagi, Bayar Rp 150.000

Mulai hari ini, Rabu 18 Oktober 2023 tiket kereta cepat Whoosh tak lagi gratis, melainkan berbayar Rp 150.000 per orang untuk tarif promo.

oleh Maulandy Rizky Bayu KencanaArief Rahman Hakim diperbarui 18 Okt 2023, 10:00 WIB
Diterbitkan 18 Okt 2023, 10:00 WIB
Tampilan Kereta Cepat 'Whoosh'
Mulai hari ini, Rabu 18 Oktober 2023 tiket kereta cepat Whoosh tak lagi gratis, melainkan berbayar Rp 150.000 per orang untuk tarif promo. (Yasuyoshi CHIBA/AFP)

Liputan6.com, Jakarta Tiket Kereta Cepat Whoosh sudah dapat diakses dan dipesan melalui berbagai aplikasi mobile. Dengan adanya promo tiket kereta cepat Jakarta-Bandung Rp 150.000 untuk perjalanan periode 18 Oktober-30 November 2023.

Mulai Rabu, 18 Oktober 2023, perjalanan Kereta Cepat Whoosh sudah normal dengan keberangkatan 14 perjalanan kereta per hari. Dengan rincian 7 perjalanan dari stasiun Halim, dan 7 perjalanan dari stasiun Tegalluar.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyambut baik adanya dukungan sistem ticketing atau sistem penjualan tiket Kereta Cepat Whoosh yang memberikan berbagai pilihan.

Tidak hanya pembelian langsung di loket stasiun dan vending machine, tiket kereta cepat Jakarta-Bandung ini juga dapat diperoleh dengan membelinya di sejumlah aplikasi, diantaranya Whoosh, Access by KAI, Livin' by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking.

"Penjualan tiket Whoosh dengan aplikasi mobile, ini juga kami tunggu-tunggu. Kereta api yang canggih, dilengkapi pula dengan sistem tiketing yang baik, tentu akan menambah kenyamanan. Masyarakat dapat secara mudah mengakses tiket kereta Whoosh langsung dari genggaman tangannya," ujar Menhub dalam keterangan tertulis, Rabu (18/10/2023).

Tiket Promo

Sementara Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi menyampaikan, akan ada berbagai promo yang diberikan untuk menarik minat masyarakat menggunakan kereta cepat.

"Kami akan luncurkan program promo tiket kereta cepat Rp 150.000. Diharapkan melalui beragam promo tiket Kereta Cepat Whoosh yang dihadirkan nanti dapat menarik minat masyarakat untuk beralih dari jalan raya ke transportasi publik berbasis rel khususnya kereta cepat. Sehingga bisa berkontribusi juga dalam mengurangi polusi dan mengurangi kemacetan," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Promo Lainnya

Kereta cepat Whoosh
Kereta cepat Woosh bakal jadi sarana pendukung transportasi pada Piala Dunia U-17 2023. (dok. PSSI)

Selain itu, promo lainnya untuk penumpang yang sebelumnya telah membeli tiket perjalanan tanggal 18-30 November 2023 seharga Rp 300.000, akan mendapatkan tiket gratis sesuai jumlah tiket yang telah dibeli sebelumnya.

Syaratnya, cukup dengan menunjukkan tiket yang telah dibeli disertai ID Card di loket stasiun. Reward tiket tersebut dapat ditukarkan untuk perjalanan Kereta Cepat Whoosh hingga 30 November 2023.

"Masyarakat dapat melihat informasi jadwal Whoosh melalui website resmi, maupun aplikasi Whoosh," kata Dwiyana.


Catat, Ini Cara dan Akses Menuju Stasiun Kereta Cepat Whoosh

Jokowi Resmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Whoosh merupakan singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal. (Yasuyoshi CHIBA / AFP)

Tiket Kereta Cepat Whoosh sudah resmi dijual bertarif dengan dipatok Rp 300.000 per orang. Diketahui, ada 3 stasiun Kereta Cepat Whoosh yang akan melayani penumpang, Stasiun Halim, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar.

GM Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa menyatakan, akses menuju tiga stasiun Kereta Cepat Whoosh tadi telah disiapkan oleh pemerintah dan BUMN operator Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Sehingga diharapkan mampu mempermudah masyarakat menuju stasiun kereta cepat.

"Untuk mempermudah akses Stasiun Kereta Cepat Whoosh, KCIC telah berkoordinasi pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan para operator transportasi," ujar Eva dalam keterangannya, Senin (16/10/2023).

Berikut adalah akses yang telah tersedia untuk masyarakat yang ingin menuju Stasiun Kereta Cepat Whoosh:

1. Stasiun Kereta Cepat Halim

  • LRT Jabodebek rute Dukuh Atas - Jati Mulya pp
  • Bus Transjakarta 7W rute Cawang - Halim pp
  • Taksi konvensional dan online
  • Jl. Akses Kereta Cepat Halim Perdanakusumah

2. Stasiun Kereta Cepat Padalarang

  • KA Feeder Kereta Cepat rute Padalarang - Cimahi - Bandung pp
  • Commuter Line Bandung Raya rute Cicalengka - Rancaekek pp
  • Commuter Line Garut rute Purwakarta - Garut pp
  • Taksi konvensional dan online
  • Exit Tol Padalarang
  • Jl. Panaris 

3. Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

  • Bus Damri rute Metro Indah Mall - Tegalluar pp
  • Bus Summarecon rute Mall Summarecon - Tegalluar pp
  • Taksi konvensional dan online
  • Jembatan Cibiru HilirExit Tol 149 arah Cileunyi
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya