Prabowo Pede Hilirisasi Bikin Ekonomi Indonesia Tumbuh Double Digit: Bukan Omong Kosong!

Calon presiden (Capres) nomor urut 02, Prabowo Subianto optimis sektor hilirisasi dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga dua digit atau double digit. Proyeksi pertumbuhan ekonomi tinggi ini merupakan hasil kajian dari tim khusus Prabowo.

oleh Tim Bisnis diperbarui 12 Jan 2024, 14:15 WIB
Diterbitkan 12 Jan 2024, 14:15 WIB
Calon presiden (Capres) nomor urut 02, Prabowo Subianto optimis sektor hilirisasi dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia
Calon presiden (Capres) nomor urut 02, Prabowo Subianto optimis sektor hilirisasi dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga dua digit atau double digit. Proyeksi pertumbuhan ekonomi tinggi ini merupakan hasil kajian dari tim khusus Prabowo.

Liputan6.com, Jakarta Calon presiden (Capres) nomor urut 02, Prabowo Subianto optimis sektor hilirisasi dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga dua digit atau double digit. Proyeksi pertumbuhan ekonomi tinggi ini merupakan hasil kajian dari tim khusus Prabowo.

"Saya kok optimis ya pertumbuhan ekonomi kita jangan-jangan nanti bisa dua angka, saya sudah hitung saya dibantu tim pakar yang hebat-hebat, yang itu," kata Prabowo dalam Dialog Capres Bersama Kadin di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Jumat (12/1).

Prabowo menekankan, bahwa proyeksi pertumbuhan ekonomi hingga double digit tersebut bukan merupakan omong kosong. Menurutnya, apa yang disampaikan tersebut merupakan data yang benar.

"Saya hanya ngomong, tapi bukan omong- omong kosong, data aku benar, karena saya itu tiap-tiap tiga kali seminggu, saya panggil tim pakar, saya brainstorming sama mereka ya," ujar Prabowo.

Prabowo mencontohkan, bahwa kebijakan hilirisasi industri yang digaungkan Presiden Jokowi telah memberikan dampak positif terhadap perekonomian Indonesia. Semisal dari hilirisasi nikel hingga bauksit.

"Contoh bauksit bahan untuk alumina diolah dari bauksit, kalau alumina naiknya sudah sekian ratus persen, diolah lagi jadi aluminium naik lagi sekian ratus persen. Aluminium merupakan bahan untuk mobil, untuk motor, untuk televisi, untuk pesawat terbang, ini semua ini aluminium," tegas Prabowo.

Ke depan, pihaknya menargetkan program hilirisasi menyadari sebanyak 21 komoditas. Terutama komoditas rumput laut yang memiliki nilai ekonomi besar.

"Rumput laut itu banyak manfaatnya, bisa untuk dibuat BBM dan lainnya. Padahal, rumput laut itu murah," pungkas Prabowo .

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hilirisasi Komoditas Rumput Laut

Presiden Joko Widodo atau Jokowi
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan pernyataan resmi terkait penetapan Mensos Juliari Batubara sebagai tersangka dugaan korupsi bansos Covid-19. (Dok Setpres)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana melakukan hilirisasi komoditas rumput laut hingga ikan tongkol. Program hilirisasi ini untuk mempercepat Indonesia menjadi negara maju melalui hilirisasi.

"Ingat bahwa 2/3 Indonesia ini adalah air dan laut, samudra. Luas lautan kita 3,2 juta KM besar sekali potensinya belum kita apa-apakan," kata Jokowi dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2023, Senin (6/2).

Jokowi menyebut Indonesia merupakan eksportir nomor satu bahan mentah rumput laut. Jika dibandingkan dengan China, Indonesia masih kalah jauh. China merupakan importir nomor satu rumput laut.

Selain itu, Indonesia juga kaya dengan komoditas perikanan, ada ikan tuna, cakalang, tongkol, dan sebagainya.  Saat ini, Indonesia menjadi eksportir nomor 1 ikan tuna, cakalang dan tongkol segar.

"Kita ini eksportir nomor 1 tuna, cakalang, tongkol segar, tapi sekaligus importir nomor 1 tepung ikan, lucu sudah dorong keluar kita impor lagi dalam bentuk tepung ikan, apa nggak bisa kita menghilirkan ini mengindustrialisasikan ikan kita menjadi tepung ikan, apa sulit banget sih?," ungkap Jokowi.


Canda Prabowo Bersama Kadin: Saya Bukan Penjilat, 2 Kali Kalah Itu Sedih Loh Eh Kalian Ketawa Kan

Profil Prabowo (Sumber : Instagram/ @prabowo)
Profil Prabowo (Sumber : Instagram/ @prabowo)

Sebelumnya, Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 2 Prabowo Subianto menegaskan dia bukan orang yang suka 'menjilat' kekuasaan. Ini merujuk pada konteks dimana saat ini dia berada di dalam kabinet bersama dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Padahal, kata Prabowo, dia dikalahkan hingga 2 kali putaran pemilihan presiden (pilpres) oleh Jokowi. Sontak kisahnya ini di riuh suara tawa dari para pengusaha yang tergabung dalam Kadin Indonesia.

"Saudara-saudara, saya ini bukan tukang menjilat, bukan. Saya ini 2 kali dikalahkan oleh Pak jokowi. Nah kalian ketawa kan, kalah itu sedih loh, ee ketawa lagi kalian ini. Inilah orang Indonesia ada temannya yang sedih dia ketawa," ungkap Prabowo dalam Dialog Capres Bersama Kadin Indonesia: Menuju Indonesia Maju 2045, di Jakarta, Jumat (12/1/2024).

Menteri Pertahanan ini mengisahkan beberapa kesempatan debat saat melawan Jokowi. Meski debat berjalan cukup panas, hubungan keduanya masih tetap baik.

"Tapi begini, Anda perhatikan gak, selama saya bersaing di debat dimanapun, anda lihat saya masih bersahabat sama beliau," ujar dia.

Hal ini pun disebut membuat sejumlah orang-orang disekelilingnya merasa heran dengan sikap Prabowo. Tak cuma usai debat, pandangan ini berlanjut ketika Prabowo menerima pinangan Jokowi untuk ikut dalam kabinet pemerintahan menjabat posisi tertinggi Kementerian Pertahanan.

"Orang merasa aneh, tim saya waktu itu, tim kampanye marah2 sama saya habis debat, 'bapak kenapa? kenapa enggak ..', yaa gimana saya merasa banyak pikiran pak Jokowi benar untuk apa saya sanggah kalau saya setuju, iya kan," tuturnya.

"Jadi saudara-saudara, ternyata bener beliau menang tapi ajak saya, banyak pengikut saya gak setuju," sambung Prabowo.

 


Berantas Korupsi

Prabowo-Gibran mendaftar Pilpres 2024
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka diarak oleh para pendukungnya dari Taman Suropati untuk kemudian menuju ke KPU untuk mendaftarkan Pilpres 2024. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto menegaskan dirinya tidak akan gentar memberantas koruptor di Indonesia.

Prabowo juga mengingatkan antek-antek asing bahwa dirinya dan cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka akan terus memihak masyarakat Indonesia.

"Hei, maling-maling, koruptor-koruptor, Prabowo tidak pernah akan gentar terhadap kalian. Hei, kaum munafik. Hei, antek-antek asing, Prabowo-Gibran bersama rakyat Indonesia," tegas Prabowo saat Konsolidasi Relawan Prabowo-Gibran di Gedung Balai Buntar, Kota Bengkulu, Kamis (11/1/2024).

Dia mengatakan bahwa saat ini Indonesia berada di persimpangan jalan untuk menuju negara maju dan makmur. Untuk itu, Prabowo menekankan dirinya akan mengusir koruptor agar Indonesia menjadi negara sejahtera, tanpa ada kemiskinan.

"Kita akan maju terus menjadi negara yang makmur, negara hebat, negara yang adil, negara di mana rakyatnya hidup sejahtera, negara tidak ada kemiskinan lagi, negara dimana koruptor-koruptor akan kita usir," jelasnya.

 

Infografis Survei Indikator Politik - Liputan6 SCTV Elektabilitas Anies, Prabowo, Ganjar
Infografis Survei Indikator Politik - Liputan6 SCTV Elektabilitas Anies, Prabowo, Ganjar (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya