Deretan Menteri yang Hadir dalam Pidato Kemenangan Pilpres 2024 Prabowo-Gibran

Pasangan calon presiden dan wakil presiden (Capres-Cawapres) nomor urut 02 Prabowo Subianto -Gibran Rakabuming Raka menggelar acara deklarasi kemenangan di Istora Senayan Jakarta pada Rabu 14 Februari 2024 malam.

oleh Arthur Gideon diperbarui 15 Feb 2024, 22:11 WIB
Diterbitkan 15 Feb 2024, 06:00 WIB
Capres dan Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka saat pidato dan deklarasi kemenangan hasil sementara quick count Pemilu 2024 di Istora Senayan, Rabu (14/2/2024).
Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka saat memberikan pidato dan deklarasi kemenangan hasil sementara quick count Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 di Istora Senayan, Rabu (14/2/2024). (Tangkapan Layar YouTube Liputan6)

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan calon presiden dan wakil presiden (Capres-Cawapres) nomor urut 02 Prabowo Subianto -Gibran Rakabuming Raka menggelar acara deklarasi kemenangan di Istora Senayan Jakarta pada Rabu 14 Februari 2024 malam. Deklarasi ini dilakukan setelah sejumlah lembaga yang melakukan hitung cepat mengumumkan kemenangan pasangan Prabowo-Gibran.

Dalam Pidatonya, Prabowo menyatakan bahwa paslon nomor urut 02 menang satu putaran dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal itu berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count sejumlah lembaga survei usai pencoblosan.

"Saya bersama Mas Gibran berpesan menyampaikan walaupun kita bersyukur kita tidak boleh sombong, kita tidak boleh jumawa, kita tidak boleh euforia, kita tetap harus rendah hati," kata Prabowo dalam pidatonya.

Tak lupa, di awal pidato Prabowo Subianto menyapa semua pendukungnya. Nampak jajaran menteri yang hadir dalam acara tersebut disebut satu persatu oleh Prabowo.

Berikut ini jajaran menteri yang hadir dan disapa dalam acara deklarasi kemenangan Prabowo-Gibran:

  1. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto
  2. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita
  3. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan
  4. Menteri BUMN Erick Thohir
  5. Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo
  6. Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia
  7. Menteri Komunikasi dan Informasi Budi Arie Setiadi

Dalam pidato tersebut, Prabowo mengatakan bahwa kemenangan ini merupakan kemenangan untuk seluruh rakyat Indonesia.

"Prabowo-Gibran dan seluruh Koalisi Indonesia Maju, kami akan merangkul semua unsur dan semua kekuatan," kata Prabowo Subianto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gibran di Pidato Kemenangan: 3 Bulan Lalu Saya Bukan Siapa-Siapa, Dikatain Plonga-plongo hingga Samsul

Capres dan Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka saat pidato dan deklarasi kemenangan hasil sementara quick count Pemilu 2024 di Istora Senayan, Rabu (14/2/2024).
Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka saat memberikan pidato dan deklarasi kemenangan hasil sementara quick count Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 di Istora Senayan, Rabu (14/2/2024). (Tangkapan Layar YouTube Liputan6)

Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dirinya dan calon presiden (Capres) Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal ini disampaikan Gibran dalam pidatonya di acara deklarasi kemenangan paslon nomor urut 02 Prabowo-Gibran yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (14/2/2024) malam.

Dalam pidatonya, Gibran mengakui bahwa dirinya tiga bulan lalu bukanlah siapa-siapa. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini mengaku kerap diremehkan dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Tiga bulan lalu saya bukan siapa-sipa. Saya masih dikatain plonga-plongo, dikatain Samsul, dikatain takut debat, tapi yang jelas ini berkat dukungan doa bapak ibu semua, saya dan Pak prabowo saya sekarang sudah ada di sini," ujar Gibran dalam pidatonya.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Prabowo karena telah memberi kepercayaan kepada dirinya untuk menjadi pendamping di Pilpres 2024.

"Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pak Prabowo yang sudah memberikan ruang untuk anak-anak muda seperti saya. Memberikan ruang bagi kami menjadi bagian dalam perjalanan menuju Indonesia emas," ucap Gibran.

 


Meminta Maaf

Momen Pidato Kemenangan Hasil Hitung Cepat Pasangan Prabowo-Gibran di Istora Senayan Jakarta
Dalam pidatonya Prabowo Subianto dan Rakabuming Raka bersyukur atas hasil hitung cepat (quick count) pemilu 2024. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dalam kesempatan ini, Gibran juga memohon maaf kepada para pendukungnya karena tidak bisa menghadiri semua kegiatan yang digelar. Namun dia kembali menyampaikan terima kasih atas dedikasi para pendukungnya memenangkan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

"Terima kasih sekali untuk bapak ibu semua yang sudah berkeringat, mungkin sudah berdarah-darah, yang sudah menghabiskan waktunya untuk konsolidasi, kampanye," kata Gibran.


Perputaran Ekonomi di Atas Rp 1 Triliun saat Pemilu 2024

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno mewakili Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menghadiri makan siang bersama para delegasi KTT AIS Forum 2023. (Dok KTT AIS)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno mewakili Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menghadiri makan siang bersama para delegasi KTT AIS Forum 2023. (Dok KTT AIS)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno prediksi perputaran ekonomi masyarakat selama Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dapat menyentuh lebih dari Rp 1 triliun.

"Jauh, jauh di atas Rp 1 triliun,” tutur Sandiaga Uno, seperti dikutip dari Antara, Rabu (14/2/2024).

Akan tetapi, Sandiaga mengatakan, angka pasti perputaran ekonomi belum dapat diketahui. Kajian lengkap mengenai hal itu akan disampaikan setelah Pemilu selesai.

Sandiaga juga berharap pergerakan wisatawan domestik mampu menyumbangkan capaian signifikan selama Pemilu 2024.

Sandiaga prediksi, Pemilu 2024 mampu menopang pergerakan wisatawan domestik sebesar 30-35 persen. "Jadi kuartal pertama 2024 ini mungkin kita bisa menyasar 30-35 persen dari total pergerakan wisatawan Nusantara," tutur dia.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi dan anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Selanjutnya Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Kemudian terdapat enam partai politik lokal sebagai peserta yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. nomor urut 3.

Sebagaimana Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari hingga 20 Maret 2024.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya