Hermanto Tanoko jadi Orang Terkaya ke-2 Indonesia Salip Hartono Bersaudara, Ini Sumber Kekayaannya

Nama Hermanto Tanoko mencuri perhatian. Pengusaha asal Surabaya tersebut tercatat sebagai orang terkaya di Indonesia nomor 2 versi Forbes. Hermanto Tanoko sukses melompati Hartono bersaudara dan Low Tuck Kwong.

oleh Septian Deny diperbarui 17 Jul 2024, 10:45 WIB
Diterbitkan 17 Jul 2024, 10:45 WIB
Pengusaha Hermanto Tanoko pada acara CEO Networking 2022, Kamis (24/11/2022). (Foto: tangkapan layar/Pipit I.R)
Pengusaha Hermanto Tanoko pada acara CEO Networking 2022, Kamis (24/11/2022). Nama Hermanto Tanoko mencuri perhatian. Pengusaha asal Surabaya tersebut tercatat sebagai orang terkaya di Indonesia nomor 2 versi Forbes. Hermanto Tanoko sukses melompati Hartono bersaudara dan Low Tuck Kwong. (Foto: tangkapan layar/Pipit I.R)

Liputan6.com, Jakarta Nama Hermanto Tanoko mencuri perhatian. Pengusaha asal Surabaya tersebut tercatat sebagai orang terkaya di Indonesia nomor 2 versi Forbes. Hermanto Tanoko sukses melompati Hartono bersaudara dan Low Tuck Kwong.

Menurut catataan Forbes, harta kekayaan Hermanto Tanoko saat ini mencapai USD 34,4 miliar atau setara Rp 555 triliun (kurs 16.135 per USD). Dengan kekayaan tersebut, Hermanto Tanoko juga berada di posisi 51 orang terkaya di dunia.

Hermanto Tanoko dan saudaranya Wijono merupakan pengendali Avia Avian, perusahaan cat terbesar kedua di Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1978 oleh ayah mereka Soetikno Tanoko.

Perusahaan tersebut go public pada tahun 2021 dan Hermanto menjabat sebagai Presiden Komisaris.

Hermanto Tanoko juga telah membangun kerajaan bisnisnya sendiri melalui Tancorp yang bergerak di bidang manufaktur, ritel, logistik, dan properti. Produsen Bata Ringan Superior Prima Sukses, tempat ia memiliki saham, go public pada Juli 2024 dalam kesepakatan yang nilainya mencapai USD 100 juta.

Tips Sukses ala Hermanto Tanoko

Dikutip dari Merdeka.com, Hermanto Tanoko memberikan banyak pelajaran berharga bagi generasi muda yang ingin sukses dalam berbisnis. Begini tips sukses ala Hermanto Tanoko:

Privilege Bukan Alasan untuk Tidak Memulai Bisnis

Hermanto menekankan bahwa menggunakan alasan tidak memiliki privilege untuk tidak memulai bisnis adalah suatu bentuk pembenaran diri. Banyak pengusaha sukses, termasuk dirinya, memulai dari nol.

Teknologi dan dunia digital saat ini membuka peluang yang lebih luas bagi generasi milenial dan Gen Z untuk memulai bisnis tanpa modal besar.

Jadi, menurut Hermanto, yang penting adalah kemauan untuk berusaha dan memanfaatkan peluang yang ada.

Passion dalam Berbisnis

Menurut Hermanto, passion memang penting dalam berbisnis karena membuat perjalanan bisnis lebih menyenangkan dan mengurangi rasa lelah. Namun, dia juga mengakui bahwa bisnis yang sukses tidak selalu dimulai dari passion.

Ada banyak pengusaha yang sukses meskipun mereka tidak memiliki passion di bidang tersebut. Yang penting adalah komitmen untuk bekerja keras dan terus belajar serta beradaptasi.

Menjaga Reputasi dan Kepercayaan

Hermanto mengatakan bahwa salah satu kunci kesuksesan bisnis adalah menjaga reputasi dan kepercayaan. Ini berarti selalu memenuhi komitmen kepada pelanggan dan rekan bisnis.

Reputasi yang baik akan membuka lebih banyak peluang di masa depan dan membantu bisnis tumbuh lebih cepat, terutama di masa krisis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Diferensiasi Produk

Harpelnas 2022, BNI Komitmen Tingkatkan Layanan Global dan Digital
(Ki-ka) Direktur Human Capital & Compliance BNI Mucharom (Tengah Kiri), dan Founders & CEO Tan Corp, Hermanto Tanoko (Tengah Kanan) bersama pejabat wilayah BNI dalam Mini Gathering Hari Pelanggan Nasional BNI 2022 di Surabaya, Jumat (2/9/2022). (Liputan6.com/Pool/Adv/BNI)

Hermanto menekankan pentingnya memiliki diferensiasi produk yang memberikan nilai tambah bagi pelanggan. Produk yang memiliki keunggulan unik dan sulit ditiru oleh kompetitor akan membantu bisnis untuk tetap kompetitif dan menarik bagi pelanggan.

Mengambil Keputusan Berbasis Nilai

Dalam mengambil keputusan bisnis, Hermanto selalu mempertimbangkan nilai-nilai inti seperti integritas dan kepentingan pelanggan. Dia percaya bahwa keputusan yang didasarkan pada integritas akan membawa kesuksesan jangka panjang dan membangun bisnis yang kuat dan terpercaya.

Memanfaatkan Krisis sebagai Peluang

Hermanto melihat krisis sebagai peluang untuk tumbuh lebih cepat. Dalam situasi krisis, banyak kompetitor mungkin mengalami masalah internal, memberikan kesempatan bagi perusahaan yang solid untuk meningkatkan pangsa pasar dan memperluas produk atau layanan.

 

 


Pentingnya Manajemen yang Baik

Crazy Rich Hermanto Tanoko Beri Kado Pernikahan Apartemen ke Maudy Ayunda, Ini 5 Potretnya
Crazy Rich Surabaya Hermanto Tanoko dan istri beri kado mewah. (Sumber: Instagram/htanoko)

Menurut Hermanto, manajemen yang baik adalah kunci untuk menjalankan perusahaan besar dengan ribuan karyawan. Ini termasuk memastikan adanya pemimpin yang kompeten dan berintegritas di setiap unit bisnis.

Dia menekankan pentingnya sistem yang terukur dan pengawasan yang ketat untuk memastikan setiap divisi berjalan sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

Seseorang dengan integritas tinggi dan karakter yang baik akan lebih mudah dipercayakan tanggung jawab besar dan akan membawa dampak positif jangka panjang bagi perusahaan.

Pengaruh Pasangan Hidup dalam Kesuksesan

Hermanto juga menyoroti pentingnya dukungan dari pasangan hidup dalam perjalanan bisnis. Pasangan yang mendukung dapat memberikan kekuatan tambahan dalam menghadapi tantangan dan membantu menjaga keseimbangan emosional.

Impian sebagai Motivasi Utama

Akhirnya, Hermanto menekankan pentingnya memiliki impian yang jelas dan terus mengejar impian tersebut dengan tekad dan semangat yang kuat.

Impian yang kuat akan memberikan motivasi untuk terus berusaha dan tidak mudah menyerah meskipun menghadapi berbagai rintangan.

 

 

Infografis Orang Terkaya di Indonesia
Infografis Orang Terkaya di Indonesia (liputan6.com/desi)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya