Rute KA Blambangan Ekspres Diperpanjang Jadi Pasar Senen- Ketapang PP

Semula rute dari kereta api KA Blambangan Ekspres adalah Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng- Stasiun Ketapang PP.

oleh Tim Bisnis diperbarui 26 Jul 2024, 13:30 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2024, 13:30 WIB
Para penumpang bersiap naik ke dalam kereta api di Stasiun Ketapang Banyuwangi (Istimewa)
Para penumpang bersiap naik ke dalam kereta api di Stasiun Ketapang Banyuwangi (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI memperpanjang relasi Kereta api Blambangan Ekspres (KA Blambangan Ekspres). Semula rute dari kereta api ini adalah Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng- Stasiun Ketapang pp, saat ini diperpanjang menjadi Stasiun Pasarsenen- Stasiun Ketapang pp.

Perpanjangan relasi KA Blambangan Ekspres dimulai keberangkatan pada hari ini 26 Juli 2024 untuk relasi Ketapang- Pasarsenen dan mulai keberangkatan 27 Juli 2024 untuk relasi Pasarsenen-Ketapang.

VP Public Relations PT KAI Anne Purba mengatakan, perpanjangan relasi KA Blambangan Ekspres ini menjadi bagian dari peningkatan pelayanan KAI kepada pelanggan. Sehingga masyarakat Jakarta yang ingin bepergian ke Banyuwangi ataupun sebaliknya menjadi semakin mudah.

Anne menyebut KA (185A) Blambangan Ekspres berangkat dari Stasiun Ketapang pukul 14.50 WIB dan tiba di Stasiun Pasarsenen pukul 07.15 WIB.

"Sementara untuk KA (186A) Blambangan Ekspres berangkat dari Stasiun Pasarsenen pukul 12.15 WIB dan tiba di Stasiun Ketapang pukul 04.55 WIB," kata Anne dalam keterangannya, Jumat (26/7).

Dia menambahkan KA ini juga lebih nyaman karena menggunakan rangkaian eksekutif dan ekonomi new generation versi modifikasi. Upgrade kereta kelas ekonomi tersebut menggantikan jenis kursi tegak berhadapan 80 tempat duduk menjadi kereta ekonomi new generation versi modifikasi dengan 72 tempat duduk, sehingga leg room-nya menjadi lebih luas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Captain Seat

Penumpang Kereta Api antre masuk ke dalam kereta di Stasiun Ketapang Banyuwangi (Istimewa)
Penumpang Kereta Api antre masuk ke dalam kereta di Stasiun Ketapang Banyuwangi (Istimewa)

Tak hanya itu, jenis kursinya juga sudah menggunakan tipe captain seat yang membuat pelanggan semakin nyaman saat bersandar dan bisa diatur kemiringannya (reclining) serta bisa disesuaikan searah laju KA ataupun berhadapan (revolving).

“Peningkatan pelayanan pada KA kelas ekonomi ini adalah sebagai wujud komitmen KAI dalam mendengarkan kebutuhan dan masukan dari para pelanggan, untuk dapat terus meningkatkan pelayanan dan customer experience. Sehingga tetap relevan dengan perkembangan zaman,” jelas Anne.

Interior kereta juga dimodif mirip dengan kereta eksekutif seperti bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah. Selain itu, modifikasi juga dilakukan pada toilet dengan nuansa yang lebih mewah dan menggunakan toilet duduk. Tersedia juga tempat ibadah di kereta restorasi.

”Dengan adanya perpanjangan relasi KA Blambangan Ekspres ini diharapkan mampu meningkatkan animo masyarakat untuk menggunakan kereta api terutama di jalur yang dilewati yaitu antara Jakarta hingga Banyuwangi,” tutup Anne.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya