Kejaksaan Agung Buka 9.694 Formasi CPNS 2024, Lulusan SMA dan D3 Bisa Daftar!

Kejaksaan Agung Republik Indonesia (RI) membuka 9.694 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2024 bagi lulusan SMA, D3, dan S1 untuk menjaring talenta terbaik.

oleh Septian Deny diperbarui 01 Sep 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2024, 12:00 WIB
800 Peserta Ikuti Tes SKD CPNS
Kejaksaan Agung Republik Indonesia (RI) membuka 9.694 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2024 bagi lulusan SMA, D3, dan S1 untuk menjaring talenta terbaik. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Kejaksaan Agung Republik Indonesia (RI) membuka 9.694 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2024 bagi lulusan SMA, D3, dan S1 untuk menjaring talenta terbaik. Lewat seleksi CPNS 2024, para generasi muda diajak bergabung untuk mengakselerasi reformasi birokrasi dan pelayanan di lingkungan Kejaksaan.

Sejumlah peserta yang lolos seleksi CPNS Kejaksaan Tahun 2023 menyampaikan ajakannya kepada generasi muda lain untuk berpartisipasi memperkuat penegakan hukum. Anak muda dengan talenta terbaik dipercaya mampu menjadi bagian penting dalam sistem hukum di Indonesia. Data Badan Pusat Statistik mencatat, sampai Februari 2024 terdapat 56,79 juta angkatan kerja berusia antara 15-34 tahun.

Formasi Penelaah Penuntutan dan Penegakan Hukum Kejaksaan Negeri Fakfak Yuliana D. Kambu mengaku bersyukur karena dapat bergabung menjadi bagian dari Kejaksaan RI.

“Terima kasih karena diberi kemudahan dalam proses rekrutmen yang sangat informatif dan layanan helpdesk yang selalu siap membantu. Saya siap berdedikasi bagi penegakan hukum yang berintegritas di Indonesia. Mari bergabung menjadi keluarga besar Kejaksaan,” ujar Yuliana seperti dikutip dari akun instagram resmi @biropegkejaksaan, Minggu (1/9/2024).

Hal senada disampaikan peserta lainnya, Risa Hesti Hapsari Formasi Pengelola Penanganan Perkara Kejaksaan Negeri Sorong. Ia pun turut berbangga menjadi bagian dari lembaga yang memiliki reputasi tinggi dalam penegakan hukum.

“Terima kasih sebesar-besarnya kepada Kejaksaan Republik Indonesia atas kepercayaan yang telah diberikan kepada saya dan kemudahan dalam proses rekrutmen. Yuk teman-teman bergabung bersama kami menjadi salah satu insan Adhyaksa yang menjunjung tinggi nilai integritas,” katanya dalam video tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Talenta Muda

Ragam Ekspresi Para Peserta Tes CPNS
Ekspresi peserta saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk CPNS Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Kantor BKN Regional V, Jakarta, Senin (27/1/2020). Seleksi berlangsung 27-31 Januari 2020. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Sebelumnya, dalam pidato saat pengumuman rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara Tahun Anggaran 2024, Presiden Joko Widodo menegaskan talenta muda terampil dibutuhkan di pemerintahan dalam menghadapi disrupsi teknologi yang sangat pesat.

Pemerintah membutuhkan para pembelajar muda terampil dari berbagai disiplin ilmu untuk mendukung pelayanan publik berbasis digital, efisiensi birokrasi, dan mendorong peningkatan kinerja, serta akuntabilitas pemerintah.

Kepala Biro Kepegawaian Kejaksaan Agung Sri Kuncoro SH, M.Si menjelaskan, pendaftaran seleksi CPNS Kejaksaan tahun ini dibuka dari 20 Agustus – 6 September 2024. Sebanyak 9.694 formasi tersedia untuk lulusan SMA, D3, hingga S1 dengan informasi syarat dan kualifikasi pendidikan yang telah diumumkan dalam berbagai kanal resmi Kejaksaan.

“Sejalan dengan komitmen untuk mewujudkan reformasi birokrasi serta penataan kelembagaan yang efektif di lingkungan Kejaksaan, melalui seleksi CPNS tahun ini kami mengundang para generasi muda untuk bergabung menjadi bagian dari Insan Adhyaksa dan membawa perubahan yang mampu menjadikan hukum sebagai panglima di negeri kita tercinta,” kata Sri Kuncoro.

Seluruh informasi terkait seleksi dapat diakses para calon peserta secara online melalui laman sscasn.bkn.go.id atau mengunjungi biropeg.kejaksaan.go.id.


Buka sscasn.bkn.go.id 2024, Bisa Cek Besaran Gaji PNS hingga Job Desk Sebelum Daftar CPNS

Kurangi Mobilitas, Kemendagri Bagi Lokasi SKB CPNS Sesuai Domisili Peserta
Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2021.

Sebelumnya, pemerintah secara resmi mengumumkan pembukaan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2024. Pendaftaran CPNS 2024 ini bisa diakses melalui link nantinya bisa dilakukan melalui link sscasn.bkn.go.id.

Proses pendaftaran akan dilakukan melalui portal SSCASN BKN mulai tanggal 20 Agustus 2024 Pukul 17.08.45 WIB sampai dengan 06 September 2024.

Adapun informasi ketersediaan formasi dan keterangan jabatan yang dibuka, termasuk detail job-desk, serta kisaran penghasilan akan tersedia di portal SSCASN pada kolom Menu Pencarian Informasi.

Untuk daftar lowongan kuota formasi per-instansi pemerintah (Kementerian/Lembaga/Daerah) akan diumumkan oleh masing-masing instansi secara bertahap dan dapat dicek pada menu pencarian informasi secara berkala.

"Jadi selain mengecek lowongan formasi melalui kanal penerimaan CPNS Tahun 2024 di masing-masing instansi, pelamar juga dapat melihat keterangan formasi jabatan yang akan dilamar pada menu pencarian informasi tentang detail formasi di portal SSCASN BKN," dikutip dari keterangan tertulis BKN, Senin (19/8/2024).

Pemerintah melalui Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) menyediakan formasi CPNS Tahun 2024 sebanyak 250.407 bagi 69 Instansi pusat dan 478 instansi daerah.

Terkait proses pelaksanaan seleksi CPNS tahun ini sendiri, Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Purtanto menyebutkan secara keseluruhan proses rekrutmen CPNS akan melibatkan sejumlah instansi yang tergabung di Panselnas, mulai dari aspek kesiapan dukungan infrastruktur seperti akses penyediaan jaringan komunikasi data penyelenggaraan dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Teknologi (BAKTI) Kominfo, monitoring keamanan teknologi informasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), monitoring teknologi infrastruktur dengan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), serta penyediaan elektronik materai bersama dengan Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI).

 

 


Syarat Daftar CPNS

Tes SKD CPNS 2021
Peserta Tes SKD CPNS 2021 Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi di Secaba Rindam III Siliwangi, Bandung, Jawa Barat pada Kamis, 30 September 2021.

Mengingat salah satu syarat yang dapat mendaftar menjadi CPNS adalah Warga Negara Indonesia, maka BKN melakukan interoperabilitas data calon pelamar dengan data kependudukan yang dikelola Dukcapil Kemendagri selaku instansi yang bertanggung jawab atas data kependudukan. Tujuannya agar data pelamar melalui portal SSCASN dapat terverifikasi secara sistem sesuai data kependudukan yang tercatat di Dukcapil Kemendagri.

Sebelum memulai pendaftaran, para pelamar CPNS 2024 diminta untuk membaca detail pesyaratan dan kualifikasi jabatan sesuai pengumuman lowongan formasi yang disampaikan instansi di kanal informasinya. Pelamar juga diharapkan membaca Buku Petunjuk Pendaftaran di Portal SSCASN sebelum mulai membuat akun dan mendaftar.

Terakhir, setelah melakukan pendaftaran hingga submit seluruh dokumen yang sesuai dengan persyaratan administrasi instansi, pelamar diimbau agar segera mengakhiri pendaftaran tanpa perlu menunggu periode pendaftaran berakhir untuk menghindari jika terjadi kendala menjelang tanggal penutupan pendaftaran.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya