Demam Bola Bikin Pegawai Siap Bolos Kerja

Perbedaan waktu dengan Brasil sebagai tuan membuat jadwal pertandingan sepakbola di kawasan Asia berlangsung mulai tengah malam.

oleh Siska Amelie F Deil diperbarui 12 Jun 2014, 11:53 WIB
Diterbitkan 12 Jun 2014, 11:53 WIB
Bola Piala Dunia 2014
Bola Piala Dunia 2014 (fifa.com)

Liputan6.com, Beijing- Perbedaan waktu dengan Brasil sebagai tuan rumah Piala Dunia 2014 membuat jadwal pertandingan sepakbola di kawasan Asia berlangsung mulai tengah malam hingga pukul enam pagi. Kondisi tersebut mendorong para pegawai di China berniat bolos dari pekerjaannya demi menonton tim jagoannya berlaga di ajang olahraga bergengsi tersebut.

Mengutip laman CNBC, Kamis (12/6/2014), demam bola memang diprediksi akan menyerang sebagian besar pegawai dan para pelaku bisnis di Asia. Namun dengan jadwal pertandingan yang berlangsung dini hari, para pegawai diprediksi akan mengalami hari-hari kerja yang sulit.

Sejauh ini, sejumlah perusahaan China telah bersiap menghadapinya. Beberapa hari menjelang pertandingan pertama Piala Dunia, situs perdagangan elektronik (e-commerce) Taobao mulai menjual surat palsu keterangan dokter dengan harga di atas US$ 50 atau Rp 590 ribu (kurs: Rp 11.816 per dolar AS).

Surat keterangan tersebut berisi keterangan medis pribadi, diagnosa dan jangka waktu sakit pegawai. Uniknya, beberapa surat keterangan palsu tersebut bahkan disertai cap dari rumah sakit untuk menunjukkan keasliannya.

Sementara bagi para profesional yang tidak ingin bolos, mengatur waktu tidur merupakan suatu keharusan. Beberapa di antara pegawai bahkan telah menyusun agenda kerja dan jadwal menonton bola selama Piala Dunia berlangsung.

"Saya akan tidur selama empat jam setelah tiba di rumah, lalu bangun tengah malam untuk menonton bola, lalu tidur lagi empat jam (jika tidak ada pertandingan pukul 3 pagi) lalu menonton pertandingan pukul 6. Selama saya tidur delapan jam, sepakbola tak akan mempengaruhi kinerja saya," ungkap seorang bankir di Singapura, Russell Curtis.

Sebuah survei yang digelar eFinancialCareers di Singapura, Hong Kong dan China bahkan menunjukkan 26 persen responden berniat bekerja seharian dan menonton bola semalam suntuk. (Sis/Nurseffi Dwi Wahyuni)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya