Hobi Jual Pemain, Porto Reguk Untung Rp 8,8 Triliun

Porto menjadi satu-satunya tim yang mampu menjual lebih dari 5 pemainnya seharga 30 juta euro ke atas.

oleh Windi Wicaksono diperbarui 02 Jul 2015, 12:32 WIB
Diterbitkan 02 Jul 2015, 12:32 WIB
Jackson Martinez
Jackson Martinez (EPA/FERNANDO VELUDO)

Liputan6.com, Porto - Porto boleh jadi merupakan salah satu klub yang paling banyak mereguk untung dari penjualan pemainnya. Memboyong pemain dengan harga yang tergolong murah, klub raksasa Portugal itu kemudian melegonya dengan nilai yang lebih mahal.

Menurut Infostradalive, sejak 2004, Porto telah mendapatkan dana sebesar 600 juta euro atau sekitar Rp 8,8 triliun dari hasil penjualan pemain. Dana itu termasuk hasil penjualan Jackson Martinez dari Porto ke Atletico Madrid kemarin.

Seperti diketahui, Jackson Martinez dilepas Porto ke Atletico dengan banderol 35 juta euro. Harga jual tinggi Jackson Martinez juga membuat Porto mencatatkan rekor hebat lainnya dalam hal melepas pemainnya.

Faktanya, Jackson Martinez menjadi pemain kesembilan yang dilepas Porto dengan banderol di atas 30 juta euro. Tercatat, selain Porto, tidak ada tim lain yang bisa menjual lebih dari lima pemainnya dengan harga di atas 30 juta euro.

Porto juga kehilangan Danilo, yang mulai bergabung dengan Real Madrid pada musim panas tahun ini dengan banderol 31,5 juta euro. Porto sendiri memang dikenal sebagai klub yang sukses membeli pemain-pemain bertalenta dan mencetak mereka menjadi pemain berkualitas.

Beberapa pemain bintang yang pernah menimba pengalaman bersama Porto adalah, Radamel Falcao, James Rodriguez, Hulk, dan Joao Moutinho. Selain itu, Porto juga pernah disebut pelatih sekaliber Jose Mourinho dan Andre Villas-Boas. (Win/Ary)

Baca Juga:

Manchester United Jago Datangkan Bintang di Masa Injury Time

Pemain Andalan MU Lanjutkan Karier di Turki?

Rekaman Percakapan Pengaturan Skor Timnas U-23 Cuma Rekayasa?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya