Merpati Bali Ramaikan WIBL 2015-2016

Merpati menggantikan Tomang Sakti.

oleh Thomas diperbarui 04 Okt 2015, 02:04 WIB
Diterbitkan 04 Okt 2015, 02:04 WIB
Merpati Bali Berlaga di WIBL
Merpati Bali Berlaga di WIBL

Liputan6.com, Jakarta- Tak mau kalah dengan sepak bola, Bali kini juga akan memiliki wakil di kompetisi bola basket tertinggi di Indonesia. PB Merpati dipastikan ikut berlaga di Women’s Indonesian Basketball League (WIBL) musim 2015 – 2016.

Merpati Bali menggantikan Tomang Sakti Mighty Bees Jakarta, yang pernah merasakan dua gelar juara dibagian putri (musim kompetisi WNBL 2013 dan 2014). Pada hari Sabtu (3/10/2015) telah dilakukan penandatanganan MOU “take over” Tomang Sakti Mighty Bees Jakarta.

Untuk musim pertama, klub yang bermarkas dikawasan Ubung Kaja, Denpasar Bali tersebut, akan menggunakan nama Tomang Sakti Merpati Bali, sesuai dengan aturan kontrak yang berlaku di tahun pertama, dimana dijelaskan rumusan penyebutan nama klub awal tetap menjadi hak Tomang Sakti.

Baru di musim kedua Merpati Bali secara resmi bisa menggunakan nama klub mereka secara utuh. Ada dua alasan Merpati Bali mengambil alih Tomang Sakti.

Pertama, Merpati Bali  ingin memajukan perkembangan bola basket Provinsi Bali, khususnya di sektor putri dan ingin berlaga di kompetisi WIBL musim 2015/2016, selain tentunya kesamaan visi dan misi yang sama diantara kedua belah pihak.

Kedua, Hasan Gozali tidak mau terjadi konflik kepentingan jika masih menjadi memiliki Tomang Sakti. Pasalnya Hasan kini  menjabat sebagai Komisioner Liga.

“Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepedulian Merpati Bali yang berkomitmen memajukan bola basket didaaerahnya khususnya tim basket putri mereka. Ini merupakan komitmen saya untuk mencegah konflik kepentingan selaku  Komisioner IBL & WIBL. Pertimbangan lainnya adalah visi kami yang selaras,” ujar Hasan Gozali dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

Dengan diambil alih oleh Merpati Bali, staf pelatih dan 7 pemain Tomang Sakti juga ikut pindah ke Pulau Dewata. 7 Pemain Tomang Sakti ini akan digabung dengan 4 pemain klub Merpati.

“Bali harus mendukung adanya liga ini. Karena kami berharap nantinya pembinaan bola basket di Bali khususnya putri akan terus berkesinambungan. Karena biasanya setelah tamat SMA mereka sudah tidak akfif bermain lagi. Misi kami yang juga tidak kalah penting lainnya adalah memberikan wadah bagi pemain putri Bali yang ingin terjun ke profesional dan diharapkan dari masing-masing kabupaten yang ada didaerah kami akan berlomba-lomba membina pemainnya khususnya disektor putri,” kata Deddy Setiawan selaku binpres di PB Merpati Bali. (Tho/Ary)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya