Gebuk Bulgaria, Belanda Jaga Asa ke Piala Dunia

Belanda jaga harapan ke Piala Dunia meski harus bersaing dengan Swedia dan Prancis.

oleh Defri Saefullah diperbarui 04 Sep 2017, 01:13 WIB
Diterbitkan 04 Sep 2017, 01:13 WIB
Arjen Robben
Arjen Robben sumbang gol saat Belanda hajar Bulgaria (JOHN THYS / AFP)

Liputan6.com, Amsterdam - Belanda masih menjaga asa untuk lolos ke Piala Dunia 2018 usai kalahkan Bulgaria 3-1 di Amsterdam Arena, Senin (4/9/2017). Dua gol dari Davy Proper dan satu dari Arjen Robben cukup menjaga harapan Belanda ke Piala Dunia.

Kemenangan ini membuat Belanda berada di posisi 3 klasemen grup A pada kualifikasi Piala Dunia zona Eropa dengan 13 poin. Belanda masih tertinggal 3 poin dari Swedia dan 6 poin dari pimpinan klasemen, Prancis.

Belanda habis-habisan menghadapi Bulgaria. Kalah atau imbang sama saja mencoret peluang "De Oranje" dari kancah Piala Dunia 2018.

Belanda langsung tancap gas usai cetak gol lewat Davy Proper di menit ke-7. Dia manfaatkan umpan tarik Daley Blind sehingga membuat Belanda unggul 1-0.

Setelah dibombardir Belanda, Bulgaria buka peluang lewat Georgi Kostadinov. Namun sundulannya manfaatkan umpan Strahil Popov membentur mistar gawang di menit ke-17.

Belanda sendiri terus membuka peluang. Vincent Jansen punya ruang untuk menembak dari jarak jauh tapi tendangan striker Tottenham itu masih melebar di menit ke-36.

Hingga babak pertama duel Belanda vs Bulgaria masih bertahan 1-0.



* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Babak Kedua

Arjen Robben
Arjen Robben rayakan gol dengan rekannya di timnas Belanda (JOHN THYS / AFP)

Belanda mencoba mainkan tempo di babak kedua. Serangan dibangun dari sayap kiri yang diisi Daley Blind.

Pada menit ke-56, Janssen harusnya bisa menambah gol buat Belanda. Namun tembakannya terlalu lemah dan melebar dari gawang.

Belanda benar-benar menambah gol di menit ke-67. Arjen Robben membuat skor menjadi 2-0 usai memanfaatkan umpan terukur dari Blind.

Tapi Belanda dibuat tegang karena Bulgaria membuat gol cepat di menit ke-69. Berawal dari tendangan bebas yang dieksekusi Popov, bola disambar Kostadinov sehingga membuat skor menjadi 2-1.

Ketegangan Belanda mencair karena bisa mencetak gol ketiga lewat Propper. Striker Brighton Hove Albion ini membuat Belanda unggul 3-1 setelah manfaatkan umpan Promes di menit ke-80.

Belanda makin tenang setelah mencetak gol ketiga. Bahkan Janssen nyaris mencetak gol keempat tapi tembakannya jauh melambung di atas gawang pada menit ke-84.



Susunan Pemain:

Belanda, Bulgaria, Kualifikasi Piala Dunia 2018
Pemain Bulgaria, Georgi Kostadinov (kiri) gagal menahan laju pemain pemain Belanda, Davy Propper pada laga grup A kualifikasi Piala Dunia 2018 di Amsterdam, (3/9/2017). Belanda menang 3-1. (AFP/John Thys)



Belanda (4-3-3): Cillessen; Tete, De Vrij, Hoedt, Blind; Wijnaldum, Propper, Vilhena; Robben, Janssen, Promes/Van Ginkel (86)



Bulgaria (4-5-1): Iliev; Strahil Popov, Bozhikov, Terziev, Zanev; Zehirov/Milanov (46), Chochev, Kostadinov, Tsvetkov/Slavchev (25), Manolev/Galabinov (61); Ivelin Popov

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya