5 Top Scorer Sepanjang Masa La Liga

La Liga selalu menyajikan pertarungan sengit dan menarik

oleh Liputan6.com diperbarui 19 Des 2017, 20:00 WIB
Diterbitkan 19 Des 2017, 20:00 WIB
Barcelona, Deportivo La Coruna, La Liga Santander
Pemain FC Barcelona, Paulinho (kiri) berusaha melewati adangan pemain Deportivo Coruna, Fabian Schar pada lanjutan La Liga Santander di Camp Nou stadium, Barcelona, (17/12/2017). Barcelona menang 4-0. (AP/Manu Fernandez)

Liputan6.com, Jakarta La Liga memang selalu menyajikan pertarungan sengit dan juga menarik untuk disaksikan. Sudah sejak zaman Alfredo Stefano berkuasa hingga kini duopoli Cristiano Ronaldo-Lionel Messi, kompetisi ini selalu melahirkan sejumlah rekor.

Di Stefano sendiri membuat era baru di sepak bola Spanyol. Legenda Real madrid itu mengukir banyak sejarah sejak datang era 50-an ke Madrid.

Sang legenda berjasa membuat Madrid merengkuh lima trofi Piala Champions dalam kurun waktu 1955/56 hingga 1959/60. Selama berkarier di Real Madrid dari 1953-1964, Di Stefano mencetak 216 gol di Liga Spanyol dari 282 kali penampilan. Tambahan 11 gol ia torehkan saat gabung Espanyol dari 1964/65 hingga 1965/66.

Namun demikian, dia hanya ada di urutan keenam daftar top skorer sepanjang masa La Liga. Siapa sajakah yang ada di posisi lima besar? Berikut kami sajikan daftarnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


5. Raul Gonzales

Sriker legendaris Real Madrid, Raul Gonzales (kanan), di tengah laga final Piala Toyota 1998. (Real Madrid).

Madrid lagi-lagi memunculkan bakat hebatnya, kali ini dalam diri Raul Gonzales. Pemain yang notabene lulusan akademi Atletico Madrid itu merangkai sukses di sana.

Selama 19 musim di Madrid, Raul mempersembahkan total 9 trofi bergengsi dengan rincian enam La Liga, dan tiga Liga Champions. Selama tampil di La Liga, Raul sukses mencetak 228 gol.

Catatan tersebut jelas sangat istimewa. Publik tentu masih ingat kala dia berduet dengan Morientes yang mengerikan pada era awal 2000-an.


4. Hugo Sanchez

Hugo Sanchez (opinioncenter)

Hugo Sanchez juga mengukir sukses bersama Real Madrid. Dia sempat menjadi striker yang sangat ditakuti kala membela Madrid sejak 1984 sampai 1992.

Sosok asal Meksiko itu juga merupakan sosok yang krusial. Sebab, dia seperti Raul yang pernah membela Atletico sebelum pindah ke rival sekota.

Bersama El Real dan Atletico, Sanchez total mencetak 234 gol. Rinciannya, 54 gol dicetak saat berkostum Atletico, sementara 164 gol dicetaknya buat Real Madrid. Dia juga pernah lima kali sabet gelar Top Skorer La Liga, dari musim 1985 hingga 1990.


3. Telmo Zarra

Telmo Zarra

Sebelum hadirnya duopoli Ronaldo-Messi, nama Telmo Zarra sangat melegenda di Spanyol. Sekarang juga sama, tapi rekor top skorer La Liga selama 60 tahun yang dia ciptaka akhirnya pecah.

Bukan, kali ini bukan dari Madrid. Zarra tampil istimewa saat membela Atletic Bilbao sejak bergabung pada 1940 hingga 1995.

Zarra tercatat sukses mencetak 251 gol dalam 277 pertandingan saja untuk Bilbao. Catatan yang istimewa sebelum masuknya Ronaldo dan Messi.


2. Cristiano Ronaldo

Striker Real Madrid, Cristiano Ronaldo, (AP/Hassan Ammar)

Ronaldo bak berasal dari sebuah robot. Sejak datang dari Manchester United, pemain asal Portugal tersebut tak henti-hentinya mencetak gol demi gol untuk El Real.

Sekarang, Ronaldo memang tengah seret gol. Tapi, faktanya dia merupakan top skorer kedua sepanjang masa di La lIga.

CR7 sukses mengemas 289 gol dalam hanya 276 pertandingan. Itu artinya dia rasio mencetak golnya mencapai 1,05 kali per laga.


1. Lionel Messi

Lionel Messi.  (AFP Photo/Lluis Gene)

Messi sudah mulai mencuri perhatian sejak awal naik ke tim senior Barcelona pada 2004. Namanya kemudian semakin harum ketika Barcelona ditangani Pep Guardiola.

Sama seperti Ronaldo, Messi telah mengoleksi tiga gelar top scorer La Liga sepanjang kariernya. Namun dengan usia yang masih 30 tahun, bukan tidak mungkin Messi akan menambah gelar tersebut.

Sejauh ini, La Pulga sukses mencatatkan 362 gol dalam 396 pertandingan untuk Barcelona. Itu artinya dia mencetak gol per pertandigan setiap 0,91 kali. (Eka Setiawan)

 

Simak video menarik berikut ini

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya