Asian Games 2018 Harus Bebas Kebakaran Hutan

Asian Games 2018 akan digelar 18 Agustus 2018.

oleh Liputan6.com diperbarui 25 Jul 2018, 11:00 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2018, 11:00 WIB
Logo resmi Asian Games 2018
Logo Asian Games 2018 resmi diluncurkan pada peringatan Haornas ke-32.

Liputan6.com, Jakarta- Gelaran Asian Games 2018 tersisa kurang dari sebulan. Pesta olahraga terbesar se-Asia itu akan berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September mendatang. Seluruh stakeholder bekerja sama menyukseskan multievent empat tahunan tersebut.

Selain infrastruktur, rangkaian pengamanan juga disiapkan melalui peran TNI dan Polri. Tak hanya gangguan terorisme, ancaman yang perlu diwaspadai adalah kebakaran hutan. 

Salim Fakhry, anggota Komisi IV DPR RI yang mengawasi masalah kehutanan dan lingkungan hidup, meminta pemerintah sigap mencegah kebakaran hutan. Salim Fakhry berharap ada langkah konkret agar kebakaran hutan tidak kembali melanda Indonesia saat Asian Games 2018, khususnya wilayah Pulau Sumatera serta Kalimantan.

"Pemerintah harus siap menempuh langkah konkret mencegah tidak ada lagi kebakaran hutan apalagi Asian Games tinggal menghitung hari. Kita harus jaga citra Indonesia siap sebagai tuan rumah Asian Games," ujar Salim Fakhry di Gedung DPR RI Jakarta, belum lama ini.

Sementara di tempat terpisah, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, menjamin pelaksanaan Asian Games 2018 tidak akan diganggu ancaman terorisme atau kebakaran hutan. Panglima TNI menegaskan dirinya bersama Kapolri telah menyiapkan strategi sekaligus memantau langsung pencegahan kebakaran hutan.

"Saya konsentrasi dengan Kapolri menyiapkan strategi mitigasi untuk menghalau kebakaran hutan dan lahan. Mungkin sekitar tanggal 3 dan 4 Agustus saya bersama Kapolri ke Palembang untuk langkah ketat supaya Asian Games nanti tidak ada asap," tutur Panglima TNI.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tiga Wilayah

Asian Games 2018, Persiapan Countdown Asian Games 2018
Pekerja sedang merampungkan pengerjaan logo Asian Games 2018 di Bundaran HI, Jakarta, (17/8/2017), Asian Games mengambil tema Energy Of Asia dan akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Sebelumnya Panglima TNI juga menyebutkan pengamanan Asian Games 2018 akan fokus pada tiga wilayah, yaitu Jakarta, Sumatera Selatan, dan Jawa Barat. Ketiga wilayah itu diutamakan lantaran Jakarta dan Palembang menjadi kota tuan rumah yang terdapat venue laga Asian Games.

Adapun, Jawa Barat berperan sebagai kota pembantu yang turut memiliki venue Asian Games. Meski demikian, keamanan di wilayah lain tetap diperhatikan Panglima TNI bersama Kapolri demi suksesnya pelaksanaan Asian Games 2018.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya