Robben Masih Sesali Karier Singkatnya bersama Real Madrid

Arjen Robben akhir musim ini memutuskan meninggalkan Bayern Munchen, sebelumnya dia sempat dua musim membela Real Madrid.

oleh Liputan6.com diperbarui 27 Mei 2019, 09:00 WIB
Diterbitkan 27 Mei 2019, 09:00 WIB
Pesepak Bola Kelas Dunia yang Miliki Julukan Unik
Arjen Robben pernah dua musim membela Real Madrid, sebelum akhirnya hijrah ke Bayern Munchen. (AFP/Christof Stache)

Liputan6.com, Munich - Winger gaek Bayern Munchen, Arjen Robben sudah mendekati akhir kariernya. Robben sudah menyampaikan salam perpisahan pada Bayern ketika mereka menjuarai Bundesliga beberapa waktu lalu.

Tapi, Robben belum pasti bakal pensiun. Peluang bermain masih ada jika ada ajakan bergabung dari klub yang masih mau menerimanya.

Kini, di ujung kariernya, Robben mengingat kembali masa-masa terbaiknya. Dia bercerita soal kariernya di Real Madrid yang terpaksa berakhir lebih cepat. Robben menyesali masa singkatnya di Los Blancos.

Sebagai salah satu winger terbaik, Robben hanya bisa bertahan dua tahun di Real Madrid. Dia merumput di Santiago Bernabeu pada 2007-2009. Masa yang singkat untuk pemain yang sedang berada dalam puncak permainannya.

Robben pada akhirnya tidak menyesali masa singkatnya di Real Madrid, sebab berkat itulah dia bisa bergabung dengan Bayern Munchen. Biar begitu, tetap saja ada perasaan mengganjal di hatinya, dia merasa diperlakukan tak adil.

Robben, ternyata, merupakan salah satu korban program Los Galacticos ala Florentino Perez. Saat itu, Perez kembali ditunjuk sebagai presiden El Real, dan dia datang dengan proyek ambisius untuk mendatangkan pemain-pemain top seperti Cristiano Ronaldo, Kaka, Karim Benzema, dan lainnya.

"Saya merasa kesulitan karena perubahan presiden di Madrid. Saat itu saya merasa sangat nyaman dan bermain dengan baik, tetapi kebijakan klub telah berubah dan saya tidak punya kesempatan," tutur Robben kepada Goal internasional.

"Itu bukan cuma karena Cristiano Ronaldo, Florentino Perez kembali sebagai presiden dan membeli Kaka, Karim Benzema, dan Xabi Alonso," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Habiskan Banyak Uang

Arjen Robben (© AFP 2009)
Arjen Robben kala masih memperkuat Real Madrid. (AFP PHOTO/PIERRE-PHILIPPE MARCOU)

"Klub telah menghabiskan banyak uang dan berkata pada saya bahwa mereka harus mendapatkan uang [lalu menjual saya]," sambung Robben.

Pada buku kariernya yang gemilang, ada dua lembaran buruk yang menghiasi perjalanan Robben. Tahun 2010 mungkin merupakan salah satu tahun terburuk baginya. Kala itu, Robben kalah di dua final penting: kalah di final Liga Champions bersama Bayern; dan kalah di final Piala Dunia bersama timnas Belanda.

"Pada satu sisi, itu sangat mengecewakan, tetapi ada begitu banyak momen hebat pada tahun itu," ucap Robben.


Kejutan Masif

"Kami boleh jadi kalah di final Liga Champions, tetapi mencapainya merupakan kejutan masif, dan kami juga meraih dua gelar domestik," imbuhnya.

"Tidak ada yang menduga kami [Belanda] bisa mencapai final Piala Dunia, tetapi ketika anda mencapainya, anda ingin jadi juara, dan anda tak akan pernah tahu apakah akan mendapatkan kesempatan itu lagi," tutur mantan pemain Chelsea ini.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya