Pandemi Covid-19 Belum Usai, Klub China Bangun Stadion Lebih Besar dari Markas Barcelona

Kapasitas stadion mencapai 100 ribu penonton dan diperkirakan rampung akhir 2021.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 17 Apr 2020, 19:30 WIB
Diterbitkan 17 Apr 2020, 19:30 WIB
Guangzhou Evergrande (Liputan6.com)
Guangzhou Evergrande (TORU YAMANAKA / AFP)

Liputan6.com, Guangzhou- Di tengah pandemi virus Corona Covid-19, juara Liga Super China, Guangzhou Evergrande, mulai menggarap stadion baru senilai 1,7 juta USD atau 26,35 Triliun, Kamis (16/4/2020). Berkapasitas hingga 100 ribu penonton, stadion ini digadang-gadang jadi salah satu yang terbesar di dunia. 

Kantor berita Xinhua seperti dilansir dari CNA melaporkan, kalau stadion ini sedikit lebih besar dari markas Barcelona, Camp Nou. Proyek pengerjaan diperkirakan akan rampung pada akhir 2022. 

Stadion baru ini tidak hanya megah. Desainnya juga dirancang indah dengan hiasan bunga teratai di sekitarnya. Bunga ini sebagai simbol Guangzhou yang selama ini juga dikenal sebagai kota bunga. 

Dan untuk sementara, stadion ini akan menjadi stadion terbesar di dunia sampai nantinya Barcelona melakukan renovasi terhadap Camp Nou yang diperkirakan mampu menampung 105.000 penonton. 

Guangzhou Evergrande sendiri merupakan salah satu klub ternama di China. Tim yang menjadi juara Liga Super China itu ditangani oleh mantan bek timnas Italia, Fabio Cannavaro. Selain menjadi penguasa di liga domestik, Guangzhou Evergrande juga dua kali menjuarai Liga Champions Asia. 

Saat ini Liga Super China masih terhenti akibat pandemi virus Corona Covid-19. Virus yang awalnya ditemukan di kota Wuhan tersebut telah menjangkiti lebih dari 82 ribu penduduk di sana serta menewaskan setidaknya 3.342 jiwa menurut data yang dilansir organisasi kesehatan dunia WHO. 

Saat ini situasi di China sudah berangsur membaik. Kota Wuhan yang sebelumnya ditutup sudah kembali dibuka. Meski demikian belum diketahui kapan kompetisi akan kembali bergulir. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Promosi Sepak Bola

Fabio Cannavaro
Fabio Cannavaro, pelatih Guangzhou Evergrande. (AFP/STR)

Seperti diketahui, pemerintah China tengah getol mempromosikan sepak bola di negaranya. Dengan dukungan ini, klub-klub yang berlaga di liga profesional berlomba-lomba mendatangkan pemain-pemain kelas dunia dengan nilai transfer fantastis yang terkadang jauh di atas pasar normal. 

Selain itu, klub juga mempercantik diri dengan merenovasi markasnya. Saat ini, setidaknya ada tujuh stadion baru yang tengah dibangun di China. Shanghai SIPG yang menjadi rival Evergrande di Liga Super Cina, juga membangun stadion berkapasitas 33.000 dan diharapkan rampung pada 2021.

 


Tuan Rumah Piala Dunia Antarklub

logo fifa
Logo FIFA. (AFP PHOTO / FABRICE COFFRINI)

Selain menata kompetisi di dalam negeri, pemerintah China juga mendorong hadirnya turnamen-turnamen bergengsi ke negaranya. Salah satunya adalah perhelatan Piala Dunia Antarklub 2021.

Negeri Tirai Bambu juga akan menjadi tuan rumah untuk turnamen Piala Asia 2023. 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya