Siap Gantikan Koeman, Barcelona Buka Pembicaraan dengan Sosok Pelatih Ini

Barcelona dilaporkan terus mengadakan diskusi dengan Xavi terkait dengan rencana jadi manajer berikutnya gantikan Ronald Koeman .

oleh AY Yustiawan diperbarui 05 Okt 2021, 21:30 WIB
Diterbitkan 05 Okt 2021, 21:30 WIB
Ronald Koeman - Barcelona
Pelatih kepala Barcelona Ronald Koeman melihat ke bawah saat pertandingan La Liga Spanyol melawan Granada di Stadion Camp Nou, Senin, 20 September 2021. (AP Photo / Joan Monfort)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Barcelona Joan Laporta secara terbuka menyatakan masih mendukung Ronald Koeman, terlepas dari masalah yang sedang berlangsung soal gaya permainan klub dan hasil saat ini.

Namun, telah lama diklaim bahwa Xavi dapat mengambil alih posisi manajer Barcelona ketika dia menginginkannya. Dan, langkah ini tampaknya ingin dipercepat Laporta.

Kabarnya, pihak-pihak terkait terus berdialog dan membicarakan tentang kemungkinan mantan gelandang Barcelona itu menggantikan Koeman di ruang ganti.

Pelatih berusia 41 tahun itu, saat ini masih melatih klub Qatar Al Sadd sejak 2019. Klubnya memenangkan gelar liga terakhir tanpa menderita kekalahan.

Sebaliknya, Barcelona duduk di posisi kesembilan di La Liga. Mereka juga menderita kekalahan beruntun di Liga Champions.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Butuh Waktu

Foto: 5 Pemain yang Pernah Dilatih Guus Hiddink yang Akhirnya Menjadi Pelatih, termasuk Ronald Koeman dan Frank de Boer
Ronald Koeman. Ia menjadi anak asuh Guus Hiddink di PSV pada 1987/1988 hingga 1988/1989 dan sempat menjadi asisten Guus Hiddink di Timnas Belanda pada Piala Dunia 1998. Kini membesut Barcelona sejak Agustus 2020. Total mengoleksi 9 trofi sejak debut pelatihnya pada 2000. (Foto: AFP/Lluis Gene)

Laporta sebelumnya mengatakan Koeman tak akan dipecat dalam waktu cepat. Dia memahami Koeman butuh waktu dan dukungan dari klub. Dia juga masih butuh waktu untuk membuktikan bisa mengubah kondisi.

Hasil buruk di Liga Champions membuat posisi Koeman terpojok. Tak hanya di Liga Champions, Barcelona juga belum meyakinkan di La Liga.


Rumor

Foto: Tambah Catatan Buruk, Barcelona Asuhan Koeman Kehilangan Dua Poin di Kandang pada Pekan Ke-5 Liga Spanyol 2021 / 2022
Barcelona di tangan kepelatihan Ronald Koeman masih terus menampilkan catatan kurang baik di laga-laga terakhirnya. Setelah dibantai Bayern Munchen di Liga Champions, kali ini mereka hanya puas mengantongi satu poin dari kandangnya sendiri. (AP/Joan Monfort)

Rumor calon pengganti pun bermunculan di Camp Nou. Nama-nama seperti Roberto Martinez dan Xavi Hernandez muncul ke permukaan.

Joan Laporta mengatakan Koeman akan diberi lebih banyak waktu. Setidaknya dalam waktu singkat di Barcelona agar bisa kembali mengangkat tim.


Panutan

Foto: 7 'Dosa' Ronald Koeman di Barcelona
Kedua, Koeman mengubah sistem dan gaya bermain Barcelona. Pola 4-2-3-1 lebih ia pilih dibanding pola 4-3-3 yang merupakan gaya alami bermain Barcelona. Bahkan, tiki-taka khas Blaugrana mulai ia tinggalkan. (AFP/Pau Barrena)

"Ronald Koeman akan lanjut sebagai pelatih Barcelona. Dia pantas mendapatkan kepercayaan, Koeman itu seorang Cule dan panutan di Barcelona," ujar Laporta seperti dikutip Goal.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya