Hilman Hariwijaya Meninggal Dunia, Berikut Sosok Lupus dan Kroni-kroninya yang Melegenda

Novel pertama Lupus terbit tahun 1986 dengan judul Tangkaplah Daku Kau Kujitak

oleh Marco Tampubolon diperbarui 09 Mar 2022, 11:15 WIB
Diterbitkan 09 Mar 2022, 11:15 WIB
Hilman Hariwijaya, Penulis Lupus Meninggal Dunia
Hilman Hariwijaya, penulis Lupus meninggal dunia. (Tangkapan Layar Instagram/thehilmanhariwijaya)

Liputan6.com, Jakarta Hilman Hariwijaya tutup usia. Penulis novel Lupus itu meninggal dunia, Rabu (9/3/2022). 

Kabar duka ini dibagikan oleh Nessa Sadin melalui akun Instagram-nya. 

"Innalillahi wainnaillahi rojiun Telah berpulang Hilman Hariwijaya Rabu, 9 Maret 2022 pukul 08.02wib Mohon dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya untuk almarhum," tulis Nessa Sadin, Rabu (9/3/2022).

Tidak disebutkan penyebab meninggalnya Hilman. Namun diketahui Hilman telah lama mengalami sakit. Hilman juga pernah mengunggah fotonya saat terbaring di ranjang perawatan. 

Nama Hilman sangat populer di kalangan anak muda era 90-an lewat novel berjudul Lupus. Buku cerita berseri ini berkisah tentang anak-anak SMA dan kehidupannya dan dikemas dengan cara yang kocak.

Novel Lupus pertama diterbitkan pada tahun 1986 berjudul Lupus I: Tangkaplah Daku Kau Kujitak. Setidaknya terdapat 28 edisi Lupus yang telah diterbitkan hingga tahun 2013.  

Lupus menjadi tokoh utama pada buku ini. Lupus digambarkan sebagai salah satu sosok populer di sekolahnya yang gemar mengunyah permen karet.

Lupus anak yang menyenangkan. Punya banyak akal dan tingkah yang menggelikan. Meski masih sekolah, Lupus juga digambarkan punya pekerjaan sampingan, sebagai wartawan lepas untuk salah satu majalah anak muda. 

Selain Lupus, terdapat dua tokoh utama lainnya yang tak kalah menggelikan. Mereka adalah Boim dan Gusur. Kedua teman dekat Lupus ini, juga punya karakter yang kuat dan melekat di hati pembaca. 

Simak tokoh-tokoh utama Lupus pada halaman selanjutnya.

 


Boim LeBon

Kutipan Novel Mimpi Sejuta Dolar Bagian IV
Ilustrasi Membaca Novel Credit: pexels.com/lilartsy

Boim adalah sahabat Lupus yang berciri-ciri kulit gelap dan rambut keriting. Hobinya menggoda wanita meski jarang sekali yang jatuh hati. Dikenal suka mengutang, tapi lama baru mengembalikannya. 

Boim juga digambarkan sebagai keponakan pemilik bengkel hingga sering gonta-ganti kendaraan meski bukan miliknya. Sayang, nasibnya selalu apes. Di buku Lupus, Boim naksir teman sekolah benama Nyit-nyit

 

 


Gusur

Everything, Everything – Nicola Yoon (2015)
Ilustrasi Membaca Novel Credit: pexels.com/Fabiola

Sahaba Lupus yang satu ini dikenal dengan bentuk tubuhnya yang tambun. Dia tinggal bersama engkong-nya karena diterlantarkan orangtua. Dia sosok yang puitis saat berbicara.

Di buku Lupus, Gusur dikisahkan tertarik kepada temannya, Fifi Alone. 

 


Lulu

Lulu merupakan adik Lupus. Wanita manja yang selalu ingin mengikuti ke mana kakaknya pergi. 

Sifatnya centil dan jahil seperti kakaknya. Memiliki pacar yang selalu gonta-ganti, seperti Drakuli, Bule, Kevin dan Fido. Terobsesi sekali menjadi penyanyi. Ia pernah diajak rekaman jingle untuk sebuah produk iklan. Namun akhirnya ia tertipu oleh orang yang mengaku sebagai produser rekaman.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya