Sesmenpora Kagum Ratusan Peserta Ikutan Festival Catur Nasional

JCF 2022 disambut antusias para pecinta catur dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka memperebutkan total hadiah ratusan juta Rupiah.

oleh Thomas diperbarui 10 Sep 2022, 21:31 WIB
Diterbitkan 10 Sep 2022, 20:11 WIB
Para pecatur bertarung di Japfa Chess Festival 2022
Para pecatur bertarung di Japfa Chess Festival 2022 

Liputan6.com, Jakarta- Festival catur nasional yang diadakan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) dan PT Japfa resmi dimulai pada 10 September 2022. Japfa Chess Festival 2022 (JCF) berlangsung di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta, hingga 14 September 2022.

Pembukaan JCF 2022 dilakukan oleh Sesmenpora, Jonni Mardizal dan Ketua Pendidikan dan Penataran KONI Pusat, Alman Hudri. Sesmenpora senang dan kagum dengan berlangsungna JCF 2022.

JCF 2022 disambut antusias para pecinta catur dari berbagai daerah di Indonesia. Ada 520 peserta yang ikutan dari 27 provinsi. Mereka memperebutkan total hadiah Rp 270 juta.

Panitia JCF 2022 mengeglar 12 kategori. Pesertanya dari anak kecil sampai orang dewasa. Ada turnamen dari kelompok usia di bawah 10 tahun, di bawah 14 tahun dan di bawah 18 tahun untuk kategori putra dan putri serta kelompok junior U-16.

JCF kali ini akan ada dua laga catur bergengsi, yaitu pertarungan antara pecatur Indonesia IM Mohamad Ervan dan pecatur Filipina GM Darwin Laylo serta duel antara pecatur Indonesia IM Medina Warda Aulia dan pecatur Singapura WGM Gong Qianyun.

“Kemenpora sangat berterima kasih kepada PT JAPFA yang telah membantu Percasi, menciptakan percatur berkualitas melalui programnya, di antaranya menggelar JCF hingga 12 kali. Ini sungguh luar biasa. PT JAPFA bersama PB Percasi telah bekerja keras membina Olahraga catur di Tanah Air. Terkait pencarian bakat, telah diatur melalui DBON," kata Sesmenpora.


Komentar

Para pecatur bertarung di Japfa Chess Festival 2022
Para pecatur bertarung di Japfa Chess Festival 2022

“Kategori internasional tentu saja tidak pernah ketinggalan. Kali ini dua pecatur berprestasi Indonesia, yaitu IM Mohamad Ervan (rating 2395) dan IM Medina Warda Aulia (2383) masing-masing akan diadu dengan dua pecatur top ASEAN lainnya. Terpilihnya kedua pecatur asal Indonesia tersebut, sebab mereka berhasil mencetak top skor pada Olimpiade Catur ke-44 di Chennai, India. Ervan berhasil merebut 7 poin dari 10 babak, sedangkan Medina mendapatkan 8,5 poin dari 11 babak," ungkap ketua Percasi, GM Utut Adianto.

"Acara ini untuk mengangkat semangat para pecatur guna siap ke pertandingan tingkat global. Sebagaimana tema perayaan Hari Olahraga Nasional 2022, yakni Bersama Cetak Juara, kami berharap acara ini bisa melahirkan pecatur andal yang mampu menorehkan prestasi di level nasional dan internasional," Direktur Corporate Affairs Japfa Rachmat Indrajaya.


Haornas

Pelaksanaan Festival Catur ini bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional atau Haornas yang jatuh pada 9 September 2022. Japfa Chess Festival (JCF) ini sesuai dengan cita-cita yang terkandung dalam perayaan Haornas 2022. JCF diharapkan bisa menemukan bibit pecatur handal yang akan mengharumkan nama Indonesia.

JCF sebenarnya merupakan kegiatan rutin Japfa bersama Percasi setiap dua tahun. Namun pandemi Covid-19 membuat JCF sempat vakum. Untungnya pandemi sudah mereda sehingga JCF 2022 bisa digelar dengan menghadirkan peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya