Sudah Ada Satu Negara Setujui Permintaan FIFA Pakai Nama Stadion Pele

Sudah ada satu negara yang bersedia mengganti nama stadion dengan menggunakan nama almarhum Pele.

oleh Thomas diperbarui 05 Jan 2023, 11:00 WIB
Diterbitkan 05 Jan 2023, 11:00 WIB
Jejak Karier Pele Bawa Brasil 3 Kali Juara Piala Dunia
Pemain sepak bola Brasil Edson Arantes do Nascimento atau Pele mengibarkan bendera Brasil dan AS saat dibawa keluar lapangan setelah pertandingan terakhirnya di Stadion Giants, East Rutherford, New Jersey, Amerika Serikat, 1 Oktober 1977. Pada akhir 1970-an, Pele bermain di Amerika Serikat untuk New York Cosmos sebelum akhirnya pensiun pada 1977. (AP Photo/Richard Drew, File)

Liputan6.com, Jakarta- Presiden FIFA Gianni Infantino membuat keputusan menghebohkan di awal tahun 2023. FIFA mengirim surat kepada seluruh negara anggotanya agar mengganti nama salah satu stadionnya dengan memakai nama legenda sepak bola Brasil Pele.

Langkah ini diambil FIFA sebagai bentuk penghormatan kepada Pele yang meninggal dunia akhir tahun 2022 lalu. Pele wafat di usia 82 tahun setelah berjuang melawan kanker.

Mantan pemain Santos itu merupakan pesepak bola terbaik Abad 20. FIFA pun mencoba memberikan penghormatan kepada almarhum Pele.

Infantino diketahui langsung mengirim surat permintaan kepada seluruh negara anggota FIFA agar bersedia mengubah nama salah satu stadion dengan memakai nama berbau Pele.

Permintaan itu memicu kontroversi. Karena cukup sulit negara di luar Brasil mememuhi permintaan FIFA. Biasanya stadion diberi nama pahlawan negara setempat, bukan orang asing.

Namun ternyata sudah ada satu negara anggota FIFA yang bersedia memenuhi permintaan Infantino itu yakni Cape Verde.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Stadion Nasional

Foto: Ini Dia 5 Pesepak Bola dengan Kontribusi Gol Terbanyak di Piala Dunia Sepanjang Masa, Messi Sendirian di Puncak
Pele. Legenda sepak bola Brasil bernama asli Edson Arantes do Nascimento yang tampil dalam 4 edisi Piala Dunia mulai edisi 1958 hingga 1970 ini total berkontribusi dalam 20 gol, dengan rincian mencetak 12 gol dan 8 assist dari 14 laga. Torehannya tersebut mampu membawa Brasil tiga kali meraih trofi Piala Dunia pada edisi 1958, 1962 dan 1970. (AFP)

Perdana Menteri Cape Verde Ulisses Correia e Silva sendiri yang mengumumkan bersedia mengganti nama salah satu stadionnya menjadi nama Pele.

Stadion Nacional de Cabo Verde kini akan berganti nama menjadi Stadion Pele. Stadion ini sendiri merupakan markas timnas Cape Verde dan memiliki kapasitas 15.000 penonton.


Komentar PM

“Sebagai penghormatan dan pengakuan kepada sosok yang membuat kita semua hebat ini, saya mewujudkan niat untuk menamakan stadion nasional kita sebagai 'Stadion Pele', dalam sebuah inisiatif yang saya percaya akan diikuti oleh beberapa negara di seluruh dunia,” kata Silva melalui Facebook.

“Dengan hilangnya secara fisik Edson Arantes de Nascimento, Raja Pele, yang segera menjadi figur planet, ikon massa yang menunjukkan bahwa olahraga memiliki kekuatan untuk menyatukan dunia, kini kami ingin memberikan penghormatan kepadanya."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya