Sering Harumkan Nama Indonesia, David Jacobs Diusulkan Dimakamkan di TMP Kalibata

Menpora diharapkan segera mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo agar David Jacobs bisa dimakamkan di TMP Kalibata.

oleh Thomas diperbarui 29 Apr 2023, 06:30 WIB
Diterbitkan 29 Apr 2023, 06:30 WIB
Kalahkan Wakil China, David Jacobs Sumbang Emas ke-7 untuk Indonesia
David Jacobs (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Liputan6.com, Jakarta- Tenis meja Indonesia berduka di penghujung April 2023. Atlet para tenis meja yang sering mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, David Jacobs meninggal dunia pada Jumat (28/4/2023) dini hari WIB.

Pada pemberitaan awal disebutkan David Jacobs pingsan di stasiun kereta saat hendak pulang ke Solo Belakangan pihak kepolisian telah memastikan David Jacobs ditemukan tergeletak dipinggir lintasan kereta api dekat Stasiun Juanda pada Kamis (27/4/2023) malam sebelum akhirnya meninggal dunia di rumah sakit.

Kepergian David Jacobs yang mendadak ini mengejutkan bagi insan tenis meja Indonesia. David Jacobs sedang mengurus perizinan untuk bertanding di Slovenia pada siang harinya sebelum ditemukan dipinggir lintasan kereta api.

Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PP.PTMSI) Komjen Pol (Purn) Oegroseno, S.H. memohon kepada Menpora Dito Ariotedjo agar mengusulkan almarhum David Jacobs diberikan kehormatan dari negara dalam hal ini pemerintah Republik Indonesia (RI) untuk dapat dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta.

Pasalnya, kata Oegroseno, almarhum David Jacobs sudah berulang kali mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia di arena internasional melalui olahraga tenis meja.

"Prinsipnya Pak Menpora bisa mengusulkan kepada pemerintah pusat dalam hal ini Presiden RI Bapak Joko Widodo agar almarhum David Jacobs mendapatkan gelar kehormatan PUTRA TERBAIK BANGSA dengan berhak mendapatkan Bintang RI atau Bintang Maha Putera sehingga berhak pula dimakamkan di Taman Makam Pahlawan," kata mantan Wakapolri itu di Jakarta, Sabtu, (29/4/2023) pagi tadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sangat Layak

David Jacobs, Paralimpiade Tokyo 2020
Pertandingan perempat final para tenis meja kategori TT10 Paralimpiade Tokyo 2020 antara David Jacobs (kanan) dengan atlet China, Lian Hao, Sabtu (28/8/2021). David Jacobs berhasil melangkah ke semifinal. (ist)

Menurut Oegroseno, dengan sederet prestasi internasional yang telah ditorehkan oleh almarhum David Jacob seperti medali perunggu Paralimpiade Tokyo 2020 sangat wajar dan layak negara memberikan penghargaan istimewa.

"Dengan kemampuan fisiknya yang terbatas, almarhum menunjukkan semangat juangnya untuk mengharumkan nama bangsa dan negara di ajang pertandingan internasional. Dan ini menjadi inspirasi bagi generasi muda bangsa," tambah Wakil Presiden SEATTA (Federasi Tenis Meja Asia Tenggara) itu.


Prestasi David Jacobs

Di masa hidupnya, pria bernama lengkap Dian David Michael Jacobs itu dikenal sebagai atlet paratenis meja kebanggaan Indonesia. David bermain dalam nomor individu maupun ganda.

Sejauh ini, pria 45 tahun ini tercatat telah mengoleksi 13 medali emas, empat medali perak, dan empat medali perunggu. Perolehan ini tentunya mengharumkan nama Indonesia.

Melansir berbagai sumber, medali-medali itu diraih David dalam berbagai kejuaraan dunia seperti Paralympic, Kejuaraan Dunia, Asian Para Games 2014 dan 2018, Kejuaraan Asia pada 2015 dan 2019, dan ASEAN Para Games.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya