Tingkatkan Kualitas Wasit, Ketua Umum PSSI Erick Thohir Undang Pierluigi Collina ke Indonesia

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengundang Kepala Wasit FIFA Pierluigi Collina untuk datang ke Tanah Air dalam usaha meningkatkan kualitas korps berbaju hitam.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 17 Jul 2023, 18:18 WIB
Diterbitkan 22 Jun 2023, 21:00 WIB
Foto: Menilik Kembali Kiprah Pierluigi Collina, Pengadil Lapangan Legendaris yang Akan Diboyong PSSI untuk Membenahi Perwasitan Indonesia
Pierluigi Collina ketika masih aktif bertugas. (AFP/Adrian Dennis)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengundang Kepala Wasit FIFA Pierluigi Collina untuk datang ke Tanah Air dalam usaha meningkatkan kualitas korps berbaju hitam.

Dengan kehadirannya, Erick berniat membina wasit Indonesia agar mempunyai standar Asia dan ke depannya dapat bertugas di ajang internasional, contohnya Piala Dunia.

"Saya mendorong FIFA mengirimkan wasit Collina (kepala wasit FIFA). Juga instruktur dari FIFA untuk datang ke Indonesia agar bertemu para wasit, supaya memberikan semangat juga," ungkapnya.

"Bukan hanya para pemain di lapangan, wasitnya pun perlu semangat, suratnya kini sudah dikirim ke FIFA," sambung mantan Presiden Inter Milan itu pada konferensi pers di Jakarta, Kamis (22/6/2023).

Collina dianggap sebagai salah satu wasit terbaik sepanjang masa. Ketegasan di lapangan membuatnya disegani. Setelah pensiun pada 2005, Collina tetap terlibat di sepak bola sebagai pengambil keputusan dalam usaha meningkatkan kinerja wasit.

Erick Thohir menjelaskan, PSSI akan terus menggelar pelatihan kepada wasit Indonesia. Salah satunya pelatihan penggunaan VAR yang bakal diterapkan di pertengahan musim Liga 1 2023/2024.

"Kalau bicara kualitas wasit harus standar Asia dulu. Nanti pelan-pelan (pembinaan jangka panjang) bisa meloloskan wasit ke Piala Dunia. Atau di kejuaraan sepak bola internasional lain. Tapi kembali lagi yang namanya membangun perwasitan ataupun timnas, itu perlu waktu jangka panjang," kata Erick Thohir.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PSSI Tunjuk 18 Wasit di Liga 1

Konferensi Pers Mengenai Pembentukan Yayasan PSSI dan Perwasitan Indonesia
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memberikan keterangan kepada wartawan saat konferensi pers mengenai pembentukan yayasan PSSI dan perwasitan Indonesia di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Kamis (22/06/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

PSSI mengumumkan sebanyak 18 wasit akan bertugas di Liga 1, 24 wasit akan bertugas di Liga 2 dan 40 wasit bakal ditugaskan di Liga 3.

Proses seleksi wasit dilakukan melalui kerja sama antara PSSI dengan Japan Football Association (JFA) yang mengirimkan Yoshimi Ogawa (member of Japan Football Association Referee Committee) dan Toshiyuki Nagi (JFA Referee Instructor and JFA Top Amateur Referees Manager) yang bertindak sebagai instruktur dan pengawas.

Seleksi dilakukan mulai tanggal 15 hingga 16 Juni, diikuti 161 wasit dan 2 asisten wasit berlisensi FIFA, lalu 1 wasit berlisensi AFC Elite Referee. Dari 55 wasit Liga 1 2022/2023 yang ikut serta dalam tes, terdapat 27 wasit lulus tes, ditambah 1 wasit AFC Elite Referee. Di mana 18 peringkat teratas memenuhi kuota Liga 1, sisanya akan bertugas di kursi kuota Liga 2 pada peringkat 15-24.

Sementara itu, untuk seleksi wasit Liga 2 sebanyak 107 wasit yang mengikuti tes, terdapat 54 wasit yang lolos tes. Di mana peringkat 1-14 menempati kuota kursi Liga 2 2023/2024. Lalu sisanya akan ditugaskan untuk bertugas di Liga 3.


Daftar Wasit Liga 1 2023/2024

Bhayangkara FC Vs PSIS
Pemain Bhayangkara FC, Lee Yujun (kiri) mendapatkan kartu merah dari wasit Aprisman Aranda saat laga pekan ke-14 BRI Liga 1 2021/2022 antara Bhayangkara FC melawan PSIS Semarang di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (26/11/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)
  • Thoriq M Alkatiri - Bandung
  • Yudi Nurcahya - Bandung
  • Choirudin - Bantul
  • Naufal Adya Fairuski - Bandung
  • Zetman Pangaribuan - Jakarta Pusat
  • Armyn Dwi Suryathin - Lubuklinggau
  • Heru Cahyono - Jakarta Selatan
  • Abdul Aziz - Ciamis
  • Bangkit Sanjaya - Lampung Timur
  • Nendi Rohaendi - Bandung
  • Agus Fauzan Arifin - Sleman
  • Aidil Azmi - Banda Aceh
  • Gedion Dapaherang - Jakarta Timur
  • Ginanjar Rahman Latief - Kab. Bandung
  • M Erfan Efendi - Surabaya
  • Asep Yandis - Karawang
  • Ryan Nanda Saputra - Bandung
  • Rio Putra Permana - Pekan Baru
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya