Hasil BRI Liga 1 2023/2024: Persis Solo Imbangi Arema, RANS Nusantara vs PSS Sleman Tanpa Gol

Persis Solo harus puas berbagi skor dengan Arema FC dalam laga pekan ke-5 BRI Liga 1 2023/2024 pada Minggu (30/7/2023) sore WIB usai gol dari tendangan penalti yang dilesakkan oleh Gustavo Almeida di babak pertama mampu dibalas oleh Alexis Messidoro pada menit ke-72.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 30 Jul 2023, 17:13 WIB
Diterbitkan 30 Jul 2023, 17:13 WIB
Alexis Messidoro, Persis Solo, BRI Liga 1 2022/2023
Eksekusi penalti Alexis Messidoro di babak kedua mengantar Persis Solo bermain imbang 1-1 dalam laga pekan ke-5 BRI Liga 1 2023/2024 kontra Arema FC, Minggu (30/7/2023). (Dok. Persis Solo)

Liputan6.com, Jakarta - Persis Solo harus puas berbagi skor dengan Arema FC dalam laga pekan ke-5 BRI Liga 1 2023/2024, Minggu (30/7/2023) sore WIB. Tampil di Stadion Maladi Sriwedari, Laskar Sambernyawa cuma mampu mengimbangi Singo Edan dengan 1-1 usai Alexis Messidoro ('72) membalas gol dari tendangan penalti yang dilesakkan oleh Gustavo Almeida di babak pertama. 

Tuan rumah sejatinya langsung menggempur lini pertahanan Arema di awal paruh pembuka. Peluang emas pertama diperoleh Laskar Sambernyawa pada menit ke-3.

Moussa Sidibe mengirim umpan terobosan apik yang coba dituntaskan oleh David Gonzalez alias Roni Gomes, tetap upayanya masih mampu dihalau oleh penjaga gawang Julian Schwarzer. 

Singo Edan terus mendapat ancaman dari Persis Solo. Penampilan gemilang Moussa Sidibe di menit-menit awal seolah menjadi momok bagi lini belakang Arema, meski aksinya belum ada yang berbuah gol hingga laga berjalan lebih dari 10 menit. 

Peluang terbaik kembali didapat Persis Solo melalui kombinasi umpan pendek Arapenta-Sidibe pada menit ke-14. Akan tetapi, Sidibe yang menerima umpan akhir lagi-lagi gagal mengonversi kesempatan menjadi gol. 

Nestapa justru menimpa Persis Solo di menit 17. Jaimerson Xavier dianggap melakukan pelanggaran di kotak terlarang yang berbuah tendangan penalti bagi kubu Arema FC. Gustavo Almeida yang dikirim sebagai algojo berhasil menunaikan tugasnya dengan baik dari titik putih. 

Arah tembakannya sejatinya sudah mampu ditebak oleh Gianluca Pandeynuwu, tetapi bola masih gagal dihentikan oleh kiper Persis. Situasi ini membuat skor sementara berubah menjadi 0-1 untuk keunggulan tim tamu. 

Arema nampak lebih nyaman bermain setelah memimpin satu gol. Evan Dimas bahkan mulai mendapat kesempatan untuk menembus kotak penalti Persis sekaligus menebar ancaman di sekitar jaring Gianluca Pandeynuwu. 

Walau demikian, tak ada gol baru yang mampu diciptakan setelahnya. Persis Solo dan Arema FC kembali menemui jalan buntu hingga memasuki cooling break.

Laga berlanjut dengan tensi yang tak terlalu tinggi. Baik Laskar Sambernyawa maupun Singo Edan sama-sama tak terlihat memberi ancaman terlalu berbahaya sampai laga berjalan lebih dari 40 menit.

Situasi buntu ini bertahan di 5 menit akhir waktu normal babak pertama. Sejumlah peluang yang sempat diperoleh kedua tim gagal dimanfaatkan dengan baik. Skor 1-0 untuk keunggulan Arema FC pun gagal disejajarkan Persis Solo sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Babak Kedua Persis Solo vs Arema FC

Persis Vs Arema
Duel antara Persis Solo Vs Arema FC di BRI Liga 1 2022/2023 hari Rabu (15/03/2023). (Dok Persis Solo)

Persis Solo coba melanjutkan misinya untuk memecah kebuntuan di babak kedua. Akan tetapi, sejumlah serangan yang dilancarkan Laskar Sambernyawa belum berhasil menembus rapatnya penjagaan Julian Schwarzer di bawah mistar gawang.

Alexis Messidoro pun sempat berupaya menebar ancaman di lini belakang Singo Edan pada menit ke-54. Akan tetapi, upayanya lagi-lagi digagalkan oleh kiper tim tamu yang tampil spartan. 

Memasuki menit ke-60 giliran Fernando Rodriguez yang mencoba peruntungan. Malang, bola yang dikirimnya masih mengenai badan penggawa Singo Edan sebelum masuk ke pelukan Julian Schwarzer. 

Persis Solo akhirnya memberanikan diri membuat perubahan penting beberapa menit berselang. Moussa Sidibe dan Roni Gomes ditarik keluar untuk digantikan oleh Irfan Jauhari serta Ramadhan Sananta.

Keputusan ini langsung membuahkan peluang emas di menit ke-71. Kecerdikan Irfan Jauhari memaksa terjadinya pelanggaran di kotak penalti. Messidoro yang ditunjuk sebagai eksekutor berhasil mengecoh Schwarzer sekaligus mencetak angka penyeimbang 1-1 bagi timnya. 

Persis Solo balik menemui jalan buntu setelahnya. Sementara itu, Julian Schwarzer kembali memasang tembok kokoh di bawah mistar gawang Arema FC. 

Baik, Laskar Sambernyawa maupun Singo Edan kesulitan menembus lini pertahanan masing-masing di menit-menit akhir. Alhasil skor imbang 1-1 bertahan sampai bubaran.


Hasil RANS Nusantara vs PSS Sleman

BRI Liga 1 2022/2023: RANS Nusantara FC vs PSS Sleman
Pemain RANS Nusantara FC, Fadilla Akbar, berusaha melewati kepungan para pemain PSS Sleman dalam laga pekan ke-2 BRI Liga 1 2022/2023 antara RANS Nusantara FC melawan PSS Sleman di Stadion Pakansari, Bogor, Jumat (29/7/2022) malam WIB. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Skenario berbeda tersaji di laga RANS Nusantara vs PSS Sleman. Tampil di Stadion Maguwoharjo pada Minggu (30/7/2023) sore WIB, The Prestige Phoenix yang bertindak sebagai tuan rumah kesulitan membobol jaring Super Elang Jawa di babak pertama. 

Hal serupa juga dialami oleh PSS Sleman. Tak ada gol yang mampu diciptakan oleh kubu tamu, sehingga skor imbang 0-0 bertahan sampai wasit meniupkan peluit tanda jeda. 

Pergantian pemain dilakukan RANS Nusantara pasca turun minum. Abdul Rahman ditarik keluar untuk digantikan oleh Antoni Nugroho pada menit ke-46.

Langkah ini lantas diikuti oleh PSS Sleman 8 menit berselang. Super Elang Jawa menukar Esteban Vizcarra dengan Yevhen Bokhashvili, tetapi belum ada perubahan terlalu signifikan yang mampu diciptakan kedua kubu hingga laga berjalan lebih dari 70 menit. 

Kebuntuan belum kunjung mampu dipecahkan oleh kedua tim hingga pengujung waktu normal babak pertama. Alhasil skor seri tanpa gol tak berubah sampai bubaran.


Klasemen Sementara BRI Liga 1 2023/2024

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya