Dibuang Manchester United, David de Gea Bisa Jadi Pembelian Darurat Real Madrid

David de Gea bisa jadi pembelian darurat Real Madrid usai dibuang Manchester United.

oleh Muhammad Yanto diperbarui 11 Agu 2023, 15:00 WIB
Diterbitkan 11 Agu 2023, 15:00 WIB
Foto: 5 Pemain yang Dianggap Lebih Penting bagi MU daripada Cristiano Ronaldo
Tak hanya lebih penting dari Ronaldo, David de Gea bisa dikatakan sebagai pemain terbaik Manchester United. Ia selalu menjadi tumbal di muka gawang dari keroposnya lini belakang MU. Jika bukan karena kiper 31 tahun ini, segalanya akan jauh lebih buruk di Old Trafford. (AFP/Oli Scarff)

Liputan6.com, Jakarta Real Madrid dikabarkan tertarik untuk memboyong David de Gea pada bursa transfer musim panas ini. De Gea masuk dalam daftar pembeiian darurat setelah Thibaut Courtois cedera parah.

Courtois jadi pilihan utama kiper Real Madrid saat ini sejak direkrut dari Chelsea pada 2018 lalu. Kiper asal Belgia itu sudah tampil dalam 230 pertndandingan di semua ajang dan memenangkan dua titel La Liga dan satu Liga Champions.

Cedera ACL yang diderita oleh Thibaut Courtois telah membawa Madrid kembali ke bursa transfer untuk melakukan penambahan penjaga gawang. Namun, ini diprediksi tidak akan mudah karena pilihan sangat sedikit.

Satu-satunya kiper kelas dunia yang mungkin didatangkan saat ini adalah David de Gea. Kiper asal Spanyol itu saat ini belum memiliki kub usai meninggakan Manchester United. Artinya, Real Madrid tidak perlu membayar sepeserpun untuk merekrut David de Gea.

De Gea sempat dihubungkan dengan beberapa klub sebelumnya, mulai dari klub asal Arab Saudi, hingga Bayern Munich. Tapi sampai sekarang belum ada kepastian kemana dia akan berlabuh.

Laporan media Spanyol Madrid telah mengontak perwakilan De Gea untuk membahas kemungkinan bergabung segera.

De Gea dianggap sebagai sosok yang tepat mengawal gawang Madrid karena pengalamannya tampil di kompetisi besar.

Selain David de Gea, Real Madrid juga langsung diisukan dengan nama-nama tenar lain. Satu di antaranya adalah Bono.

Kiper Sevilla itu bermain sensasional musim lalu, terutama di Piala Dunia 2022, di mana ia berhasil membawa Timnas Maroko ke semifinal. Nama lainnya adalah Kepa Arrizzabalaga dan Keylor Navas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


David de Gea Incaran Lama

Foto: 5 Transfer Pemain yang Berujung Kegagalan
Kiper Manchester United, David de Gea, saat melawan Liverpool pada laga persahabatan di Stadion Rajamangala, Bangkok (12/7/2022). De Gea gagal pindah dari MU ke Real Madrid lantaran mesin faks yang rusak sehingga dokumen keperluan transfer De Gea tidak sampai ke Los Blancos. (AFP/Manan Vatsyayana)

David de Gea nyaris bergabung dengan Real Madrid dari Manchester United pada 2015. Kiper Spanyol itu ingin pindah ke Santiago Bernabeu dan kedua klub menyetujui kesepakatan yang bakal membuat Keylor Navas menuju ke arah yang berlawanan, menurut ESPN.

Tapi, Real Madrid berpacu dengan waktu untuk mendapatkan kesepakatan pada hari batas waktu bursa transfer. Los Blancos gagal dalam upaya mereka untuk menyerahkan dokumen yang diperlukan untuk memastikan transfer berlangsung.

Media Spanyol mengecam Real Madrid atas kegagalan itu. Manchester United juga menyalahkan Los Blancos. Itu menjadi salah satu kegagal paling dramatis dalam sejarah bursa transfer dan De Gea tetap di Old Trafford.


Dibuang Manchester United

Manajer Manchester United, Erik ten Hag.
Manajer Manchester United, Erik ten Hag, dan kiper David De Gea. (AP Photo/Dave Thompson)

De Gea sejatinya memang sudah kehabisan kontrak sejak pengujung Juni lalu. Akan tetapi, masih ada harapan dirinya bisa memperpanjang kesepakatan di Old Trafford lantaran MU menyatakan diskusi terkait masa depan sang pemain sebelumnya maish terbuka.

Akan tetapi, beberapa pekan setelah laga terakhir Manchester United dalam kampanye 2022/2023, David de Gea akhirnya dikonfirmasi tak lagi menjadi bagian dari MU.

Sedihnya, perpisahan kiper asal Spanyol itu hanya dilakukan via unggahan di media sosial. David de Gea mengumumkan sendiri hengkangnya dia dari Manchester United melalui cuitan Twitter serta posting-an Instagram pada Sabtu (8/7/2023) malam WIB.

"Saya hanya ingin mengiriman pesan perpisahan ini kepada semua pendukung Manchester United. Saya ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang teguh atas cinta kalian selama 12 tahun terakhir," tulis De Gea di media sosial pribadinya.

"Kita sudah meraih banyak hal bersama sejak Sir Alex Ferguson membawa saya ke klub ini. Saya sangat bangga setiap kali mengenakan seragam (MU). Untuk bisa memimpin tim, mewakili institusi ini (yang merupakan) klub terbesar dunia adalah sebuah kehormatan yang hanya diberikan kepada segelintir pesepak bola beruntung."

"Ini merupakan periode yang sukses dan tidak terlupakan sejak saya datang ke sini. Saya tidak berpikir ketika saya meninggalkan Madrid sebagai anak muda, kita bakal mampu mencapai apa yang sudah kita lakukan bersama (hingga sekarang)."

"Kini ialah waktu yang tepat bagi saya untuk mengambil tantangan baru, untuk mendorong diri saya lagi di lingkungan baru. Manchester akan selalu ada di hati saya. Manchester telah membentuk saya, dan tidak akan pernah meninggalkan saya. Kita sudah lihat semuanya itu," pungkas David de Gea.


Karir De Gea

Foto: Mayoritas Jadi Legenda Klub, Ini Dia 7 Pemain Asal Spanyol yang Serentak Dilepas Gratis pada Bursa Transfer Pemain Musim 2023 / 2024
Reaksi kecewa kiper Manchester United, David De Gea setelah dikalahkan Liverpool pada laga Liga Inggris 2022/2023 di Anfield Stadium, Liverpool (5/3/2023). Dilepas gratis Manchester United setelah 12 tahun bersama akibat tak menemui titik temu perihal perpanjangan kontrak, David De Gea kini tengah jadi incaran beberapa klub Arab Saudi dan klub La Liga. (AFP/Paul Ellis)

Karir Klub

David De Gea memulai karir profesionalnya di Atletico Madrid, salah satu klub terkenal di Spanyol. Ia tampil mengesankan di Atletico dan membantu timnya memenangkan UEFA Europa League pada tahun 2010.

Pada tahun 2011, ia bergabung dengan klub raksasa Inggris, Manchester United. Di Old Trafford, De Gea tampil luar biasa dan dengan cepat mencatatkan dirinya sebagai salah satu penjaga gawang terbaik di Liga Inggris.

Selama waktunya di Manchester United, ia telah mengalami banyak momen gemilang, termasuk membantu tim meraih gelar Liga Primer Inggris, Piala FA, dan Liga Europa.

Prestasi Individu

David De Gea telah menerima berbagai penghargaan individu selama karirnya. Ia beberapa kali dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Manchester United dalam berbagai musim.

Ia juga sering masuk dalam tim terbaik Liga Primer Inggris dan sering menjadi salah satu nominator untuk Penghargaan Pemain Terbaik PFA (Professional Footballers' Association).

Karir Internasional

De Gea merupakan bagian dari tim nasional Spanyol sejak tingkat junior hingga senior. Ia menjadi pilihan utama di pos penjaga gawang.

Ia telah mewakili Spanyol di berbagai turnamen besar, termasuk Piala Dunia FIFA dan Kejuaraan Eropa UEFA.

Gaya Bermain

David De Gea dikenal karena refleksnya yang cepat dan kemampuannya untuk melakukan penyelamatan luar biasa. Ia juga sangat baik dalam mengantisipasi pergerakan lawan dan memiliki kualitas distribusi bola yang sangat baik.

David De Gea adalah salah satu penjaga gawang terbaik di dunia, dengan karir yang mengesankan di klub dan timnas Spanyol. Kualitasnya dalam menghadapi tekanan tinggi dan menghasilkan penyelamatan spektakuler telah menjadikannya ikon bagi banyak penggemar sepak bola.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya