Ivar Jenner Yakin Timnas Indonesia Lolos ke Babak Gugur Piala Asia 2023

Gelandang Ivar Jenner yakin Timnas Indonesia bisa melangkah ke babak gugur Piala Asia 2023 meski mendapat lawan berat di Grup D. Tim Garuda harus berjibaku melawan Irak, Vietnam, dan Jepang pada turnamen di Qatar.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 14 Jan 2024, 23:00 WIB
Diterbitkan 14 Jan 2024, 23:00 WIB
FIFA Matchday 2023: Timnas Indonesia vs Palestina
Gelandang Timnas Indonesia, Ivar Jenner (tengah) berebut bola dengan gelandang Palestina, Ameed Sawafta pada laga persahabatan FIFA Matchday 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (14/6/2023). Timnas Indonesia bermain imbang 0-0 dengan Palestina. (Bola.com/Wahyu Pratama)

Liputan6.com, Jakarta - Gelandang Ivar Jenner yakin Timnas Indonesia bisa melangkah ke babak gugur Piala Asia 2023 meski mendapat lawan berat di Grup D. Tim Garuda harus berjibaku melawan Irak, Vietnam, dan Jepang pada turnamen di Qatar.

"Ini adalah pool yang sangat sulit. Tapi rasanya masih bisa keluar dari fase grup dan itu memungkinkan," ungkap Ivar Jenner dilansir situs resmi federasi.

Timnas Indonesia mengawali petualangan di Piala Asia 2023 melawan Irak, Senin (15/1/2024). Jika timnas mau lolos, Ivan menekankan pentingnya raihan angka pada pertandingan tersebut.

Pemain FC Utrecht itu yakin Indonesia bisa membawa pulang poin setelah melihat adanya perkembangan positif dalam timnas, setelah melalui pemusatan latihan dan uji coba.

"Kami juga sudah banyak berlatih setelah tiga pertandingan (uji coba) sebelumnya, seperti ball possesion, tekanan di lapangan. Jadi kami sudah berlatih dengan cukup dan siap untuk bertanding," ungkap Ivar.

Indonesia dipermalukan Irak 1-5 pada duel terakhir kedua negara di kualifikasi Piala Dunia 2026. Kala itu Ivar absen karena cedera.

"Saat itu saya cedera dan saya tidak bisa bermain. Saya rasa saat itu tim sedang dalam kondisi tidak terbaik. Tapi saya kira kami bisa tampil lebih baik pada laga selanjutnya. Saya rasa kita bisa menang, jadi lihat saja," tutur Ivar Jenner.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rekor Buruk Timnas Indonesia vs Irak

Asnawi Mangkualam - Timnas Indonesia - Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia
Bek Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam berebut bola dengan pemain Irak Merchas Doski pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Basra Sport City Stadium, Kamis, 16 November 2023. (Hussein Faleh / AFP)

Untuk mengejutkan Irak, Timnas Indonesia mesti memperbaiki rekor. Pasalnya, catatan pertemuan mereka melawan Singa Mesopotamia sangatlah buruk.

Dalam 12 duel, Indonesia hanya dua kali meraih kemenangan. Timnas juga cuma berhasil meraih hasil imbang di tiga kesempatan, dengan sisanya berujung kekalahan.

Hasil minor turut diderita pada duel terbaru. Indonesia dihajar 1-5 pada kualifikasi Piala Dunia 2026, yang juga tercatat sebagai kekalahan terbesar sepanjang sejarah duel kedua negara.

Kemenangan terakhir Indonesia atas Irak dicatat pada Piala Kemerdekaan 2000. Kala itu Merah Putih berjaya 3-0.


Skuad Timnas Indonesia vs Irak

Timnas Indonesia VS Libya
Starting XI Timnas Indonesia saat menghadapi Libya dalam laga uji coba jelang Piala Asia 2023, Jumat (5/1/2024) malam WIB di Stadion Titanic Mardan, Antalya, Turki. (Dok. PSSI)

Kiper: 1- Muhamad Riyandi, 21-Ernando Ari, 26- Nadeo Argawinata

Belakang: 3- Elkan Baggot, 4- Jordi Amat, 5- Rizky Ridho, 6- Sandy Walsh, 12- Pratama Arhan, 13- Edo Febriansyah, 14- Asnawi Mangkualam, 19- Wahyu Prasetyo, 20- Shayne Pattynama, 25- Justin Hubner

Tengah: 2- Yakob Sayuri, 7- Marselino Ferdinan, 8- Witan Sulaeman, 10- Egy Maulana Vikri, 15- Ricky Kambuaya, 17- Adam Alis, 23- Marc Klok, 24- Ivar Jenner

Depan: 9- Dimas Dradjad, 11- Rafael Struick, 16- Hokky Caraka, 18- Ramadhan Sananta, 22- Dendy Sulistyawan

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya