Mantan Pelatih LeBron James Latih Pebasket Muda Indonesia, Lakukan Pendekatan Berbeda

Phil Handy memilih cara berbeda saat memberikan pelatihan kepada para pemain muda Indonesia di Jakarta.

oleh Thomas diperbarui 27 Sep 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 27 Sep 2024, 06:00 WIB
Phil Handy memberikan pelatihan di Jakarta
Phil Handy memberikan pelatihan di Jakarta (Liputan6.com/Thomas)

Liputan6.com, Jakarta Pelatih basket ternama dari Amerika Serikat Phil Handy sedang berada di Jakarta pada akhir September 2024 ini. Mantan pelatih LeBron James dan Kobe Bryant itu diundang Perbasi untuk melakukan pelatihan kepada pebasket muda dan pelatih muda di Indonesia.

Program pelatihan Phil Handy di Jakarta berlangsung pada tanggal 25 hingga 28 September 2024. Pria 53 tahun itu memberikan pelatihan kepada pebasket usia 14 sampai 18 tahun serta para pelatih yang harus memiliki lisensi kepelatihan minimal lisensi B.

Hari pertama Phil Handy di Jakarta dihabiskan dengan melatih para pelatih. Kemudian mulai Kamis 26 September 2024, pria Amerika Serikat itu baru melatih para pebasket belia Indonesia. Ada empat sesi latihan untuk pebasket belia Indonesia selama Phil Handy berada di Jakarta dengan sehari dua sesi.

Sesi latihan berlangsung ceria. Cara melatih Phil Handy dapat diterima dengan baik oleh anak-anak usia 14-18 yang ikut pelatihan. Mereka mendapat banyak ilmu dari Phil Handy. Mulai dari teknik drible bola, melewati lawan hingga penyelesaian akhir ke ring basket.

Phil Handy memilih melakukan pendekatan berbeda saat memberikan pelatihan kepada anak-anak usia 14-18 tahun. Phil Handy memilih tak langsung mengajarkan cara bermain basket yang rumit sehingga sulit dipahami anak-anak yang ikut coaching clinic.

"Dua sesi pertama dengan anak-anak, kami membahas banyak hal dasar dengan beberapa hal lanjutan, tetapi yang terpenting adalah mencoba melatih keseimbangan mereka juga. Mari kita lakukan teknik melempar bola, ajari beberapa gerak kaki, ajari mereka beberapa penyelesaian, lalu sedikit teknik menembak. Jadi, saya mencoba membahas beberapa area dasar permainan. Dan menurut saya, hal utama dalam mengajar atlet muda adalah cara bergerak," tutur Phil Handy kepada wartawan di kantor PP Perbasi.

"Saya pikir banyak pelatih dan pembina, mereka ingin mengajarkan semua gerakan yang rumit ini. Saya ingin mengajarkan atlet muda cara bergerak terlebih dahulu, lalu kita bisa mulai membaginya menjadi beberapa gerakan yang berbeda. Dan menurut saya, anak-anak telah melakukan pekerjaan yang hebat hari ini," sambung Phil Handy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kagum Bakat Basket Putri Indonesia

Phil Handy memberikan pelatihan di Jakarta
Phil Handy memberikan pelatihan di Jakarta (Liputan6.com/Thomas)

Setelah menjalani dua sesi latihan di Jakarta, Phil Handy terkesan dengan kemampuan pebasket putri Indonesia. Menurutnya beberapa pemain memiliki teknik yang sangat baik.

"Di sini banyak sekali bakat. Pebasket putrinya sangat bagus. Beberapa pebasket putri belia sangat berbakat dan ada banyak bakat di Indonesia," tutur Phil Handy.

Phil Handy sendiri sudah tiga kali datang ke Indonesia karena memiliki kedekatan dengan Christopher Tanuwidjaya yang merupakan manajer timnas basket putri Indonesia. Namun baru kali ini Phil Handy mengunjungi Jakarta.

"Saya punya hubungan baik dengan Chris sejak 2016. Sudah tiga kali saya ke Indonesia. Ini pertama kali saya ke Jakarta, tempatnya indah. Tempat yang bagus, orang-orangnya ramah, makanannya juga enak," ucap Phil Handy.


Rekam Jejak Phil Handy

Phil Handy merupakan sosok disegani di dunia bola basket. Beragam prestasi mentereng telah ditorehkannya termasuk berhasil mencatatkan 5 kali sebagai finalis di NBA masing-masing pada tahun 2016, 2017, 2018, 2019, dan 2020. Dia juga pernah meraih gelar juara NBA tiga kali di tahun 2016, 2019 dan 2020.

Banyak pebasket top NBA yang pernah digembleng oleh pria kelahiran 24 Agustus 1971 itu. Mulai dari almarhum Kobe Bryant, Anthony Davis, Kyrie Irving hingga LeBron James.

Phil Handy juga pernah membantu Timnas Putri menembus 8 besar pada Asian Games 2022 yang berlangsung pada 23 September-8 Oktober 2023 di Hangzhou, China.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya