Calon Pengganti Ten Hag Teridentifikasi, Dekat dengan Petinggi Manchester United dan Fasih Bahasa Inggris

Calon baru yang mengejutkan sedang dipertimbangkan dan kedua pihak telah melakukan pembicaraan untuk menggantikan Erik ten Hag sebagai manajer Manchester United

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 23 Okt 2024, 09:30 WIB
Diterbitkan 23 Okt 2024, 09:30 WIB
Logo Ilustrasi MU
Suasana di luar kandang Manchester United (MU), Old Trafford. (AFP/Oli Scarff)

Liputan6.com, Jakarta Calon mengejutkan kembali muncul untuk menggantikan Erik ten Hag jika dia dipecat sebagai manajer Manchester United. Bahkan, katanya pembicaraan sudah dilakukan kedua pihak.

Seperti diketahui, Ten Hag tengah berada di bawah tekanan selama beberapa minggu terakhir. Kondisi ini terjadi setelah MU mengalami awal terburuk di musim divisi utama domestik sejak 1989.

Kemenangan 2-1 atas Brentford pada hari Sabtu lalu memang meredakan sebagian tekanan itu. Tapi, hasil itu masih membuat MU menempati posisi paruh bawah dan membutuhkan peningkatan performa untuk segera tiba.

Awal bulan ini, Manchester Evening News melaporkan bahwa Thomas Tuchel telah disiapkan oleh para petinggi Setan Merah jika mereka memutuskan untuk berpisah dengan Ten Hag. Namun, Tuchel telah menandatangani kontrak untuk menjadi manajer Inggris yang baru mulai Januari 2025.

Daily Mail juga melaporkan MU sudah memiliki daftar pendek calon manajer potensial - dengan nama baru yang mengejutkan ditambahkan ke dalam daftar tersebut. Manajer tersebut adalah mantan bos Barcelona Xavi, yang masih menganggur sejak meninggalkan Camp Nou pada musim panas.

Pria Spanyol itu akrab dengan kepala eksekutif United saat ini Omar Berrada, yang bekerja sebagai manajer pemasaran di Barca antara tahun 2004 dan 2011 sebelum bergabung dengan Manchester City.

Diklaim bahwa Berrada adalah bagian dari delegasi empat orang yang terbang ke Spanyol untuk menghadiri pertemuan minggu lalu, meskipun tidak jelas apakah pembicaraan tersebut terkait dengan Xavi atau tim balap sepeda INEOS Britannia. Tim ini dimiliki oleh salah satu pemilik minoritas United Sir Jim Ratcliffe dan telah berkompetisi di Barcelona pada Piala Amerika ke-37.

Incaran MU Siap Lakukan Pembicaraan untuk jadi Manajer Timnas Qatar

Foto: Deretan 5 Pemain yang Sukses Cetak Gol dalam Laga Debut di Sepak Bola Eropa Musim 2024/2025, Termasuk Striker Anyar MU Joshua Zirkzee
Didatangkan dari Bologna, Joshua Zikrkzee langsung mencetak gol dalam laga debutnya saat mencetak gol tunggal kemenangan Manchester United 1-0 pada menit ke-87 atas tim tamu Fulham pada laga pekan pertama Premier League 2024/2025 di Old Trafford Stadium, Manchester (16/8/2024). (PA via AP Photo/Martin Rickett)

Xavi dikatakan belum mengadakan pembicaraan dengan United secara langsung. Kontak antara MU dan perwakilan pria Spanyol itu dilakukan melalui perantara klub.

Pria berusia 44 tahun itu, meskipun tidak pernah tinggal di Inggris, fasih berbahasa Inggris dan telah melakukan sejumlah wawancara dalam bahasa tersebut selama berkecimpung di dunia sepak bola.

Media Spanyol SPORT melaporkan minggu lalu bahwa legenda Barcelona itu telah memasuki pembicaraan untuk menjadi manajer baru tim nasional Qatar, setelah menyelesaikan karier bermainnya di negara Teluk tersebut.

Ten Hag Sudah Dimanjakan Lima Pemain Baru

Foto: Sambaran Berkelas Joshua Zirkzee Bawa MU Awali Liga Inggris dengan Kemenangan
Pemain Manchester United, Joshua Zirkzee, mengontrol bola saat melawan Fulham pada laga Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Sabtu (17/8/2024). (AP Photo/Dave Thompson)

MU dilaporkan kemungkinan akan berpisah dengan manajer Erik ten Hag di tengah musim 2024/2025, karena sudah membuat kecewa manajemen tim. Padahal Ten Hag sudah dimanjakan dengan mengeluarkan dana lebih dari 200 juta euro untuk merekrut lima pemain permintaannya.

Beberapa pelatih top sudah dibidik MU untuk menggantikan Ten Hag. Konon rencana terbesar investor MU Sir Jim Ratcliffe adalah membawa eks arsitek Real Madrid Zinedine Zidane ke Old Trafford sebagai manajer pengganti Ten Hag.

Arab Saudi Jadi Ancaman Serius bagi The Red Devils

Manchester United Vs Tottenham Hotspur
Striker MU, Marcus Rashford, berhasil mencetak gol ke gawang Tottenham Hotspur pada pekan 21 Liga Inggris 2023/2024 di Old Trafford, Minggu (14/1/2024) malam WIB.(AP Photo/Dave Thompson)

Ratcliffe sudah memulai proses perekrutan Zidane. Dia menugasi orang kepercayaannya Jean Claude Blanc untuk melakukan pendekatan kepada Zidane. Blanc kebetulan juga berasal dari Prancis dan memang sudah kenyang pengalaman mengurus sepak bola. Blanc sebelumnya kerja di Paris Saint-Germain dan Juventus.

Namun rencana besar MU memakai jasa Zidane bisa terancam. Arab Saudi jadi ancaman serius bagi The Red Devils. Federasi Sepak Bola Arab Saudi dilaporkan juga menginginkan Zidane untuk menjadi pelatih tim nasional mereka.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya