Penyebab Menurunnya Penampilan McLaren Musim Ini

Kombinasi antara pemakaian berlebihan dari mobil 2012 plus buruknya penampilan mobil 2013 membuat prestasi McLaren sangat anjlok.

oleh Liputan6 diperbarui 09 Agu 2013, 19:37 WIB
Diterbitkan 09 Agu 2013, 19:37 WIB
larent-130809c.jpg
Prinsipal McLaren, Martin Whitmarsh ungkap penyebab mengapa penampilan McLaren sangat menurun musim ini. Menurut dia, masalah utama McLaren adalah ketika mereka terlalu berlebihan memakai mobil versi 2012 di akhir musim lalu.

Kombinasi antara pemakaian berlebihan dari mobil 2012 plus buruknya penampilan mobil 2013 membuat prestasi McLaren sangat anjlok. Bagaimana tidak bisa dibilang menurun, sampai sekarang, McLaren baru menyentuh posisi enam klasemen konstruktor. Sedangkan Jenson Button masih susah payah bersaing dan bertengger di posisi sembilan klasemen pembalap.

"Terkadang Anda beruntung di hidup ini sehingga semua elemen bisa menyatu," ujar Whitmarsh. "Terkadang itu tidak berjalan. Ada kalanya sesuatu menjadi bagus, tapi kami tak tahu mengapa."

Menurunnya McLaren sungguh diluar prediksi. Tak biasanya, tim balap yang menggunakan mesin Mercedes ini tidak masuk tiga besar.

"Beberapa pengembangan di tahun lalu terlalu banyak dipakai. Itu hanya salah satu penyebab. Kami selalu berusaha melihat korelasi antara  tes terowongan angin dan Computational Fluid Dynamics (CFD, sebuah alat untuk analisa pengaruh bentuk sasis di mobil). Selalu saja ada kesalahan," pungkasnya. (Autosport)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya