LIGA Keluarkan Aturan Baru soal Pergantian Pemain

Bila dulu pemain yang cedera permanen bisa langsung diganti, kini menunggu periode pendaftaran dibuka dulu.

oleh Defri Saefullah diperbarui 27 Jan 2014, 20:27 WIB
Diterbitkan 27 Jan 2014, 20:27 WIB
joko-driyono-140127c.jpg
PT Liga Indonesia (LIGA) mengeluarkan peraturan baru terkait pergantian pemain di klub.Pendaftaran hanya bisa dilakukan saat periode pendaftaran pemain yang sudah ditetapkan LIGA. Dulu ada periode bila pemain cedera permanen bisa langsung digantikan.

Tapi hal itu tidak berlaku lagi untuk musim ini. Pergantian pemain baru bisa dilakukan saat pendaftaran pemain kembali dibuka di tengah musim. Hal ini diungkapkan CEO LIGA, Joko Driyono di sela-sela Manager Meeting klub ISL di Hotel Shangri-La Surabaya, Senin (27/1/2014).

"Ini adalah rangkaian pertemuan rutin jelang kick off kompetisi ISL 2014 yang kurang seminggu lagi dengan seluruh klub ISL. Kami menyampaikan review regulasi ISL 2014, ini sangat penting bagi seluruh klub, apalagi bila ada regulasi yang kita pakai, namun belum dimengerti. Ya, dalam forum inilah kami saling interaksi secara langsung,"katanya kepada wartawan.

22 klub tampak menghadiri Manager Meeting klub ISL tersebut. Masalah yang cukup alot diperbincangkan pada pertemuan antarmanajer itu yaitu soal jadwal kompetisi di 2014. Ini masalah krusial karena Indonesia ada agenda pemilu legislatif dan pemilu presiden di 2014.

"Masalah penjadwalan, banyak agenda nasional di tahun 2014, makanya kita antisipasi semua, termasuk adanya agenda Timnas. Liga siap sewaktu-waktu melakukan emergency meeting buat bahas soal tersebut apalagi bersifat masif. Ada juga catatan soal laga semifinal dan final ISL, jadwal awal pertengahan November. Tapi ini belum dibicarakan sekarang," kata pria yang juga Sekjen PSSI ini.

"Penyelenggaraan kompetisi terutama soal ketertiban penonton jadi salah satu fokus kami. Kita memerangi rasis, flare, fireworks, bom asap, dll. Bila ada yang melanggar bakal kena Komdis. Hal ini juga sudah kita beritahukan saat pertemuan dengan seluruh panpel ISL, Jumat (24/1). Kompetisi bakal lebih tertib, tingkah laku kegembiraan suporter harus bisa disalurkan lewat kreativitas atau kreasi yang lain," tambahnya.

Selain itu juga ada pembahasan soal masalah wasit, yang diutarakan langsung oleh Ketua Komite Wasit PSSI, Robertho Rouw."Komitmen tiap tahun, proteksi kualitas kompetisi khususnya kinerja perwasitan makin hari makin baik. Nantinya ada referee assesor tiap pertandingan. Tapi, karena kuantitasnya terbatas nanti disesuaikan, " ujar Joko. (Def)

Baca Juga:
Mata Diklaim Dapat Nomor Punggung Warisan CR7
Ada Sir Alex di Balik Mega Transfer Juan Mata
Lepas Mata, Chelsea Dapatkan `Messi` dari Mesir
Menguak Lika-liku Kepindahan Juan Mata ke MU
Chelsea Ganggu Usaha MU Miliki Bomber PSG

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya