Cek Fakta: Tidak Benar Minyak Goreng Bermerek 'ASRI' Mengandung Babi Produksi LEONG HUP

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi minyak goreng bermerek 'ASRI' mengandung bab produksi LEONG HUP

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 21 Des 2020, 18:00 WIB
Diterbitkan 21 Des 2020, 18:00 WIB
Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi minyak goreng bermerek 'ASRI' mengandung bab produksi LEONG HUP
Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi minyak goreng bermerek 'ASRI' mengandung bab produksi LEONG HUP

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi minyak goreng bermerek 'ASRI' mengandung babi produksi LEONG HUP.

Informasi minyak goreng bermerek 'ASRI' mengandung minyak babi berupa tangkapan layar yang beredar di aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut isi tangkapan layar tersebut:

"klo di lihat memang bagus terkesima dg nama “ASRI” seakan akan Islami, padahal minyak goreng ini terbuat dari minyak babi…produksi LEONG HUP produk baru yg di beri nama “”ASRI” dr malaka…adalah china terkaya yg punya peternakan BABI terbesar di Malaka…oleh karena itu tlg sebarkan / viralkan ke semua saudara” muslim di seluruh nusantara"

Benarkah minyak goreng bermerek 'ASRI' mengandung babi produksi LEONG HUP? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Berikut


Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi minyak goreng bermerek 'ASRI' mengandung bab produksi LEONG HUP menggunakan Google Search dengan kata kunci minyak goreng asri.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Ini Penjelasan di Balik Isu Minyak Goreng Babi di Malaysia" yang dimuat situs chanelmuslim.com.

Dalam artikel situs chanelmuslim.com, Bidang Komunikasi Perusahaan Bagian Pengurusan Halal Jabatan Kemajuan Islam Malaysia mengatakan bahwa minyak goreng Asri bukan merupakan produk Leong Hup seperti yang diberitakan.

Produk tersebut merupakan keluaran Syarikat Asri Vegetable Oil Products Sdn Bhd.

"Untuk makluman, produk minyak masak jenama Asri bukan keluaran Syarikat Leong Hup sebagaimana yang ditularkan. Produk tersebut merupakan keluaran Syarikat Asri Vegetable Oil Products Sdn Bhd dan merupakan pemegang Sijil Pengesahan Halal Malaysia yang masih sah," jelas laman resmi terkait halal pemerintah Malaysia tersebut.

Penelusuran dilanjutkan dengan mengunjungi situs resmi lembaga halal Malaysia halal.gov.my untuk memastikan daftar produk halal.

Hasilnya, Asri Vegetable Oil Products Sdn Bhd tercatat dalam daftar halal Malaysia.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi minyak goreng bermerek 'ASRI' mengandung babi


Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi minyak goreng bermerek 'ASRI' mengandung bab produksi LEONG HUP tidak benar.

Minyak goreng asri diprodusi oleh Asri Vegetable Oil Products Sdn Bhd, produk tersebut telah terdaftar lembaga halal Malaysia.

 

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya