Waspada Selebaran Hoaks Rekrutmen Panwascam Kabupaten Aceh Tamiang

Sejauh ini Panwaslih Aceh Tamiang belum pernah mengeluarkan jadwal tahapan perekrutan Panwascam untuk pengawasan Pemilu 2024

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 03 Sep 2022, 09:00 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2022, 09:00 WIB
Ilustrasi Hoaks Hoax
Ilustrasi Hoaks. (Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Tamiang, Imran mengimbau, warga untuk mewaspadai selebaran rekrutmen tenaga pengawas tingkat kecamatan (Panwascam).

Ia memastikan bahwa selebaran yang sempat beredar luas di media sosial (medsos) adalah hoaks. Sebab, sejauh ini belum ada instruksi secara resmi dari Bawaslu Pusat.

"Perekrutan Panwascam hingga saat ini belum ada instruksi resmi dari Bawaslu RI," kata Imran dilansir dari Antara, Jumat (2/9/2022).

Akibat selebaran yang beredar secara berantai di media sosial, membuat sejumlah warga mendatangi Kantor Panwaslih Aceh Tamiang untuk mengorfirmasi hal tersebut.

"Ada warga yang datang langsung ke kantor ingin mendaftar, ada juga yang tanya langsung lewat WA japri. Saya baru tahu selebaran itu setelah orang banyak WA dan datang ke kantor," ungkapnya.

Padahal hingga Agustus 2022 belum ada instruksi untuk perekrutan Panwascam. Kalau sudah mulai jadwalnya, maka Panwaslih Aceh Tamiang akan mengumumkan secara resmi, baik melalui media massa, pemasangan spanduk disetiap kecamatan dan pengumuman secara luas hingga ke pelosok desa.

"Kalau selebaran itu kami sendiri tidak tahu asal-muasalnya dari mana," tambah dia.

Imran menegaskan, sejauh ini Panwaslih Aceh Tamiang belum pernah mengeluarkan jadwal tahapan perekrutan Panwascam untuk pengawasan Pemilu 2024 seperti yang beredar di medsos.

Pihaknya berharap masyarakat Aceh Tamiang tidak mudah terpengaruh terhadap selebaran palsu yang disebarkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Terhadap masyarakat yang ragu dapat mengakses situs resmi Panwaslih Aceh Tamiang melalui acehtamiang.bawaslu.go.id. Selain itu lewat akun Facebook PanwaslihAcehTamiang, Instagram @BawasluAcehTamiang, Twitter @bawaslu_tamiang serta channel YouTube Bawaslu Aceh Tamiang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya