Daftar Produsen Kendaraan Dijadikan Bahan Hoaks Bagikan Mobil, Simak Biar Tak Tertipu

Berikut kumpulan hoaks produsen kendaraan bagikan hadiah mobil.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 22 Jul 2023, 00:12 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2023, 07:00 WIB
Cek Fakta Toyota Bagikan Hilux untuk THR Lebaran
Cek Fakta Toyota Bagikan Hilux untuk THR Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks sejumlah produsen kendaraan bagikan hadiah mobil beredar di tengah masyarakat lewat media sosial, kabar bohong tersebut harus diwaspadai sebab menjadi modus penipuan.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mendapati sejumlah hoaks seputar produsen kendaraan bagikan hadiah mobil, mulai dari Honda hingga Toyota.

Berikut kumpulan hoaks produsen kendaraan bagikan hadiah mobil.

Pembagian Honda Civic Hanya Dengan Tebak Nomor di Facebook

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim ada pembagian mobil Honda Civic hanya dengan menebak angka di Facebook. Postingan ini beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun bernama Toyota Fortuner Club ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 14 Juli 2023.

Dalam postingannya terdapat narasi sebagai berikut:

"Hingga Julii ini belum ada yang menemukan nomor selain 703, belum ada pemenang Honda Civic Hatchback 2023. Masih ada 2 kemenangan lagi."

Hingga saat ini postingan tersebut telah mendapat 725 likes dan 5,2 ribu komentar.

Lalu benarkah postingan yang mengklaim ada pembagian mobil Honda Civic hanya dengan menebak angka di Facebook? Simak hasil penelusurannya di sini....


Mitsubishi Bagikan 2 Pajero Dalam Rangka HUT Kemerdekaan RI ke-77

Beredar di media sosial postingan pesan berantai yang menyebut Mitsubishi Motors Indonesia sedang membagikan 2 mobil Pajero dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-77. Postingan ini beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 10 Agustus 2022.

Berikut isi postingannya

"Dalam Rangka Memperingati HUT KEMERDEKAAN RI KE 77, Kami akan memberikan secara acak kepada seseorang di facebook 2 unit mobil Mitsubishi Pajero sport merek baru 2022 yang berhasil mengetik (SEMANGAT 45) Silahkan klik 👉 https://bit.ly/3BDyeTA untuk validasi entri Anda ! sebelum tanggal 17 Agustus"

Ia juga menambahkan narasi "Saya rasa grup akan menyukainya"

Lalu benarkah postingan pesan berantai yang menyebut Mitsubishi Motors Indonesia sedang membagikan 2 mobil Pajero dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-77? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.


Toyota Bagikan Hilux untuk THR Lebaran

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Toyota sedang membagikan THR lebaran yakni mobil Hilux dengan cara menebak nomor di Facebook. Postingan itu beredar sejak tengah pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 18 April 2023.

Dalam postingannya terdapat gambar mobil Toyota Hilux dengan deretan nomor dan disertai narasi:

"Untuk lebaran tahun ini belum ada yang menemukan nomor selain 694. belum ada pemenang baru Toyota. Masih ada 5 Pemenang THR lebaran yang tersisa."

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Toyota sedang membagikan THR lebaran yakni mobil Hilux dengan cara menebak nomor di Facebook? Simak hasil penelusurannya di sini....


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya