7 Kebiasaan Unik Orang Bawean

Orang Bawean, atau Boyan biasa masyarakat Malaysia dan Singapura memanggilnya, memiliki banyak kebiasaan unik yang dilakukan setiap hari.

oleh Liputan6 diperbarui 19 Mei 2015, 15:04 WIB
Diterbitkan 19 Mei 2015, 15:04 WIB
7 Kebiasaan Unik Orang Bawean
Orang Bawean, atau Boyan biasa masyarakat Malaysia dan Singapura memanggilnya, memiliki banyak kebiasaan unik yang dilakukan setiap hari.

Citizen6, Jakarta Orang Bawean, atau Boyan biasa masyarakat Malaysia dan Singapura memanggilnya, memiliki banyak kebiasaan unik yang dilakukan setiap hari. Mereka yang tinggal di pulau kecil di tengah-tengah laut Jawa ini memang punya perbedaan yang cukup mengagumkan dibanding daerah lain. Belum lagi karena tidak begitu besar, membuat pulau dengan luas 194,11 km2 ini jadi sangat unik, termasuk budayanya.

Mereka tidak primitif, bahkan bisa dibilang peradabannya sudah yang sangat maju. Tapi orang Bawean sangat berpegang teguh pada warisan leluhur mereka. Maka dari itu, ada beberapa kebiasaan-kebiasaan yang terlihat lucu, kalau dilihat dari kacamata jaman sekarang.

Nah, apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut? Ini dia Rusa sudah rangkum 8 kebiasaan unik orang Bawean:

 1. Nongkrong di Dhurung

Dhurung adalah tempat semacam gazebo, yang letaknya selalu di depan rumah. Di Bawean jarang ditemukan cafe atau warung kopi, mereka biasa nongkrong di kampungnya masing-masing yaitu di dhurung tersebut. Sebagian besar masyarakat Bawean, mempunyai dhurung ini di depan rumahnya.
Ini contoh dhurung tradisional yang masih ada lumbung padinya di bagian atap

Aktivitas yang biasa dilakukan di dhurung bermacam-macam. Ada main domino, main kartu, rujaan, main catur hingga sekedar bergosip ria buat para perempuan. Dhurung juga merupakan tempat bersilaturrahmi orang-orang se-kampung.

Kebiasaan lainnya, yuk baca di sini

Pengirim:

Ibnu A

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya