Voila la France, Meneropong Prancis dari Kacamata yang Berbeda

Dalam bedah buku ini, disampaikan pengalaman Lona selama tinggal di Paris

oleh Sulung Lahitani diperbarui 14 Jan 2016, 15:10 WIB
Diterbitkan 14 Jan 2016, 15:10 WIB
Voila la France, Meneropong Prancis dari Kacamata yang Berbeda
Dalam bedah buku ini, disampaikan pengalaman Lona selama tinggal di Paris

Citizen6, Jakarta Sebagai negara dengan seni serta musik yang mendarah daging di masyarakatnya, rasanya tak heran Prancis menjadi salah satu negara impian banyak orang untuk ditinggali. Hal ini terbukti dari banyaknya buku-buku tentang Prancis yang beredar di pasaran.

Namun tak seperti buku lain yang lebih condong menceritakan travelling ke Prancis, Lona Hutapea Tanasale mencoba mengulik sisi berbeda dari Prancis, khususnya Paris.

Pada presentasi buku Voila la France di auditorium Institut Prancis Indonesia, Lona memaparkan sekelumit kisah yang ia tulis di buku tersebut. Menurut Lona, buku kedua ini masih menceritakan kisah kehidupanna di Prancis namun dari sudut pandang yang tidak klise.

Lona menuliskan pengalamannya hidup di Prancis dari tahun 2009 sampai 2013. Banyak kejutan maupun tradisi dan pengalaman baru yang ia rasakan selama di sana.

Buku ini dibagi ke dalam beberapa bagian seperti 'Bon Appetit' yang membahas makanan, kue tradisional, sampai restoran di Prancis; 'Bonnes Vacances' yang menceritakan kegiatan liburan dan tempat-tempat wisata menarik selain Eiffel. Selain itu ada 'La Ville de la Lumiere' yang memaparkan gaya hidup warga Paris yang tak melulu barang bermerek. Juga ada 'Regles Bizzares' yakni aturan-aturan unik yang terdapat di Prancis. Serta 'Paris Me Manque' yang membahas beberapa pengalaman pribadi Lona di Paris.

 

"Banyak yang saya pelajari selama tinggal di Paris. Tiap sudut kota terdapat monumen bersejarah dan kekayaan budaya," ujar Lona seperti ditemui di Institut Prancis Indonesia, Jakarta, Selasa (12/11/2016).

Menurut Lona banyak hal yang dapat dipelajari dari kehidupan keseharian masyarakat di Paris. Dengan gaya tulisan yang tak kaku, Lona dapat menceritakan dengan baik kehidupan warga Prancis tanpa bermaksud menggurui.

"Paris sebenarnya lebih dari sekadar Eiffel dan Louis Vuitton," tambah Lona.

Lona Hutapea Tanasale merupakan istri dari diplomat Indonesia, Charles Ferninad Hutapea. Ia mengikuti suaminya tinggal di Prancis setelah sebelumnya menetap di Jepang pada tahun 2002-2006. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya