Udik Ripul dari Bangka, Terpilih Jadi Kepala Sekolah di Belanda

Udik Ripul terpilih dari empat kepala sekolah asal Indonesia untuk menjadi kepala sekolah di luar negeri.

oleh Azwar Anas diperbarui 11 Agu 2016, 13:32 WIB
Diterbitkan 11 Agu 2016, 13:32 WIB
Udik Ripul
Udik Ripul Guru Indonesia, Didapuk Jadi Kepala Sekolah di Belanda

Liputan6.com, Jakarta Akun Facebook Udik Ripul kebanjiran ucapan selamat dari rekan dan sejawat. Maklum, guru asli Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung itu, terpilih menjadi kepala sekolah yang akan bertugas di Belanda.

Udik Ripul terpilih dari empat kepala sekolah asal Indonesia untuk menjadi kepala sekolah di luar negeri. Program pertukaran kepala sekolah berskala internasional itu digagas Kemendikbud RI. Negara-negara yang terpilih di antaranya, Belanda, Birma, Thailand, dan Filipina.

Dinukil dari pernyataan Udik Ripul di Facebook, Udik Ripul akan menjadi kepala sekolah di lembaga pendidikan terpadu untuk jenjang SD, SMP, SMA Belanda. Ia bertekad ingin mempelajari sistem pendidikan di Negara Kincir Angin tersebut untuk kemudian dibawa ke Tanah Air.

"Saya juga akan mencoba memperkenalkan budaya Melayu Bangka Tengah di Belanda," ujarnya.

Udik Ripul merupakan guru sekaligus Kepala Sekolah di SMA 1 Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, yang cukup berprestasi. Ia terpilih melalui tes pertukaran kepala sekolah internasional di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI awal 2016 lalu.

Selain menjadi kepala sekolah selama tiga tahun, Udik Ripul juga berkesempatan mengajar siswa jenjang SMA di Den Haag. Untuk itu ia akan mengajak serta keluarganya menetap di Belanda selama tiga tahun.

(War)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya