6 Alasan Punya Hewan Peliharaan Bisa Menjaga Kesehatan Mental Anda

Berikut adalah 6 cara hewan peliharaan Anda dapat meningkatkan kesehatan mental Anda.

oleh Camelia diperbarui 16 Nov 2021, 18:03 WIB
Diterbitkan 16 Nov 2021, 18:03 WIB
Ilustrasi Memelihara Kucing
Ilustrasi memelihara kucing (dok. Pixabay.com/StockSnap/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda sedang stres atau merasa tertekan? Jika Anda tinggal dengan hewan peliharaan, Anda mungkin dapat menjaga kesehatan mental Anda.

Ya, ternyata kucing atau anjing kecil Anda adalah satu-satunya terapi yang Anda butuhkan untuk mengatasi masalah kesehatan mental seperti depresi, stres, kecemasan dan banyak lagi.

Itu benar, Anda mungkin berpikir bahwa Andalah yang merawat mereka, tetapi mereka mendukung dan merawat Anda dengan cara yang tidak terucapkan.

Menurut Medical News Today, memiliki hewan peliharaan membantu orang yang mengidap masalah kesehatan mental yang parah merasakan rasa aman, stabilitas dan menemukan makna dalam hidup.

Menurut sebuah penelitian, kucing dan anjing memiliki kualitas bawaan untuk membuat Anda merasa nyaman dan aman. Mereka mencintai dalam bentuk yang paling murni dan cinta itu dapat membantu mengatasi kesulitan hidup. Masih tidak percaya?

Berikut enam cara hewan peliharaan Anda dapat meningkatkan kesehatan mental Anda, dilansir dari Pinkvilla, Selasa (16/11/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Baik untuk Kesehatan Mental

Macam-Macam Jenis Anjing
Macam-macam jenis anjing peliharaan (sumber: Pixabay)

Membawa hewan peliharaan Anda berjalan-jalan, mendaki atau berlari dapat membantumu tetap bugar dan memenuhi kebutuhan olahraga harianmu. Berolahraga secara teratur dapat berdampak baik pada kesehatan mental Anda juga.


2. Mengusir Rasa Kesepian

Ilustrasi interaksi anjing dengan pemiliknya (pixabay)
Ilustrasi interaksi anjing dengan pemiliknya (pixabay)

Menjalani isolasi dan kesepian, kenyataan yang kita jalani saat ini yang tentu dapat menyebabkan depresi.

Merawat hewan dan bermain dengan mereka dapat membuat Anda merasa diinginkan. Mulai dari menyapa Anda di depan pintu hingga mengibaskan ekor saat menginginkan sesuatu dapat mengusir rasa kesepian secara cepat.


3. Berinteraksi dengan Pemilik Hewan Lain

Ilustrasi Anjing Labrador
Ilustrasi Anjing Labrador. (Liputan6/Pixabay)

Pemilik hewan peliharaan sering berbicara satu sama lain saat berjalan-jalan, ini membantu mereka tetap terhubung dan tidak terlalu menarik diri. Orang yang bersosialisasi dan bertemu orang baru cenderung lebih sehat.


4. Buat Kita Menghargai Hal Kecil dalam Hidup

Ilustrasi anak anjing (pixabay)
Ilustrasi anak anjing (pixabay)

Hewan peliharaan hidup di saat ini dan mengajari Anda untuk melakukan hal yang sama. Mereka membantumu menjadi lebih sadar dan menghargai hal kecil dalam hidup. Ini dapat membantu bagi mereka yang mengidap stres kronis atau kecemasan.


5. Miliki Rutinitas

Ilustrasi manusia dengan anjingnya (pixabay)
Ilustrasi manusia dengan anjingnya (pixabay)

Hewan peliharaan harus memiliki jadwal makan dan olahraga yang tepat, yang membantu mereka tetap tenang dan ini juga dapat membantumu.

Memiliki hewan peliharaan membantu Anda tetap pada jadwal dan rutinitas yang tepat yang dapat membantu Anda menjaga perubahan suasana hati Anda.


6. Membantu Menghilangkan Stres

Ilustrasi anjing berlari (pixabay)
Ilustrasi anjing berlari (pixabay)

Diyakini bahwa sentuhan dan gerakan adalah dua cara terbaik untuk mengelola stres. Mengelus anjing Anda, memeluknya di pangkuan Anda atau burung yang bernyanyi untuk Anda dapat membantu Anda merasa lebih tenang dan tidak terlalu stres.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya