Warna Seragam Satpam dari Masa ke Masa, Putih Biru hingga Krem Coklat

Warna seragam baru satpam yang sebelumnya cokelat muda diganti menjadi krem.

oleh Camelia diperbarui 03 Feb 2022, 11:32 WIB
Diterbitkan 03 Feb 2022, 10:31 WIB
5 Potret Seragam Baru Satpam yang Diresmikan Hari Ini, Tampil dengan Warna Krem
Diresmikan Rabu (2/2/2022), ini penampakan seragam baru satpam. (sumber: Twitter/ferry_suryo)

Liputan6.com, Jakarta Korbinmas Baharkam Polri secara resmi memperkenalkan warna seragam satpam yang baru dalam upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-41 Satpam, di Lapangan Bhayangkara Polri, Jakarta Selatan.

Warna seragam satpam yang sebelumnya cokelat muda diganti menjadi krem. Penggantian tersebut disebabkan warna cokelat muda dinilai terlalu mirip dengan seragam polisi sehingga membingungkan masyarakat.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan dalam upacara HUT ke-41 satpam itu, pihaknya resmi mengenalkan seragam baru sekaligus sosialisasi kepada masyarakat.

"Iya betul, tanggal 2 Februari dikenalkan seragam baru," kata Ramadhan, Rabu (2/2/2022).

Informasi soal perubahan warna seragam satpam dari warna cokelat muda menjadi krem ini sebenarnya sudah ada sejak pertengahan Januari 2022 namun baru diresmikan sekarang. Masyarakat menilai warna seragam satpam yang sebelumnya cokelat muda dianggap cukup membingungkan karena mirip dengan seragam polisi.

Rupanya sejak dibentuk pada tahun 1980, seragam satpam setidaknya telah mengalami beberapa perubahan warna. Berikut perubahan warna seragam satpam dari masa ke masa.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Putih-Biru

Chairuman Harahap Jadi Saksi Kasus E-KTP di KPK
Mantan anggota DPR periode 2009-2014, Chairuman Harahap (kanan) berbincang dengan satpam saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Senin (24/6/2019). Politikus Partai Golkar tersebut diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Markus Nari dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sebelumnya warna seragam satpam yang paling melekat diingatan kita yaitu berwarna putih biru. Tak sebentar, seragam satpam berwarna putih biru ini digunakan oleh satpam setidaknya selama 40 tahun, terhitung sejak 1980 hingga 2020.


Coklat Muda

Seragam satpam mirip pakaian dinas polri
Seragam satpam mirip pakaian dinas polri (Foto: Istimewa)

Di awal tahun 2021 seragam satpam kemudian berganti menjadi coklat muda. Perubahan warna ini berdasarkan Pasal 45 Peraturan Kapolri No. 4 Tahun 2020. Melalui aturan itu, seragam satpam berubah menjadi warna coklat muda untuk atasannya dan berwarna coklat tua untuk bawahannya. Namun warna seragam ini dinilai mirip mirip dengan seragam polisi. Akhirnya tak berselang lama warna seragam satpam pun Kembali diganti menjadi krem.


Krem

Seragam Satpam 2022
Demi menghilangkan kebingungan di tengah masyarakat, Polri mengubah lagi warna seragam satpam jadi krem. (Liputan6.com/ TikTok @normnsyah)

Warna seragam baru satpam Kembali berganti yaitu dari cokelat muda menjadi krem. Penggantian tersebut disebabkan warna cokelat muda terlalu mirip dengan polisi sehingga membingungkan masyarakat. Warna seragam baru satpam ini akan diimplementasikan tahun depan dan mulai Rabu (2/2/2022) sosialisasinya sudah dimulai. Warna seragam baru satpam yang baru ini resmi dikenalkan oleh Korbinmas Baharkam Polri secara resmi dalam upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-41 Satpam, di Lapangan Bhayangkara Polri, Jakarta Selatan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya