Ketahui Penyebab Anda Sering Terbangun pada Jam-Jam Tertentu di Malam Hari

Jika Anda terus-menerus bangun kira-kira pada waktu yang sama setiap malam, orang China menyarankan Anda mempelajari jam tubuh.

oleh Camelia diperbarui 31 Agu 2022, 17:00 WIB
Diterbitkan 31 Agu 2022, 17:00 WIB
Gambar Ilustrasi Wanita yang Mengalami Insomnia / Kesulitan Tidur di Malam Hari
Sumber: Freepik

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda terus-menerus bangun kira-kira pada waktu yang sama setiap malam, orang China menyarankan Anda mempelajari jam tubuh. Mereka mengatakan bahwa setiap jam tidur sebelum tengah malam bernilai 2 setelah tengah malam, tetapi untuk tidur nyenyak, Anda perlu memeriksa organ Anda terlebih dahulu pasalnya setiap jam di malam hari terhubung ke organ tertentu. Dilansir dari Brightside, berikut ini ulasannya. 

Dari jam 9 malam sampai jam 11 malam

Jam 9 malam dan jam 11 malam, terhubung ke sistem endokrin dan limfatik Anda, kata orang China. Sistem ini lebih aktif selama ini. Jika mereka tidak seimbang, Anda mungkin merasa tertekan dan kurang tidur selama waktu ini.

Juga, di antara gejala-gejala ini, Anda dapat mengalami mania, perasaan bersalah, ketidakseimbangan hormon, dan gangguan tiroid. Anda membutuhkan rutinitas waktu tidur yang lebih baik, dan ingatlah bahwa pukul 22.30 adalah waktu terakhir Anda harus berada di tempat tidur untuk memastikan Anda tidur pada pukul 11 ​​malam.

Dari jam 11 malam sampai jam 1 pagi

Waktu ini bertanggung jawab untuk kantong empedu. Fungsi yang salah dari organ ini menyebabkan perasaan tidak seimbang yang tidak menentu, penilaian yang buruk, kesulitan membuat keputusan, rasa malu, rasa takut-takut, dan kolesterol tinggi. Para ahli menyarankan Anda menghindari konsumsi minuman tidak sehat dan lemak trans.

Dari jam 1 pagi sampai jam 3 pagi

Selama periode waktu ini, hati lebih aktif. Ia mencoba mendetoksifikasi tubuh Anda dan memproses emosi hari itu. Anda mungkin merasa marah dan mengalami kemurungan dan sakit kepala saat bangun.

Jika Anda terus bangun pada jam ini, Anda mungkin memiliki terlalu banyak kebiasaan buruk, termasuk mengonsumsi minuman yang tidak sehat dan makanan yang tidak sehat, terutama jika Anda melakukannya di malam hari.

Dari jam 3 pagi sampai jam 5 pagi

Paru-paru aktif selama jam-jam ini. Jika Anda memiliki masalah dengan organ ini, Anda mungkin mengalami kesedihan, napas pendek, berkeringat, dan nyeri dada. Cobalah melakukan latihan pernapasan sebelum tidur, atau berbicara dengan teman atau psikolog.

Dari jam 5 pagi sampai jam 7 pagi

Usus besar bekerja aktif kali ini. Jika memiliki gangguan, Anda mungkin merasa defensif atau terjebak dalam suatu situasi. Setiap kali Anda bangun dari jam alarm Anda, Anda mungkin merasa frustrasi. Orang China menyarankan Anda memasukkan lebih banyak serat atau air ke dalam makanan Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penelitian: Kurang Tidur Bisa Bikin Orang Lebih Egois

Mengubah Posisi Tidur
Ilustrasi Mendapat Mimpi Buruk Credit: pexels.com/pixabay

Tidur secara luas diakui sebagai salah satu proses penting kehidupan, memberikan manfaat yang kuat dalam kesehatan fisik juga mental. Namun tahukah Anda bahwa malam tanpa tidur juga dapat menyebabkan perilaku egois?

Dikutip dari CNN, Rabu, 24 Agustus 2022, kurang tidur memengaruhi seberapa besar kemungkinan seseorang untuk membantu orang lain, menurut sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal PLOS Biology pada Selasa, 23 Agustus 2022. Para peneliti dari University of California, Berkeley, menjalankan tiga penelitian di Amerika Serikat melihat efek "egois" ini, menganalisis perubahan aktivitas saraf dan perilaku yang menguntungkan orang lain, serta menemukan hal tersebut lazim bahkan setelah sedikit kurang tidur.

Ilmuwan penelitian Eti Ben Simon dan Matthew Walker, seorang profesor ilmu saraf dan psikologi di UC Berkeley dan direktur Center for Human Sleep Science universitas itu adalah pemimpin studi tersebut. Mereka mengatakan kepada CNN bahwa temuan ini paling mengejutkan.

"Bahkan hanya satu jam kurang tidur sudah lebih dari cukup untuk memengaruhi pilihan untuk membantu orang lain," kata Ben Simon, rekan postdoctoral psikologi di Center for Human Sleep Science. "Ketika orang kehilangan satu jam tidur, ada pukulan yang jelas pada kebaikan manusiawi bawaan kita dan motivasi kita untuk membantu orang lain yang membutuhkan."

Dengan melihat database 3 juta donasi amal antara 2001--2016, Ben Simon, Walker, dan rekan-rekan mereka melihat penurunan donasi sebesar 10 persen setelah Daylight Saving Time (waktu musim panas). Penurunan ini tidak terlihat di negara bagian yang tidak mengikuti transisi satu jam ke depan.


Penelitian

Ilustrasi Tidur
Ilustrasi tidur (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Dalam studi kedua, para peneliti menggunakan pencitraan resonansi magnetik fungsional untuk melihat aktivitas otak 24 orang setelah delapan jam tidur dan setelah semalaman tidak tidur. Studi ini menemukan, jaringan saraf prososial (area otak yang terkait dengan teori pikiran) kurang aktif setelah kurang tidur.

Teori pikiran adalah kemampuan untuk mempertimbangkan kebutuhan, keadaan, dan emosi orang lain, yang biasanya berkembang pada anak usia dini dengan sosialisasi. Sedangkan dalam studi ketiga, yang mengukur tidur lebih dari 100 orang selama 3--4 malam, para peneliti secara tak terduga menemukan bahwa kualitas tidur lebih penting daripada kuantitas tidur dalam hal mengukur keegoisan.

Tim menilai tingkat keegoisan berdasarkan tanggapan terhadap kuesioner yang telah diisi oleh peserta studi. Kuantitas dan kualitas tidur keduanya biasanya memengaruhi perilaku emosional dan sosial, sehingga tim mengharapkan untuk menemukan efek dari keduanya, kata Ben Simon kepada CNN.

"Temuan ini dapat menunjukkan bahwa begitu durasi tidur meningkat di atas jumlah nominal dasar, maka tampaknya kualitas tidur itulah yang paling penting untuk membantu dan mendukung keinginan kita untuk membantu orang lain," jelasnya.


Tipe dan Penyebab Kurang Tidur

Ilustrasi orang tidur.
Ilustrasi orang tidur. (dok. Manbob86/Pixabay/ Tri Ayu Lutfiani)

Kurang tidur dapat dikategorikan dengan cara yang berbeda tergantung pada keadaan seseorang:

Kurang tidur akut mengacu pada periode singkat, biasanya beberapa hari atau kurang, ketika seseorang mengalami pengurangan waktu tidur yang signifikan.

Kurang tidur kronis, juga dikenal sebagai sindrom tidur tidak cukup, didefinisikan oleh American Academy of Sleep Medicine sebagai tidur terbatas yang berlangsung selama tiga bulan atau lebih.

Kekurangan tidur kronis atau kurang tidur dapat menggambarkan kurang tidur yang sedang berlangsung serta kurang tidur yang terjadi karena fragmentasi tidur atau gangguan lainnya.

Sementara, beberapa faktor dapat menyebabkan atau berkontribusi terhadap kurang tidur, termasuk kebersihan tidur yang buruk, pilihan gaya hidup, kewajiban kerja, gangguan tidur, dan kondisi medis lainnya. Kurang tidur sering didorong oleh pilihan sendiri yang mengurangi waktu tidur yang tersedia.

Misalnya, seseorang memutuskan untuk begadang untuk menonton serial TV mungkin mengalami kurang tidur akut. Jadwal tidur yang tidak konsisten dapat memfasilitasi keputusan ini. Kewajiban kerja adalah penyebab umum lainnya untuk kurang tidur.

Orang yang melakukan banyak pekerjaan atau jam kerja yang diperpanjang mungkin tidak memiliki waktu untuk tidur yang cukup. Pekerja shift yang harus bekerja sepanjang malam mungkin juga merasa sulit untuk mendapatkan jumlah tidur yang benar-benar mereka butuhkan.

Kekurangan tidur dapat disebabkan oleh gangguan tidur lain atau kondisi medis, misalnya, sleep apnea, gangguan pernapasan yang menyebabkan lusinan terbangun di malam hari, dapat menghambat durasi dan kualitas tidur. Masalah kesehatan medis atau mental lainnya, seperti nyeri atau gangguan kecemasan umum, dapat mengganggu kualitas dan kuantitas tidur.

Infografis Mengenal 8 Fungsi Keluarga
Infografis Mengenal 8 Fungsi Keluarga. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya