Piala Dunia hingga Copa America, Ini Daftar Trofi yang Pernah Dimenangkan Lionel Messi Bersama Argentina

Lionel Messi akhirnya mengangkat trofi setelah mengalahkan Prancis dalam final Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar. Hingga kini, berbagai Trofi telah diraih Lionel Messi selama kariernya.

oleh Ine Vania Putri diperbarui 19 Des 2022, 13:41 WIB
Diterbitkan 19 Des 2022, 13:41 WIB
Foto: Lionel Messi Bersama Dua Trofi Bergengsi
Bintang Argentina sukses meraih pemain terbaik Piala Dunia 2022 usai mengantarkan Argentina juara. (Instagram/fifaworldcup)

Liputan6.com, Jakarta Pada hari Minggu 18 Desember 2022, Lionel Messi mencetak sejarah dengan Argentina, Dia akhirnya mengangkat trofi setelah mengalahkan Prancis dalam final Piala Dunia 2022 di Qatar. Argentina memenangkan pertandingan 4-2 melalui adu penalti setelah bermain imbang 3-3 pada babak penuh waktu.

Pemain pemenang Ballon d'Or tujuh kali itu mencetak dua gol di final untuk membantu Argentina mengangkat gelar Piala Dunia ketiga mereka. Messi membuka skor untuk Argentina saat ia mengkonversi penalti pada menit ke-23. Di Maria membuat Argentina unggul 2-0 dengan golnya di menit ke-38.

Kylian Mbappe dari Prancis mencetak dua gol berturut-turut menjelang akhir pertandingan untuk menyamakan skor dan membawa final ke perpanjangan waktu. Messi mencetak gol keduanya di babak perpanjangan waktu untuk kembali memimpin Argentina. Namun, Mbappe kembali merusaknya untuk Messi dan Argentina dengan menyamakan kedudukan 3-3 pada menit ke-118.

Pertandingan berlanjut ke adu penalti, Argentina akhirnya menjadi pemenang setelah Prancis gagal memasukkan dua penalti berturut-turut ke belakang gawang. Argentina memenangkan pertandingan 4-2 melalui adu penalti.

Messi dianugerahi Golden Ball untuk penampilannya yang luar biasa di turnamen. Dia mencetak tujuh gol dalam banyak pertandingannya di Piala Dunia tahun ini bersama Argentina.

Perjalanan Messi meraih juara Piala Dunia 2022 cukup panjang. Messi baru mendapatkannya usai mengikuti lima edisi dan memainkan 26 pertandingan.

Trofi tersebut tentu melengkapi karier panjangnya. Hingga kini, berbagai trofi telah diraih Lionel Messi selama kariernya. Melansir Republic World, Senin (19/12/2022), berikut adalah daftar trofi yang telah dimenangkan Messi bersama Argentina.

 


Daftar Trofi yang Dimenangkan Messi Bersama Argentina

Lionel Messi Sabet Gelar Pemain Terbaik Piala Dunia 2022
Pemain ArgentinaLionel Messi memegang trofi penghargaan Bola Emas saat membelai trofi Piala Dunia 2022 usai melawan Prancis pada pertandingan sepak bola final Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Lusail, Qatar, 18 Desember, 2022. Lionel Messi dinobatkan sebagai peraih Bola Emas atau Golden Ball sebagai perlambang pemain terbaik selama Piala Dunia 2022 setelah memimpin Argentina menaklukkan Prancis dalam babak final. (AP Photo/Hassan Ammar)

Piala Dunia FIFA 2022

Messi memenangkan Piala Dunia FIFA 2022 setelah mengalahkan Prancis di final. Argentina memenangkan pertandingan 4-2 melalui adu penalti setelah bermain imbang 3-3 pada waktu penuh.

Copa America 2021

Argentina asuhan Messi memenangkan gelar Copa America ke-15 mereka setelah mengalahkan Brasil 1-0 di final. Messi finis sebagai pencetak gol terbanyak dalam turnamen.

CONMEBOL-UEFA Cup of Champions 2022

Argentina yang dipimpin Messi memenangkan gelar CONMEBOL-UEFA Cup of Champions kedua berturut-turut setelah mengalahkan Italia 3-0 di final yang diadakan di Stadion Wembley.

 

Summer Olympics 2008 (Argentina U23)

Messi memenangkan medali emas bersama tim Argentina U23 di Olimpiade Musim Panas 2008 di Beijing setelah mengalahkan Nigeria 1-0 di final kompetisi.

FIFA World Youth Championship 2005 (Argentina U20)

Messi memenangkan Piala Dunia FIFA U-20 pada tahun 2005 setelah mengalahkan Nigeria 2-1 di final. Messi mencetak kedua gol untuk Argentina dalam permainan untuk membantu memenangkan Piala Dunia U-20.

 

 


Main di Lima Edisi Berbeda dalam Piala Dunia FIFA

Lionel Messi mengangkat Trofi Piala Dunia 2022
Lionel Messi bersama pemain Argentina lainnya mengangkat trofi Piala Dunia setelah menjadi juara di Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Lusail Stadium, Qatar, Senin (19/12/2022). (AP Photo/Martin Meissner)

 

Seperti diketahui Messi, belum lama ini mencatatkan penampilan ke-1000 dalam karier seniornya ketika melakoni pertandingan babak 16 besar FIFA World Cup kontra Australia di Stadion Ahmed bin Ali pada Minggu (4/12/2022). La Pulga juga turut menyumbangkan gol pembuka yang mengantar Argentina berjaya 2–1 atas Socceroos.

Teranyar, Messi kembali mencatatkan rekor penampilan saat berduel dengan Prancis di final. Pesepak bola kelahiran 1987 menjadi pemain pria yang mentas paling banyak dalam ajang Piala Dunia dengan catatan 26 pertandingan.

Peraihan tersebut membuat Messi unggul atas pemain legendaris Lothar Matthaus asal Jerman. Ia juga nyaris tak terkejar dari rival abadi Cristiano Ronaldo yang memainkan empat laga Piala Dunia lebih sedikit ketimbang dirinya.

Messi juga telah tampil dalam lima edisi Piala Dunia berbeda. Ia secara berturut-turut membela Argentina di FIFA World Cup 2006, 2010, 2014, 2018, dan 2022.

Piala Dunia yang baru saja dilakoninya konon bakal menjadi kali terakhir La Pulga mentas di ajang serupa. Kendati demikian, kapten La Albiceleste sudah patut berbangga.

Pasalnya, ia resmi dinobatkan sebagai satu dari enam pesepak bola pria di seluruh dunia yang mampu tampil dalam lima perhelatan FIFA World Cup berbeda.

Kemenangan yang diraih dalam Piala Dunia 2022 juga menandai perpisahan manis penggawa Paris Saint-Germain dengan kompetisi sepak bola terakbar empat tahunan itu.


Rekor Individual

Lionel Messi. (Foto: Dok. Instagram terverifikasi @leomessi)
Lionel Messi. (Foto: Dok. Instagram terverifikasi @leomessi)

Tak hanya memiliki pencapaian mentereng bersama tim, Messi juga tak bosan memecahkan rekor individual, baik di kancah domestik maupun internasional, meski usianya sudah memasuki 35 tahun.

Melansir kanal Citizen6, eks bintang Barcelona ini sebelumnya sudah cukup disegani berkat koleksi tujuh penghargaan Ballon d’Or, yakni pada tahun 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, 2019, 2021. Usai tampil cemerlang bersam Argentina di Piala Dunia 2022 Qatar, Lionel Messi juga berpeluang sangat besar menambah satu lagi Ballon d'Or.

Selain Ballon d'Or, Lionel Messi juga telah memenangkan 6 Sepatu Emas Eropa, penghargaan yang diberikan setiap musim kepada pencetak gol terbanyak dalam pertandingan liga dari divisi teratas liga nasional Eropa.

Hal hebat lainnya adalah Lionel Messi menjadi satu-satunya pemain yang berhasil memenangkan dua Golden Ball, yakni pada Piala Dunia 2014 Brasil dan Piala Dunia 2022 Qatar. 

Infografis Perang Bintang Top Skor dan Assist Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022
Infografis Perang Bintang Top Skor dan Assist Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya