6 Poin Penting Laga Manchester United vs Sevilla, Absennya Marcus Rashford hingga Gol Bunuh Diri Harry Maguire

Berikut 6 poin penting laga Manchester United vs Sevilla

oleh Sulung Lahitani diperbarui 14 Apr 2023, 11:28 WIB
Diterbitkan 14 Apr 2023, 11:27 WIB
6 Poin Penting Laga Manchester United vs Sevilla, Absennya Marcus Rashford hingga Gol Bunuh Diri Harry Maguire
6 Poin Penting Laga Manchester United vs Sevilla, Absennya Marcus Rashford hingga Gol Bunuh Diri Harry Maguire. (Darren Staples / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Manchester United bermain imbang 2-2 dengan Sevilla di leg pertama pertandingan perempat final Liga Eropa mereka di Old Trafford, dengan Marcel Sabitzer mencetak dua gol di babak pertama sebelum MU kebobolan dua gol bunuh diri.

Manchester United masih dalam perburuan untuk memenangkan tiga trofi musim ini, dengan tim asuhan Erik ten Hag akan menghadapi Brighton akhir bulan ini di semifinal Piala FA setelah memenangkan Piala Liga pada bulan Februari. Namun, mereka sekarang harus menang di Sevilla untuk memastikan mereka mencapai semifinal Liga Europa setelah kehilangan keunggulan 2-0.

Itu adalah penampilan yang mengesankan dari Manchester United di babak pertama, yang tidak terganggu oleh absennya sang jimat Marcus Rashford yang cedera, tetapi mereka gagal memanfaatkan dominasi mereka dan Sevilla kembali ke permainan dengan Tyrell Malacia dan Harry Maguire sama-sama mencetak gol bunuh diri ke gawangnya sendiri. 

Berikut 6 poin penting laga Manchester United vs Sevilla tersebut seperti dihimpun dari berbagai sumber.

1. Kesempatan perpindahan permanen Sabitzer makin kuat

Sejak pindah ke Old Trafford dengan status pinjaman di pertengahan musim, Sabitzer sangat terkesan. Pemain berusia 29 tahun itu awalnya bermain di lini tengah, tetapi telah didorong lebih jauh ke depan dalam tiga pertandingan terakhir United setelah mereka berjuang untuk kreativitas karena Christian Eriksen cedera.

Untuk mengimbangi ketidakhadiran Eriksen, Bruno Fernandes bermain lebih dalam dengan Sabitzer yang ditempatkan di peran no.10. Dan pemain internasional Austria itu telah memberikan assist, membantu gol kemenangan Rashford melawan Brentford dan sekarang mencetak dua gol melawan Sevilla.

Meskipun Eriksen dapat kembali ke starting line-up sekarang setelah ia pulih dari cedera pergelangan kakinya, penampilan Sabitzer membuat Ten Hag akan kesulitan untuk menurunkannya dan dapat membujuk pemain Belanda itu untuk mencoba dan menjadikan peminjamannya permanen di musim panas.

Sabitzer sendiri telah berbicara dengan gemilang tentang waktunya di United sejauh ini dan tampaknya ingin bertahan. Ia mengatakan kepada BILD awal pekan ini: "Tentu saja, pikiran saya tertuju pada Manchester United, terutama dengan kepercayaan yang saya dapatkan dari Erik ten Hag - itu sangat positif. Saya telah menemukan tempat saya di sini. Sekarang saya tahu Premier League dan bisa mengatakan tidak ada yang lebih baik."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Martial tampil impresif dalam absennya Rashford

Anthony Martial - Manchester United - MU
Striker Manchester United atau MU Anthony Martial. (AFP)

Dalam pertandingan pertama Manchester United tanpa pencetak gol terbanyak Marcus Rashford, yang telah mencetak 28 gol di semua kompetisi tetapi sekarang absen karena cedera otot, Ten Hag beralih ke Martial untuk memimpin lini depan.

Ten Hag memberi pemain Prancis itu start pertamanya sejak Januari, setelah mengatakan dalam konferensi pers prapertandingannya: "Ketika dia berada di tim, kami memainkan sepak bola terbaik kami. Statistik memberi tahu Anda bahwa saat dia berada di lapangan saat dia kebutuhan untuk tujuan benar-benar kurang."

Dan sementara Sabitzer yang mencetak gol, Martial memainkan peran kunci dalam keduanya, terutama membantu yang kedua setelah mengambil bola di areanya sendiri, mendorong ke depan dan kemudian menemukan rekan setimnya berlari dengan umpan sempurna.

3. Fernandes absen di leg kedua

Fernandes mendapat kartu kuning karena handball setelah bola mengenai lengannya saat ia meluncur untuk memblokir tembakan dari Nemanja Gudelj di tepi kotak penalti.

Kartu kuning berarti dia akan diskors untuk leg kedua minggu depan dan kiper legendaris United Peter Schmeichel marah dengan keputusan wasit Felix Zwayer itu. "Itu bukan kartu kuning," katanya kepada BBC Radio 5 Live.

"Fernandes melemparkan dirinya sendiri ke arah bola, tetapi ke mana tangannya seharusnya pergi? Saya setuju dengan tendangan bebas, tetapi itu sama sekali bukan kartu kuning."

 


4. Sancho kurang percaya diri

Ekspresi Jadon Sancho saat Kembali Merumput Bersama Manchester United
Penyerang Manchester United, Jadon Sancho bertepuk tangan kepada para penggemar usai pertandingan melawan Nottingham Forest di leg kedua semifinal Piala Liga Inggris di Old Trafford di Manchester, Inggris, Kamis (2/2/2023). Fans Manchester United memberi sambutan yang spesial untuk Jadon Sancho ketika kembali ke lapangan. Fans Setan Merah meneriakkan nama Sancho, yang kemudian dibalas lambaian tangan begitu laga usai. (AFP/Paul Ellis)

Jadon Sancho gagal mencapai level yang sama untuk Manchester United seperti yang dia lakukan untuk Borussia Dortmund sejak pindah pada 2021. Pemain sayap itu hanya membuat tujuh kontribusi gol dalam 28 penampilan di semua kompetisi musim ini dan belum mencetak gol sejak Februari.

Dia memang berpikir dia telah memberi United keunggulan setelah hanya 25 detik, tetapi gol itu akhirnya dianulir karena offside dan Schmeichel tidak terkesan dengan penampilan pemain sayap itu. "Sancho harus melakukan yang lebih baik," katanya kepada 5 Live.

"Dia tidak fokus dengan baik dan cukup berkonsentrasi. Kami telah melihatnya melawan pemain di awal musim, saya tidak tahu apakah itu kurang percaya diri. Manajer mempercayainya dan memberinya kesempatan, dia berhasil dia secara individu jadi saya tidak tahu mengapa dia harus kurang percaya diri."

 


5. Gol bunuh diri yang mengerikan

Foto: Harry Maguire Masuk dalam Daftar Cuci Gudang MU, Ini Dia Pemain Setan Merah yang Bakal Dilepas pada Bursa Januari 2023
Harry Maguire dilaporkan masuk ke dalam daftar pemain Manchester United yang bakal dilepas pada bursa transfer Januari 2023. Bek Inggris tersebut gagal tampil konsisten beberapa musim terakhir. Pada musim ini, ia hanya dipercaya tampil sebanyak 15 pertandingan oleh Erik Ten Hag. Meskipun begitu, Maguire tercatat masih memiliki kontrak hingga tahun 2025. (AFP/Oli Scarff)

Sevilla bangkit kembali setelah menyamakan kedudukan, dengan Malacia dan Harry Maguire mencetak gol bunuh diri. Untuk gol bunuh diri pertama, Manchester United gagal menghalau umpan silang dengan baik karena Malacia membiarkan bola mengalir ke mantan bintang Manchester City Jesus Navas dan kemudian mengalihkan usahanya melewati David de Gea.

Sevilla kemudian menyamakan kedudukan di waktu tambahan setelah Youssef En-Nesyri melakukan sundulan ke arah gawang yang mengambil defleksi yang tidak disengaja dari Maguire dan De Gea yang salah kaki. Gol pertama khususnya adalah hasil dari pertahanan yang buruk, dengan Robbie Savage mengoyak Malacia karena kesalahannya yang "mengerikan".

"Malacia mati," kata Savage saat berkomentar untuk BT Sport. "Dia membiarkannya berpikir itu akan keluar, itu pertahanan yang mengerikan."

 


6. Varane dan Martinez cedera

Foto: 5 Rekrutan Terbaik Liga Inggris Musim 2022 / 2023
Bek mungil yang ditebus Manchester United dari Ajax ini sukses membayar keraguan publik dengan kualitasnya yang jempolan. Lisandro Martinez merupakan pilihan utama dan selalu dimainkan Ten Hag untuk mengawal lini pertahanan Setan Merah. (AFP/Oli Scarff)

Lebih buruk lagi bagi Manchester United, Raphael Varane dan Lisandro Martinez cedera. Pasangan ini sangat penting bagi kesuksesan United di bawah Ten Hag musim ini dan cedera Martinez khususnya tampak sangat memprihatinkan.

Bek tengah itu jatuh tanpa ada orang di sekitarnya dan, mengingat United telah membuat semua pemain pengganti mereka pada saat itu, itu berarti mereka hanya bermain sepuluh orang ketika Sevilla menyamakan kedudukan.

Dan jika United tanpa Fernandes yang diskors, Rashford, dan pasangan bek tengah pilihan pertama mereka untuk leg kedua minggu depan, maka Sevilla pasti akan merasakan peluang untuk mengalahkan mereka dan menyingkirkan mereka dari kompetisi.

Infografis Nemanja Matic
Infografis Nemanja Matic sebelum berkostum Manchester United (MU)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya