12 Alasan Mengapa Pria yang Telah Menikah Memutuskan untuk Berselingkuh - Part 1

Banyak yang berpikir pria berselingkuh karena mereka tidak bahagia. Tapi ada berbagai alasan mengapa pria selingkuh, dan itu tidak selalu sama untuk semua orang.

oleh Camelia diperbarui 15 Mei 2023, 20:23 WIB
Diterbitkan 15 Mei 2023, 17:00 WIB
12 Alasan Mengapa Pria yang Telah Menikah Memutuskan untuk Berselingkuh - Part 1
12 Alasan Mengapa Pria yang Telah Menikah Memutuskan untuk Berselingkuh - Part 1 - Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Perselingkuhan selalu menjadi hal yang mengerikan yang harus dilalui dalam suatu hubungan. Ini juga lebih sering dilakukan oleh pria daripada wanita. Institute for Family Studies (IFS) melaporkan dari Survei Sosial Umum baru-baru ini bahwa 20% pria berselingkuh dari pasangannya dibandingkan dengan 13% wanita.

Patah hati dan frustrasi yang ditimbulkannya bisa sangat merusak dan Anda sering bertanya-tanya bagaimana perselingkuhan bisa terjadi dalam sebuah pernikahan? Mengapa pria menikah yang bahagia berselingkuh?

Ini adalah pertanyaan yang tidak memiliki jawaban yang jelas, tetapi banyak yang berpikir berselingkuh karena mereka tidak bahagia. Tapi ada berbagai alasan mengapa pria selingkuh, dan itu tidak selalu sama untuk semua orang.

Dilansir dari Marriage.com, Selasa (15/5/2023), berikut deretan alasan mengapa banyak pria beristri berselingkuh:

1. Kurangnya kebutuhan yang terpenuhi

Yang biasanya menimbulkan masalah dalam pernikahan adalah ketika kebutuhan salah satu pasangan dalam suatu hubungan tidak terpenuhi sepenuhnya. Mereka bisa secara keseluruhan bahagia dengan pasangannya tetapi masih merasakan ketidakpuasan. 

Mereka tidak dapat menyelesaikan ini sepenuhnya dan memenuhi kebutuhan mereka dengan cara yang sehat, sehingga mereka memutuskan untuk mencarinya pada orang lain.

2. Batasan pribadi yang buruk

Apakah banyak pria dalam pernikahan menikah yang bahagia berselingkuh? Terkadang, bukan atas kemauan sendiri. Tidak memiliki batasan apapun dalam hubungan atau dengan orang lain mengenai perilaku apa yang dapat diterima atau tidak dapat diterima dapat meningkatkan kemungkinan pria terlibat dalam perselingkuhan.

Jika dia adalah seseorang yang terlalu patuh dan kesulitan mengatakan 'tidak', dia mungkin akan berselingkuh bahkan jika dia mungkin tidak menginginkannya sejak awal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Ketidakamanan

Mudah terjadi Perselingkuhan
Ilustrasi perselingkuhan. Credit: pexels.com/pixabay

Setiap orang memiliki rasa tidak aman tetapi terkadang cara kita menanganinya mungkin tidak sehebat yang kita inginkan. Suami Anda bisa menjadi pasangan yang hebat dan ayah yang hebat bagi anak-anak Anda dan karena itu dia berada di bawah banyak tekanan untuk membuat keluarga Anda bahagia.

Mereka tidak dapat membicarakan rasa tidak aman ini dan mengatasinya dengan cara yang sehat, jadi mereka mencari cara untuk menyelesaikannya secara rahasia melalui perselingkuhan.


4. Ingin eksplorasi diri

Gara-gara Menghabiskan Keripik, Wanita Ini Menyerang Pacarnya
Gara-gara keripik aja pacarnya diserang, gimana kalau selingkuh? (Foto: unsplash.com)

Pria beristri yang berselingkuh dari istrinya juga biasanya adalah seseorang yang merasa terkekang dalam kemampuan mereka untuk mengekspresikan diri dalam hubungan mereka. Bagi mereka, perselingkuhan adalah kesempatan untuk mengeksplorasi bagian dari diri mereka yang tidak pernah mereka alami atau tertekan sejak lama.

Ini juga bukan tentang keinginan untuk mengubah siapa mereka, pada dasarnya, sebagai pribadi. Terlebih lagi mereka ingin merasa bebas dan tidak terbebani cukup lama untuk merasa tumbuh dan mengalami hidup. Dalam kasus seperti ini, mereka tidak mencari orang lain dalam hidup mereka. Sebaliknya, meskipun kedengarannya murahan, mereka menelusuri diri mereka sendiri.


5. Daya pikat untuk melakukan apa yang tidak seharusnya dilakukan

Euforia Cinta
Simak informasi mengenai selingkuh berikut ini. (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Mengapa pria berselingkuh? Kadang-kadang, itu hanya karena mereka tahu bahwa mereka seharusnya tidak melakukan hal yang sebaliknya.

Terapis Esther Perel pernah berkata bahwa perselingkuhan jarang tentang ketertarikan dan seks, ini lebih tentang sensasi dan keinginan untuk mendapatkan apa yang tidak seharusnya kita miliki.


6. Ingin merasa kurang bergantung

ilustrasi alasan pasangan selingkuh/unsplash
ilustrasi alasan pasangan selingkuh/unsplash

Ini mungkin mengejutkan, tetapi emosi memang berperan dalam perselingkuhan seorang pria. Ini juga terkait dengan rasa tidak aman yang mungkin dimiliki suami Anda. Sebagian besar, pria merasa sulit untuk benar-benar mengekspresikan emosi mereka dan menjadi rentan, bahkan terhadap diri mereka sendiri.

Itu sebabnya pernikahan menjadi menakutkan karena ini semua tentang menjadi rentan dan bergantung pada satu orang. Untuk merasa tidak terlalu rentan, dia sering menggunakan perselingkuhan sebagai cara untuk menyebarkan detail intim dirinya dan tidak merasa sepenuhnya bergantung secara emosional pada satu orang.

Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel
Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya