Jarang Diketahui, Ternyata Mendengar Kicauan Burung dapat Bermanfaat Bagi Kesehatan Mental

Kicauan burung memang diketahui memiliki manfaat positif bagi kesehatan mental. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mendengarkan kicauan burung dapat memberikan efek menenangkan dan meningkatkan suasana hati seseorang.

oleh Adelia Septi Viranti diperbarui 27 Mei 2023, 17:31 WIB
Diterbitkan 27 Mei 2023, 17:31 WIB
Serangan dari Teman Sekandang atau Hewan Lainnya
Ilustrasi Burung Credit: unsplash.com/Zdenek

Liputan6.com, Jakarta - Kicauan burung memang diketahui memiliki manfaat positif bagi kesehatan mental. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mendengarkan kicauan burung dapat memberikan efek menenangkan dan dapat meningkatkan suasana hati seseorang.

Dua penelitian yang diterbitkan tahun lalu di Scientific Reports menunjukkan bahwa melihat atau mendengar kicauan burung dapat berdampak baik bagi kesehatan mental. Penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa dengan melakukan kontak dan interaksi dengan alam sangat baik untuk kesehatan tubuh dan otak. Secara tidak langsung, kicauan burung dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah kesehatan mental Anda.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan dengan 1300 partisipan untuk mengumpulkan informasi mengenai bagaimana kicauan burung mempengaruhi kesehatan mental, data menemukan dampak positif terhadap kesehatan mental yang signifikan.

Ryan Hammoud, seorang kandidat PhD di Institute of Psychiatry, Psychology & Neuroscience menyebut hubungan ini sebagai hubungan yang menguntungkan dan bertahan lama. Kicauan burung juga dapat bermanfaat bagi seseorang yang didiagnosis menderita depresi, salah satu penyakit mental yang umum di seluruh dunia.

Dampak postif dari kicauan burung memberikan implikasi yang menarik untuk semakin melindungi dan melestarikan kehidupan burung. Hal ini akan meningkatkan populasi burung di seluruh dunia.

Perlu untuk mengetahui manfaat mendengar kicauan burung yang perlu diketahui untuk tingkatkan kesehatan mental. Dilansir dari laman Washington Post, Rabu (24/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mendengarkan Kicauan Burung dapat Mengurangi Rasa Cemas dan Halusinasi

Ilustrasi Burung Kenari
Ilustrasi Burung Kenari (Sumber: Pixabay)

Kicauan burung yang Anda dengarkan setiap pagi dapat membantu meningkatkan suasana hati Anda. Sebuah studi menunjukkan bahwa dengan mendengarkan klip audio kicauan burung setiap harinya dapat mengurangi perasaan cemas, depresi, dan bahkan halusinasi.

Dalam sebuah penelitian dengan 295 partisipan menunjukkan bahwa dengan mendengarkan kicauan burung, tingkat kecemasan dan halusinasi mengalami penurunan. Sebaliknya, partisipan dalam penelitian yang mendengarkan suara lalu lintas menunjukkan gejala depresi yang buruk.

Dengan demikian, semua penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa suara alam dapat dijadikan sebagai salah satu cara penyembuhan bagi seseorang yang memiliki masalah terhadap kesehatan mental. Suara alam dapat memberikan manfaat kognitif yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. 


Mengapa Alam dan Burung Memberi Manfaat bagi Kesehatan Mental

Ilustrasi Burung Kenari
Ilustrasi Burung Kenari (Sumber: Pixabay)

Semakin seseorang terhubung dengan alam, semakin banyak manfaat yang didapat. Teori pemulihan menyatakan bahwa berada dan terhubung dengan alam baik untuk meningkatkan konsentrasi dan dapat mengurangi kelelahan mental jika Anda hidup di lingkungan perkotaan yang penuh tekanan.

Waktu yang Anda habiskan di alam terbuka dapat menurunkan tekanan darah dan juga dapat mengurangi stres. Namun, belum diketahui bagaimana kicauan burung dapat memengaruhi otak. Sebuah jurnal Neuroimaging menemukan adanya respons otak terhadap pengurangan stres jika mendengarkan suara alam seperti suara kicauan burung. 

Perlu diketahui juga bahwa mendengarkan kicauan burung bukan satu-satunya cara untuk mengatasi masalah mental. Mendengarkan kicauan burung hanya mengurangi sedikit sampak dari permasalahan mental. Anda juga perlu untuk mengunjungi seorang ahli untuk mendapatkan penanganan yang tepat.


Cara Menikmati Kicauan Burung

Ilustrasi burung plovers. (Unsplash/BoukeAtema)
Ilustrasi burung plovers. (Unsplash/BoukeAtema)

Ada banyak sekali cara yang dapat Anda lakukan untuk menikmati manfaat kicauan burung, Anda dapat menikmatinya di pagi hari setelah matahari terbit. Selain dapat mendengarkan kicauan burung, Anda juga dapat menikmati udara yang segar di pagi hari, dan hal ini merupakan hal yang baik untuk kesehatan mental.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menikmati kicauan burung bersama dengan teman, keluarga, atau kekasih. Dengan begitu, Anda dapat merasa nyaman dan membuat diri Anda menjadi lebih positif. Tidak hanya mempererat hubungan, Anda juga dapat membuat diri Anda menjadi lebih bersemangat. 

Terakhir, Anda dapat menikmati kicauan burung di sore hari dengan melakukan aktivitas lainnya seperti berolahraga. Anda akan mendapat dua manfaat sekaligus, yaitu manfaat yang baik untuk kesehatan fisik dan kesehatan mental.

Infografis Mengenal Mengenai Self Diagnosis pada Kesehatan Mental
Mengenal Mengenai Self Diagnosis pada Kesehatan Mental.(Liputan6.com/Abdillah).
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya